fbpx
BerandaKesehatan KulitTretinoin dan Retinol: Apa Perbedaan dan Fungsinya?

Tretinoin dan retinol merupakan senyawa yang sama-sama digunakan untuk membantu mengatasi jerawat, dan juga termasuk dalam satu kategori yang sama: retinoid. Namun, dibandingkan retinol, tretinoin lebih jarang terdengar penggunaannya di Indonesia.

hydroquinone-tretinoin

Padahal, kedua bahan ini sama-sama dinilai efektif jika digunakan dalam dosis dan cara pakai yang tepat. Apa perbedaan tretinoin dan retinol? Apa fungsi yang membedakan keduanya? Yuk, simak selengkapnya di artikel Jovee berikut ini!

Tretinoin vs. Retinol

Selain bahan acid, tretinoin juga termasuk dalam salah satu bahan yang digunakan untuk membantu mengatasi jerawat, kerutan, dan kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Penggunaan tretinoin memerlukan resep dokter, sehingga tidak boleh digunakan secara sembarangan.

Meski terdengar kontradiktif, tretinoin bekerja dengan cara mengiritasi kulit. Dengan begitu, siklus pergantian kulit akan menjadi lebih cepat, sehingga sel-sel baru yang lebih sehat dapat muncul.

Biasanya, tretinoin diresepkan dalam bentuk krim atau gel. Krim tretinoin juga termasuk dalam retinoic acid. Namun, jangan salah ya Jovians, tretinoin tidak sama dengan retinol. Tretinoin merupakan sintesis dari vitamin A, berbeda dengan retinol yang memang turunan dari vitamin A itu sendiri.

Retinol Tretinoin
  • Bentuk alami dari vitamin A
  • Lebih ringan di kulit dan tidak mengiritasi kulit sensitif
  • Dapat digunakan tanpa resep dokter
  • Dijual bebas dan mudah ditemukan di banyak produk kosmetik
  • Bentuk sintetis dari vitamin A
  • Lebih kuat dari retinol, bekerja dengan mengiritasi kulit
  • Hanya dapat digunakan dengan resep dokter
  • Tidak cocok untuk kulit sensitif

Jika retinol tidak bekerja dengan baik di kulitmu, mungkin dokter akan meresepkan krim tretinoin untuk mengatasi masalah kulit yang dialami.

Manfaat Tretinoin & Retinol

Apa manfaat tretinoin? Tretinoin telah lama digunakan untuk membantu mengatasi jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa tretinoin baik untuk membantu:

  • Mengurangi inflamasi yang berhubungan dengan jerawat
  • Mencegah penyumbatan folikel
  • Eksfoliasi kulit mati

Bahkan, menurut studi tahun 2017, ada sejumlah data yang menunjukkan bahwa krim tretinoin efektif baik untuk mengatasi jerawat yang meradang maupun tidak. Manfaat lain dari kandungan ini juga meliputi:

  • Mengurangi tampilan garis halus dan kerutan
  • Meningkatkan kesehatan kulit
  • Memperbaiki tekstur dan warna kulit
  • Menyamarkan noda dan flek hitam

Tak hanya jerawat dan tanda-tanda penuaan, tretinoin juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi melasma. Hanya saja, obat yang diresepkan merupakan perpaduan tretinoin dengan bahan lainnya. Fluocinolone, hydroquinone, dan tretinoin adalah resep krim yang biasanya digunakan untuk membantu meredakan gejala melasma. Sama seperti tretinoin, dibutuhkan resep dokter untuk menggunakan krim ini.

Di sisi lain, retinol memiliki cara kerja yang sangat berbeda dari tretinoin. Retinol masuk ke lapisan kulit dalam (lapisan dermis) yang kemudian menetralisir radikal bebas. Sehingga, produksi kolagen meningkat, yang memberikan efek “mengencangkan” pada kulit. Sejumlah manfaat retinol meliputi:

  • Mengurangi tampilan garis halus, keriput, dan pori-pori besar
  • Merawat jerawat dan bekasnya
  • Membantu memperbaiki tekstur kulit
  • Membantu mengatasi hiperpigmentasi

Namun, perlu diingat penggunaan kedua bahan ini sama-sama membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Pastikan untuk menggunakan tabir surya setiap hari, dengan SPF minimal 30. Aplikasikan kembali setiap empat jam, meskipun beraktivitas di dalam ruangan.

Baca juga: Manfaat Retinol dan Cara Menggunakan yang Tepat

Efek Samping

Baik tretinoin maupun retinol dapat menimbulkan efek samping seperti:

  • Kemerahan
  • Iritasi
  • Kulit yang melepuh atau mengelupas

Biasanya, efek samping di atas lebih sering terjadi pada pemilik kulit kering dan sensitif. Jika efek samping tidak mereda atau bertambah parah, hentikan penggunaan dan segera periksakan kulit ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah perbedaan tretinoin dan retinol. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

benzoyl-peroxide-acne

Baik untuk Jerawat, Apa Itu Benzoyl Peroxide Acne?

Kesehatan Kulit   01/12/2022
manfaat-sandalwod-untuk-kulit

Tak Hanya Kesehatan, Ini 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit

Kesehatan Kulit   29/11/2022
kandungan-gliserin

Gliserin untuk Skincare, Apa Kegunaannya bagi Kulit?

Kesehatan Kulit   22/11/2022
manfaat-cleansing-balm

Bersih Maksimal, Ini 4 Manfaat Cleansing Balm

Kesehatan Kulit   21/11/2022
cara-mencegah-dark-spot

Dark Spot: Penyebab dan Cara Mengatasi

Kesehatan Kulit   14/11/2022