fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

MANFAAT PUTIH TELUR UNTUK KESEHATAN TUBUH

Banyak orang menganggap bahwa putih telur kurang bergizi dibandingkan dengan kuning telur, sehingga kurang tertarik untuk mengonsumsinya. Padahal, putih telur juga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Banyak orang menganggap bahwa telur merupakan makanan penyumbang kolesterol dan lemak yang tinggi. Namun demikian, kolesterol tinggi yang terdapat di dalam telur adalah kolesterol baik (HDL). Sedangkan lemak tinggi yang terkandung dalam telur adalah lemak tak jenuh, yang diperlukan oleh tubuh. 

Walau seperti itu, ada beberapa sekali kandungan nutrisi lainnya yang terdapat dalam putih telur. Dalam satu putih telur (kurang lebih 33 gram), Anda mendapatkan zat gizi yaitu sebagai berikut. 

  • Energi 17 kkal
  • Protein 3,6 g
  • Lemak 0 g
  • Kolesterol 0 g
  • Kalsium 2 mg
  • Fosfor 5,6 mg
  • Natrium 44 mg
  • Kalium 46 mg
  • Tembaga 0.01 mg
  • Seng/Zinc 0.1 mg

Berbagai Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan

Walau mengkonsumsi putih telur tidak memberikan kandungan gizi selengkap memakan telur utuh, Anda tetap mendapat beberapa manfaat dari putih telur. Berikut ini adalah beberapa manfaat putih telur untuk kesehatan

Kaya Protein

Putih telur kaya akan albumin yang merupakan sumber protein, yang diperlukan bagi Anda yang ingin membentuk otot tubuh. Albumin sendiri merupakan salah satu jenis protein yang ada dalam tubuh. Kekurangan albumin menandakan bahwa kita mengalami masalah gizi yang berdampak pada kesehatan seperti malnutrisi, edema, dan lainnya. Pastikan Anda mengonsumsi putih telur dalam keadaan matang untuk mendapat manfaat protein yang maksimal.

Bebas Kolesterol

Sebutir telur utuh, mengandung kolesterol yang sangat tinggi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kolesterol harian tubuh. Jumlah total kolesterol dalam sebutir telur hanya terdapat di dalam bagian kuningnya saja, yaitu sebesar 213 mg, sedangkan putih telur tidak mengandung kolesterol sama sekali.

Tubuh yang normal membutuhkan kolesterol sebanyak 300 mg per hari. Sedangkan, bagi Anda yang mengalami diabetes atau gangguan kardiovaskular, hanya boleh mengonsumsi maksimal 200 mg kolesterol per hari. 

Sarapan Rendah Kalori

Putih telur cocok dijadikan sebagai makanan bagi mereka yang membutuhkan asupan rendah kalori. Putih telur merupakan pilihan yang cocok untuk sarapan, karena merupakan salah satu diet rendah kalori, namun kaya protein. Anda dapat mengkonsumsi putih telur dengan cara di-poach, direbus, atau ditumis untuk dibuat sandwich atau omelet, atau sup putih telur.

Kaya Vitamin B

Putih telur merupakan makanan yang tepat untuk mendapatkan asupan vitamin B12, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan metabolisme energi dan protein. Namun, putih telur mentah mengandung avidin yang dapat menghambat penyerapan beberapa vitamin B ke dalam tubuh. Untuk itu, makanlah putih telur dalam keadaan dimasak matang untuk merusak avidin dalam putih telur.

Menjaga Protein dan Pertumbuhan Otot

Putih telur mengandung protein yang biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang ingin membentuk tubuh dan menambah asupan protein tanpa menambah kalori. Bagi para atlet yang menjalani latihan kekuatan secara rutin, asupan protein dan karbohidrat sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot-otot tubuh. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan
7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh
Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B7
7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu
Intip Peran dan Manfaat Magnesium Bagi Tubuh
Buah Yang Mengandung Vitamin E dan C

Mengatasi Permasalahan Kulit

Putih telur juga sering dimanfaatkan untuk kecantikan, salah satunya untuk mengatasi masalah kulit. Caranya adalah dengan mengkombinasikan putih telur, dengan lemon dan madu untuk dijadikan masker. Masker putih telur mampu mengurangi komedo dan jerawat di wajah, serta dapat mengencangkan sekaligus memelihara kulit.

Anda juga bisa menggunakan putih telur saja untuk menjadi masker. Cukup kocok putih telur, lalu oleskan pada bagian wajah. Diamkan beberapa menit hingga putih telur mengering, lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, keringkan wajah dengan menepuk menggunakan handuk lembut yang kering. 

Luar biasa kan manfaat telur untuk kesehatan? Rutin mengkonsumsinya sangat baik untuk menjaga tubuh kita selalu bugar. Ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai kesehatan? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

berbagai-manfaat-dari-teh-diet

Berbagai Manfaat dan Efek Samping Dari Teh, Apakah Bisa Untuk Diet?

Makanan Sehat   19/05/2021
manfaat-kecipir-untuk-kesehatan

Manfaat Kecipir Untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Sehat   07/05/2021
atasi-diabetes-dengan-5-bahan-alami-ini

Atasi Diabetes Dengan 5 Bahan Alami Ini

Uncategorized   07/05/2021
obat-anemia

5 Obat Anemia Alami Untuk Cegah Kekurangan Darah

Makanan Sehat   21/04/2021
makanan-penyebab-pengentalan-darah

Makanan Penyebab Pengentalan Darah Yang Sebaiknya Dihindari

Makanan Sehat   16/04/2021