fbpx
BerandaVitamin & Suplemen4 Vitamin dan Mineral untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh terutama pada masa pandemi sangat penting untuk mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Tubuh dengan sistem imun yang kuat adalah kunci pencegah berbagai penyakit. Untuk memiliki sistem daya tahan tubuh yang kuat maka tubuh membutuhkan berbagai asupan nutrisi berupa multivitamin dan mineral dengan jumlah yang mencukupi setiap harinya. Berikut ini vitamin untuk imun tubuh agar tubuh memiliki sistem daya tahan yang kuat.

vitamin untuk imun tubuh

Nutrisi dan Multivitamin yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Nutrisi berupa multivitamin dan juga mineral bisa Anda peroleh dari makanan alami ataupun melalui konsumsi suplemen. Lantas, vitamin apa sajakah yang sangat baik untuk daya tahan tubuh? Berikut daftar vitaminnya:

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang bagus untuk imun tubuh. Ia pun sudah lama diyakini mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas. Vitamin C memiliki kemampuan antioksidan yang dapat memperkuat kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Alhasil tubuh pun mampu terhindar dari berbagai infeksi baik itu bakteri, virus dan juga patogen lainnya.

Vitamin C bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan alami seperti buah – buahan dan sayuran. Konsumsi vitamin C harian yang disarankan adalah sebanyak 90 mg. Sementara dosis konsumsi harian tidak boleh melebihi 2000 mg.

2. Vitamin D

Vitamin D memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta penguatan tulang. Riset menunjukkan bahwa vitamin D memiliki manfaat yang sangat baik dalam mencegah timbulnya infeksi terhadap saluran pernapasan. Pro vitamin D sebenarnya secara alami diproduksi oleh tubuh, namun untuk mengubahnya menjadi vitamin D tubuh membutuhkan paparan sinar matahari.

Oleh karena itu Anda disarankan untuk berjemur setidaknya beberapa menit sehari. Waktu berjemur yang paling disarankan adalah pada pagi hari. Selain dari paparan sinar matahari, vitamin untuk imun tubuh ini juga bisa diperoleh dari konsumsi makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, makarel, sarden serta produk olahan.

Kebutuhan vitamin D harian yang dianjurkan adalah sebanyak 600 IU. Sementara jumlah konsumsi harian vitamin D tidak boleh melebihi dosis 4000 IU. Pada umumnya, konsumsi makanan alami tidak akan menyebabkan kelebihan asupan vitamin D harian. Namun apabila Anda juga mengkonsumsi suplemen, maka dianjurkan untuk melihat dosis harian yang dikonsumsi.

3. Vitamin E

Seperti halnya vitamin C, vitamin E juga memiliki khasiat sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan akan bekerja untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas. Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin E juga bekerja sebagai katalisator terhadap sekitar 200 reaksi biokimia di dalam tubuh. Vitamin E bisa diperoleh dari berbagai makanan seperti biji – bijian seperti biji bunga matahari, kacang – kacangan, bayam dan sebagainya.

4. Zinc

Di antara banyaknya jenis mineral, Zinc merupakan salah satu mineral untuk meningkatkan imun tubuh yang penting. Zinc berfungsi dalam melawan inflamasi pada tubuh yang disebabkan oleh berbagai infeksi. Mineral untuk imun tubuh ini bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber seperti yoghurt, tiram, daging, kepiting dan sebagainya. Zinc juga bisa diperoleh dari suplemen.

Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, Anda dapat mengonsumsi Blackmores Multivitamin dan Mineral (Rp153.637). Dalam suplemen ini, Anda akan memperoleh vitamin A, B kompleks, C, D3, E, dan Zinc.

Kiat Memiliki Imunitas Tubuh yang Kuat

Selain mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan manfaat, untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat harus diimbangi dengan berbagai langkah di bawah ini.

1. Olahraga yang Rutin

vitamin untuk imun tubuh

Olahraga memiliki khasiat yang sangat baik terhadap kesehatan. Olahraga yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga seseorang akan terhindar dari berbagai macam faktor penyebab penyakit. Durasi olahraga yang disarankan setiap hari adalah selama 30 menit minimal. Olahraga termudah yang bisa Anda jalani adalah berjalan kaki atau jogging ringan setiap hari.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup memiliki manfaat yang sangat baik terhadap peningkatan sistem daya tahan tubuh. Durasi tidur setiap orang berbeda – beda bergantung kepada usianya dan juga kondisinya. Rata – rata, orang dewasa membutuhkan durasi tidur optimal selama 7 hingga 8 jam sehari. Sementara rata – rata kebutuhan tidur remaja dan anak – anak lebih panjang yakni selama 9 sampai 10 jam sehari.

3. Menghindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

Alkohol dan juga asap rokok telah lama diketahui menjadi sumber berbagai macam penyakit. Terlalu sering terkena paparan asap rokok dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh mengingat asap rokok mengandung banyak racun dan partikulat berbahaya. Ada banyak risiko penyakit yang bisa menyerang perokok baik aktif dan pasif seperti bronkitis, infeksi paru – paru hingga pneumonia. Hindari paparan asap rokok dan alkohol jika ingin memiliki daya tahan tubuh kuat.

4. Hindari Stress

Stress memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap penurunan sistem daya tahan tubuh. Orang yang stress mempunyai kecenderungan mudah terserang penyakit lebih tinggi ketimbang orang normal. Hal ini disebabkan peningkatan produksi hormon kortisol pada orang yang stress. Hormon kortisol merupakan salah satu penyebab penurunan daya tahan tubuh.

Baca juga: Cara Menjaga Kepadatan dan Kekuatan Tulang

Dapatkan vitamin dan mineral untuk imun tubuh terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda dapat langsung konsultasi dengan dokter secara online menggunakan aplikasi Lifepack.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022