fbpx

Apa Saja Isi Vitamin C Untuk Anak

by | Jul 20, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Hampir semua orang tentu mengetahui bahwa vitamin C memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Manfaat vitamin C tidak hanya baik bagi orang dewasa namun juga anak-anak. Bahkan anak-anak sebaiknya mendapatkan asupan vitamin yang mencukupi agar tetap sehat dan juga daya tahan tubuh lebih meningkat. Vitamin C juga memiliki kegunaan untuk membantu menyerap lebih banyak zat besi dalam darah agar anak tidak mudah mengalami anemia. 

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Anak

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh anak-anak dengan mengkonsumsi sumber vitamin C. Vitamin yang dikenal sebagai antioksidan ini ternyata memiliki berbagai manfaat seperti berikut:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C dikenal sebagai salah satu jenis antioksidan yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Oleh sebab itu konsumsi vitamin C dapat membantu menghindarkan si kecil dari risiko penyakit flu dan demam.

2. Sumber Antioksidan

Paparan radikal bebas dari luar tubuh sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit termasuk kanker. Vitamin C memiliki peran sebagai antioksidan terbaik yang dapat memberi perlindungan terhadap sel tubuh dari risiko kerusakan dari paparan radikal bebas. Manfaat dari antioksidan adalah untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh luka. 

3. Mempercepat Pengeringan Luka

Fungsi lain dari vitamin C adalah untuk meningkatkan percepatan pengeringan luka pada tubuh anak. Vitamin C juga akan berperan dalam memerangi bakteri yang akan menimbulkan infeksi lebih parah pada tubuh karena luka. Salah satu cara agar luka pada anak lebih cepat sembuh Anda disarankan untuk memberikan asupan vitamin C optimal ke si kecil.

Sumber Vitamin C Alami yang Aman Bagi Buah Hati

Sebenarnya ada banyak sekali makanan yang menjadi sumber terbaik bagi vitamin C. Pastikan Anda hanya memberikan sumber makanan alami kepada buah hati agar buah hati mendapatkan manfaat yang optimal dan terhindar dari efek samping berbahaya.

1. Jeruk

Buah jeruk adalah buah dengan citarasa sedikit asam manis yang sudah lama dikenal oleh masyarakat. Buah dengan warna sedikit oranye ini memiliki sensasi yang menyegarkan ketika dikonsumsi. Jeruk juga sudah lama dikenal sebagai ikon buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Meski buah jeruk memang kaya akan vitamin C, namun sebenarnya masih banyak buah lainnya yang menjadi sumber vitamin C. Kandungan vitamin C dalam 65 gram buah jeruk sebanyak 30 mg. 

2. Paprika

Banyak anak yang sayangnya tidak menyukai paprika. Padahal makanan satu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Anda sebagai orang tua bisa menyiasati pemberian paprika kepada anak sebagai penghias masakan seperti topping pizza. Dalam secangkir paprika merah terdapat kandungan vitamin C hingga mencapai 190,3 mg. Sementara kandungan vitamin C dalam paprika hijau lebih rendah yakni mencapai 119,8 mg. 

3. Pepaya

Siapa yang tidak mengenal buah pepaya yang memiliki tekstur sangat lembut dengan sedikit air yang menyegarkan. Bisa dikatakan hampir semua anak-anak tentu akan menyukai buah pepaya karena memiliki cita rasa yang manis dan juga segar. Di dalam buah pepaya terkandung vitamin C sebanyak 95,6 mg di dalam setiap 157 gram buah.  Semisal dalam satu buah cangkir berisi buah pepaya maka Anda bisa mendapatkan vitamin C sebanyak 140 mg. Selain kandungan vitamin C yang sangat tinggi, buah pepaya juga mengandung vitamin A dan asam folat yang tinggi. 

4. Brokoli

Buah dengan warna hijau yang memiliki bentuk unik ini adalah salah satu sayuran yang dikenal sangat kaya akan mineral dan multivitamin. Sayur brokoli juga dikenal kaya akan vitamin C yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Kandungan vitamin C dalam secangkir sayur brokoli sebanyak 132 mg.  Hanya saja orang tua harus mengetahui bahwa pengolahan sayur brokoli yang tidak tepat dapat menyebabkan lebih banyak vitamin hilang. Sebaiknya sayur brokoli direbus dalam beberapa waktu saja supaya tidak banyak vitamin hilang.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – – Apakah Vitamin C Dapat Mengobati Jerawat? 7 Buah dengan Kandungan Vitamin C Paling Tinggi Vitamin C + Betacarotene Vitamin C untuk Bayi: Keamanan, Khasiat dan Dosis Vitamin C

5. Stroberi

Buah stroberi yang memiliki citarasa asam manis memang dikenal kaya akan kandungan vitamin C. Buah yang tergolong ke dalam jenis beri-berian ini mengandung mineral penting yang dibutuhkan anak-anak. Dalam setengah gelas buah stroberi atau sekitar 125 ml terkandung sebanyak vitamin C mencapai 52 mg.  Memang secara jumlah kandungan vitamin C dalam stroberi sedikit di bawah jeruk namun buah stroberi juga mengandung asam ellagic serta antosianin. Konsumsi buah stroberi memiliki manfaat untuk mencegah penyakit saraf pada anak. Buah Stroberi juga kaya akan multivitamin lainnya seperti vitamin E, vitamin A, vitamin B kompleks, zat besi dan sebagainya. Asupan vitamin C yang mumpuni untuk si kecil sebaiknya diasup dari sumber alami seperti sayur dan buah-buahan. Kelebihan asupan alami adalah efek samping yang rendah.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, kebutuhan harian anak akan vitamin c tergantung usia anak. Untuk anak 1-3 tahun 15 mg/hari, 4-8 tahun 25mg/hari, 9-13 tahun 45 gram/hari. Makan satu porsi buah jambu/strawberry/pepaya atau setengah cangkir brokoli cukup untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin c. Orangtua juga dapat memberikan vitamin C dalam bentuk suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Gunakan kode promo BOBOCWJV di aplikasi Jovee dan dapatkan diskon 10% untuk setiap pembelian produk Jovee. Berlaku dari 25 Juli 2020 – 31 Agustus 2020.

Brands