fbpx

Toge merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi dan menjadi salah satu makanan bernutrisi yang mudah dicerna. Sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah meringankan kerja sistem pencernaan. 

Toge juga berperan dalam membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan zinc. Sehingga, toge menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang memiliki masalah gangguan pencernaan dan yang memiliki reaksi hipersensitivitas terhadap biji-bijian. 

Selain itu, toge juga memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dalam takaran 100 gram, toge segar hanya mengandung sedikit kalori, yakni sekitar 34 kalori dan 1 gram lemak. Dalam takaran yang sama, toge bisa menyumbang protein sebesar 3 gram. 

Kandungan beta karoten 100 gram toge juga dapat mencapai 41 mkg, vitamin C sebanyak 5 mg, dan vitamin E sebanyak 0,5 mg. Selain itu, 100 gram toge juga mengandung 133 mg kalsium dan 100 gram kalium. Berbagai vitamin dan mineral dalam toge membuat sayuran ini dapat menjadi salah satu makanan tambahan untuk melengkapi gizi harian kamu.

 

Berbagai Manfaat Toge untuk Kesehatan 

Berikut ini adalah beberapa manfaat toge bagi kesehatan tubuh dari Tim Jovee.

 

1. Serat Tinggi Untuk Melancarkan Pencernaan

Toge merupakan kecambah dengan kandungan jumlah enzim yang sangat tinggi. Enzim dari toge ini punya peran penting dalam proses pencernaan. Selain enzim, serat-serat yang ditemukan dalam kecambah ini memberikan manfaat yang sangat penting pada sistem pencernaan. Serat pada toge dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu, serat juga dapat merangsang asam lambung untuk membantu enzim mencerna makanan secara efektif dan efisien. 

 

2. Meningkatkan Metabolisme

Toge mengandung enzim yang sangat berguna dalam proses metabolisme tubuh. Kecambah ini juga mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi kimia dalam tubuh dengan lebih optimal. 

Protein diperlukan di hampir seluruh proses tubuh, seperti penciptaan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, dan pertumbuhan tulang. Toge juga sangat dianjurkan untuk vegetarian karena dapat menjadi sumber alternatif protein yang umumnya terdapat di dalam daging. 

 

3. Mencegah Anemia

Selain untuk meningkatkan metabolisme tubuh, manfaat toge adalah untuk menghindari anemia. Anemia merupakan istilah medis untuk seseorang yang mengalami kekurangan zat besi. Kondisi kekurangan zat besi akan menurunkan jumlah sel darah merah. Hal ini karena jenis mineral ini merupakan bagian penting dalam produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi akan mengakibatkan seseorang sering mengalami rasa kelelahan, kurang konsentrasi, mual, dan pusing. Konsumsi toge sangat bermanfaat untuk mempertahankan jumlah sel darah merah sehingga mengurangi risiko terkena anemia. Kandungan yang dimiliki toge dapat mempercepat penyerapan zat besi.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Toge merupakan makanan yang tinggi nutrisi dan rendah kalori. Dengan kata lain, toge aman dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani proses menurunkan berat badan. Serat dalam toge juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena toge dapat menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang mengingatkan kita untuk makan. Pelepasan zat ini dapat mencegah kamu untuk makan atau ngemil berlebihan, yang bisa berujung pada masalah besar bagi penderita obesitas. 

 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Toge merupakan sumber asam lemak omega-3 yang merupakan bentuk kolesterol baik, dan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Asam lemak omega-3 juga merupakan zat anti-inflamasi alami. Sehingga, ia dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Toge juga mengandung kalium yang berperan dalam membantu mengurangi tekanan darah. Mineral ini merupakan agen pelebar pembuluh darah yang dapat menghilangkan ketegangan pada bagian sistem peredaran darah tersebut. Kandungan ini jelas bermanfaat bagi sirkulasi sehingga oksigenasi dapat berlangsung dengan lancar. Selain itu, peredaran darah yang lancar dapat mengurangi pembekuan dan penyempitan pembuluh darah serta menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

 

6. Meningkatkan Sistem Imun

Toge mengandung vitamin C yang berperan sebagai stimulan yang baik untuk sel-sel darah putih dalam melawan berbagai penyakit dan infeksi. Kecambah ini juga menyimpan nutrisi vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan sebagai sumber kekuatan untuk sistem kekebalan tubuh.

 

7. Menyehatkan Rambut

Vitamin C yang terkandung dalam toge juga berfungsi untuk meningkatkan proses pertumbuhan rambut. Jenis vitamin ini dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Partikel radikal bebas sendiri merupakan salah satu penyebab rambut rontok, tipis, dan rapuh. 

Kandungan selenium dalam toge juga dapat membantu membunuh jamur penyebab kulit kepala kering dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Mengonsumsi toge secara teratur juga dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

 

Manfaat Toge Lainnya

manfaat-toge

8. Meningkatkan Kualitas Sperma

Selain sering digunakan sebagai bahan praktikum, toge juga dikenal sebagai sumber makanan yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma atau kesuburan pria. Hasil temuan dari publikasi International Journal of Preventive and Public Health Sciences menerangkan bila ada perbedaan persentase pada pergerakan atau motilitas sperma pada kelompok tikus yang diberikan ekstrak toge daripada kelompok yang tidak diberi toge. 

Dari perbandingan tersebut, diketahui bila tikus yang diberi toge mengalami peningkatan pada motilitas spermanya ketimbang kelompok yang tidak diberikan toge. Temuan tersebut menyimpulkan bila toge dapat meningkatkan persentase pergerakan sperma ke sel telur dengan lebih baik. 

Manfaat toge ini berasal dari kandungan vitamin E yang dikenal dengan antioksidannya. Sifat antioksidan tersebut memberikan perlindungan dari kerusakan membran spermatozoa (sel mani) yang diakibatkan reaksi stres oksidatif dari jumlah radikal bebas yang berlebih. Vitamin C yang juga terdapat di dalam toge dapat meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, toge juga memiliki kandungan zinc yang berguna dalam meningkatkan motilitas dari spermatozoa. 


9. Memelihara Kesehatan Mata

Folat atau vitamin B9 merupakan nutrisi penting yang terdapat di dalam toge. Dari nutrisi ini, toge bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mata kita. Sebuah pengujian menemukan bila folat beserta vitamin B6 dan B12 dapat membantu meminimalkan berkurangnya fungsi makula mata atau yang lebih dikenal dengan penyakit AMD (age-related macular degeneration). Penderita AMD ini dapat berimbas pada turunnya fungsi penglihatan yang disebabkan kerusakan pada bagian makula yang terletak di dekat pusat retina. 


10. Dapat Mengurangi Gelisah Akibat Stres

Manfaat toge yang satu ini didasarkan pada kandungan vitamin C yang dimilikinya. Potensi dari salah satu nutrisi toge ini pernah diteliti sebelumnya. Penelitian tersebut memperlihatkan bila vitamin C efektif dalam mengurangi kegelisahan yang dialami karena stres. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kelainan pada produksi neurotransmitter (pengirim sinyal neuron) yang penting di dalam otak dan memiliki keterkaitan dengan mood dan kualitas tidur. 

Memastikan bila tubuh mendapat asupan vitamin C yang cukup sangatlah berguna untuk membantu menenangkan diri saat sedang beristirahat, selain dari fungsi lainnya untuk mencegah demam serta meningkatkan sistem imun. 

 

11. Membantu Menguatkan Tulang

Mangan yang tersimpan di dalam toge memiliki manfaat untuk mendukung terbentuknya tulang yang kuat. Terlebih bila mineral ini dipadukan dengan kalsium, vitamin, magnesium, zinc, tembaga, dan boron. Kombinasi nutrisi ini dapat meningkatkan kepadatan tulang khususnya pada wanita usia lanjut yang lebih rentan terkena osteoporosis daripada pria.



– – – – – – Editorial Pick – – – – – –

Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh

Peran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya

Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin

Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B7

Intip Peran dan Manfaat Magnesium Bagi Tubuh

Buah Yang Mengandung Vitamin E dan C

 

Setelah mengetahui apa manfaat toge untuk kesehatan ini, kita pun jadi lebih mengenal dan mau memaknai lagi kelebihan yang dimiliki toge, sebagai makanan yang sebelumnya mungkin hanya dipandang sebelah mata.

 

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Ingin tahu apakah makananmu sudah memenuhi gizi yang diperlukan tubuh? Ayo cari tahu di artikel Jovee lainnya. Unduh juga aplikasi Jovee dan dapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi personalmu. Jovee adalah pusat vitamin personal terlengkap yang menyediakan produk asli dan terbaik serta konsultasi nutrisionis gratis untuk kesehatanmu.

Penulis: Aileen Velishya

Referensi

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

Jenis makanan yang mengandung betakaroten tinggi

Jenis Makanan Mengandung Beta Karoten Tinggi

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

Makanan Sehat   26/02/2021
pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

Makanan Sehat   24/02/2021
obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

Gaya Hidup Sehat   24/02/2021
Jenis makanan yang mengandung betakaroten tinggi

Jenis Makanan Mengandung Beta Karoten Tinggi

Makanan Sehat   22/02/2021

Brands