fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat10 Kebiasaan Buruk yang Mengganggu Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu indra yang penting. Indra penglihatan sendiri ditentukan oleh genetik dan cenderung tidak bisa diubah. Kemampuan penglihatan akan makin menurun seiring bertambahnya usia. Tapi, penurunan fungsi penglihatan ini bisa dicegah atau diperlambat.

kebiasaan-buruk-yang-mengganggu-kesehatan-mata

Tanpa disadari, banyak orang melakukan kebiasaan sepele yang berdampak negatif terhadap mata. Mulai dari menggaruk-garuk mata sampai menggunakan kontak lensa saat tidur. Masih ada banyak kebiasaan lain yang dapat mengganggu kesehatan mata dalam jangka panjang, apa saja, ya? Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata yang benar? Yuk, baca artikel ini sampai selesai.

Stop kebiasaan buruk ini guna mencegah gangguan pada mata

bagaimana-cara-menjaga-kesehatan-mata

Sehari-harinya, manusia sangat bergantung pada mata dan penglihatan. Mengingat fungsinya yang penting, maka tidaklah berlebihan jika Anda wajib merawat dan menjaga kesehatan mata. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mata. Sebagai upaya memelihara fungsi serta kesehatan indra penglihatan ini, hindarilah berbagai kebiasaan di bawah ini, yaitu:

1. Terlalu sering menatap layar gadget

Saat ini, banyak aktivitas manusia yang melibatkan gawai alias gadget, baik laptop, tablet, maupun handphone. Tetapi, menatap layar digital terlalu sering dan terus-menerus tidak baik untuk kesehatan mata.

Kelamaan melihat atau fokus pada hanya satu titik dapat menyebabkan otot mata jadi tegang dan menimbulkan sakit kepala. Selain itu, radiasi serta sinar biru yang dipancarkan dari layar digital dapat pula membuat mata lelah dan kering akibat jarang berkedip. Dampak jangka panjangnya bisa berupa kerusakan retina mata yang akan berujung pada kebutaan.

Untuk mencegahnya, terapkan aturan 20-20-20 saat memakai gadget, yaitu mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan mengalihkan pandangan dari layar ke objek lain sejauh 20 kaki (6 meter), setiap 20 menit.

Anda juga dianjurkan sering berkedip untuk menjaga kelembaban mata. Gunakan juga pelindung layar yang dapat menghalau sinar biru dari gadget.

Baca juga: Penyebab Mata Lelah Saat Work From Home dan Cara Mencegahnya

Dijelaskan pula oleh dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Mata harus tetap lembab supaya tetap sehat. Biasanya, orang berkedip setiap 10 detik atau lebih. Namun, biasanya kita lebih jarang berkedip saat menggunakan tablet, komputer, atau menonton TV. Yang berarti mata kita cenderung lebih kering. Ikuti aturan 20-20-20 yang sudah diterangkan di atas, jika perlu gunakan humidifier untuk menambah kelembaban pada udara dalam ruangan yang kering sehingga mata tidak akan cepat kering. Upayakan juga untuk mengedipkan mata secara sengaja.”

2. Membaca sambil tiduran, plus di ruangan gelap

Ketika Anda membaca, baik itu buku ataupun gadget, tangan Anda akan menggantung sehingga jarak antara alat baca dan mata tidak bisa diatur. Karenanya, membaca sambil tiduran bisa membuat otot mata bekerja terlalu keras dan akhirnya lelah serta pegal. Bila dilakukan terus-menerus dan dalam jangka panjang, kebiasaan ini dapat merusak mata.

Sementara membaca di ruangan yang minim penerangan, akan memaksa pupil untuk melebar serta lensa mata untuk menebal dan menipis. Dampaknya, mata jadi cepat lelah. Begitu pula kalau Anda membaca di ruangan dengan penerangan yang berlebihan.

3. Menyentuh atau mengucek mata

Mengucek mata mungkin kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan banyak orang. Terlebih lagi, saat mata terasa gatal. Nah, mengucek mata terlalu keras dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan meradang.

Lagi pula, apakah Anda bisa memastikan bahwa tangan dan jari Anda bersih sebelum menyentuh mata? Tangan yang kotor bisa membawa patogen penyebab penyakit masuk ke mata. Kalau sudah begitu, selaput lendir yang melindungi mata malah jadi tempat berkembang biaknya kuman.

Jika mata Anda terasa gatal atau kelilipan, cukup tutup mata Anda dan sentuh kelopaknya. Jangan lupa untuk rutin mencuci tangan dengan air dan sabun.

4. Menggunakan lensa kontak saat tidur

Ketika Anda tidur dan masih menggunakan lensa kontak, kornea mata Anda tidak akan mendapatkan oksigen. Penggunaan contact lens yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi, infeksi, bahkan mendorong pertumbuhan bakteri pada mata hingga kebutaan.

Oleh karena itu, copotlah lensa sebelum tidur. Bila Anda terlanjur tidur dengan lensa kontak, jangan langsung melepasnya. Tunggulah selama 20 – 30 menit dan teteskan cairan lensa kontak sebelum melepasnya. Ada baiknya Anda menghindari pemakaian lensa untuk sementara waktu.

Beberapa kebiasaan lain yang perlu dihindari dalam penggunaan lensa kontak adalah:

  • Memakainya saat mandi dan berenang
  • Membersihkan lensa kontak dengan air biasa
  • Tidak menyimpan lensa kontak di tempatnya
  • Menggunakan lensa kontak dan tempatnya lebih dari 3 bulan

5. Tidak membersihkan riasan mata sebelum tidur

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan mata adalah penggunaan makeup. Bagi Anda yang sering menggunakan makeup mata seperti eyeshadow, eyeliner, dan maskara, usahakan untuk selalu membersihkannya sebelum tidur.

Makeup yang masih menempel pada mata bisa saja jatuh dan menyumbat kelenjar di sekitar mata Anda. Hal ini akan menyebabkan iritasi, infeksi, jerawat, bahkan bisa saja muncul benjolan-benjolan kecil di sekitar kelopak mata. Lem palsu yang digunakan untuk menempelkan bulu mata dapat pula masuk ke kornea dan memicu peradangan.

Jadi, pastikan seluruh area mata Anda sudah benar-benar bersih dari makeup sebelum Anda tidur. Saat membersihkan makeup mata, usap saja pelan-pelan, jangan terlalu keras dan kasar. Gunakan juga pembersih riasan yang berbahan lembut dan khusus untuk mata.

6. Keseringan memakai obat tetes mata

Kebanyakan orang akan meneteskan obat mata ketika matanya merah. Tahukah Anda, obat mata yang mungkin Anda beli di apotek ternyata mengandung vasokonstriktor. Obat mata tersebut bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah, makanya kemerahan pada mata tampak berkurang.

Obat mata yang dijual bebas juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang mungkin berbahaya bagi mata. Dalam jangka panjang, bahan kimia tersebut malah dapat menimbulkan kemerahan dan mengganggu kesehatan mata Anda.

Daripada meneteskan obat, sebaiknya konsultasikan saja pada dokter mata supaya mendapatkan penanganan mata merah yang tepat.

7. Merokok

Sudah banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahaya dari merokok. Karena kandungan berbahaya di dalamnya, rokok memang mendatangkan banyak masalah kesehatan, termasuk pada mata. Orang yang memiliki kebiasaan merokok lebih rentan mengalami kebutaan akibat katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf mata.

8. Tidak memakai kacamata hitam saat berada di luar ruangan

Lebih tepatnya, kacamata hitam dengan UV protector. Meski terdengar konyol dan sering disepelekan, kacamata ini bisa melindungi mata dari sinar ultraviolet matahari. Sinar UV merupakan salah satu molekul radikal bebas yang bisa merusak sel-sel mata dan mengakibatkan gangguan jangka panjang. Misalnya saja, katarak, degenerasi makula, hingga pterygium.

9. Tidak melakukan pemeriksaan rutin

Memeriksakan diri ke dokter mata secara rutin bisa membantu mengidentifikasi kemungkinan beberapa penyakit serius. Contohnya, glaukoma, penyakit mata akibat diabetes (retinopati diabetik), atau degenerasi makula dini.

Mulailah bangun kebiasaan periksa mata rutin, setidaknya 2 tahun sekali. Khusus untuk orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali.

10. Mengabaikan mata merah dan cedera lainnya

Gejala iritasi mata berupa kemerahan, berair, atau sensasi terbakar bisa muncul karena alergi. Namun, Anda perlu mewaspadai kemerahan ini jika disertai nyeri, silau berlebihan, rasa mengganjal pada mata, serta cairan kental putih atau kehijauan yang keluar dari mata.

Segera periksakan diri ke dokter mata apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut. Kalau tidak langsung ditangani, efeknya bisa lebih parah, bahkan menular ke orang lain.

Selain iritasi, hal lain yang perlu Anda waspadai adalah cedera yang membuat pandangan jadi kabur, mata sulit dibuka, bercak darah yang muncul di area putih mata, hingga bola mata tidak bisa digerakkan.

Berbagai cara menjaga kesehatan mata

Supaya mata Anda tetap sehat dan berfungsi normal, mulailah hindari kelalaian dan kebiasaan-kebiasaan di atas. Disamping itu, Anda pun perlu melakukan hal-hal berikut ini sebagai cara menjaga kesehatan mata.

1. Memenuhi nutrisinya

Cara menjaga kesehatan mata secara alami ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi vitamin A, C dan E, zinc, lutein, selenium, dan omega 3, dapat membantu mengurangi risiko masalah penglihatan terkait usia.

Berbagai sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut adalah sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

Tidak hanya dari makanan, zat gizi di atas dapat pula diperoleh dari suplemen tambahan, misalnya Konilife Vision 30 Kap – Vitamin Mata (Rp192.500). Mengandung vitamin A, lutein, serta zinc, Konilife Vision akan membantu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

Mengonsumsi suplemen ini juga bisa menjaga kesehatan dan fungsi mata secara keseluruhan. Suplemen tersebut aman dikonsumsi, asalkan mengikuti dosis dan anjuran pemakaian yang dianjurkan. Anda bisa mendapatkan Konilife Vision di Jovee Official Store ataupun Jovee Official Shop di Shopee.

Baca juga:

Selain Wortel, Ini Dia Makanan yang Baik untuk Mata

Manfaat Lutein oil untuk Kesehatan Mata

2. Menghindari produk makeup yang sudah lama

Craa menjaga kesehatan mata yang kedua adalah memperhatikan masa kadaluwarsa pada produk makeup. Bakteri bisa sangat mudah tumbuh dan berkembang pada produk makeup mata yang berbentuk cair dan krim. Itulah sebabnya, Anda perlu membuang dan mengganti semua produk kecantikan yang sudah kedaluwarsa atau lebih dari 3 bulan.

Hendaknya Anda tidak berbagi makeup dengan orang lain. Selalu pastikan untuk menghapus riasan mata sebelum tidur guna mencegah infeksi dan iritasi pada mata. Satu lagi, rutinlah mencuci kuas dan alat makeup setidaknya seminggu sekali.

3. Rutin berolahraga

Tips menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah rutin olahraga. Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Itulah beberapa kebiasaan tidak sehat yang bisa meningkatkan risiko gangguan pada mata. Plus, sejumlah cara menjaga kesehatan mata secara alami. Dengan menghindari kebiasaan tersebut, otomatis mata Anda akan terjaga kesehatan serta fungsinya. Perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan mata. Periksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gejala infeksi atau iritasi pada mata agar tidak menjadi lebih parah.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

chinese-restaurant-syndrome

Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu?

Gaya Hidup Sehat   14/06/2022
cara-mengontrol-berat-badan-saat-hamil

6 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Gaya Hidup Sehat   07/06/2022
damapk-kurang-tidur-pada-perkembangan-otak-anak

Dampak Kurang Tidur pada Perkembangan Otak Anak

Gaya Hidup Sehat   06/06/2022
tips-anak-rajin-membaca

8 Tips Agar Anak Lebih Rajin Membaca

Gaya Hidup Sehat   02/06/2022
apakah-begadang-menyebabkan-jerawat

Begadang Bikin Jerawat? Ini Dia 7 Efek Begadang

Gaya Hidup Sehat   23/05/2022