fbpx
BerandaVitamin & SuplemenBeragam Manfaat Vitamin Omega 3 dan Sumber Nutrisinya

Tubuh memerlukan asupan nutrisi penting untuk mendukung proses metabolisme. Salah satunya, asam lemak esensial yang berperan cukup besar bagi kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan kecerdasan otak, menjaga kesehatan tulang dan jantung, hingga mencegah timbulnya penyakit kanker.

manfaat omega 3

Masalahnya, tubuh tidak mampu memproduksi omega 3 sendiri, sehingga harus mendapatkan asupan dari luar seperti makanan. Akan tetapi, sebelum mencari tahu makanan apa saja yang mengandung omega 3, ketahui dulu beragam manfaat omega 3 bagi kesehatan berikut ini.

Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan

1. Melawan Depresi dan Kecemasan

Khasiat omega 3 bagi tubuh ternyata tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental. Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi omega 3 secara rutin dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Perlu Anda ketahui, depresi merupakan salah satu gangguan mental yang ditandai dengan gejala perasaan sedih, lesu, dan kehilangan orientasi dalam hidup. Sedangkan kecemasan merupakan gangguan mental yang ditandai oleh rasa khawatir yang berlebih dan sering merasa gugup.

Terdapat tiga jenis asam lemak omega 3 diantaranya ALA, EPA, dan DHA. Dari ketiga jenis asam lemak omega 3 tersebut, EPA adalah yang paling baik untuk mengatasi depresi. Apalagi, telah ada studi yang menunjukkan keefektifan EPA sebagai obat antidepresan.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan omega 3 sangat baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena DHA merupakan komponen struktural utama dalam otak dan retina mata. Apabila asupan DHA kurang, akan berpengaruh terhadap penglihatan Anda, seperti degenerasi makula.

Sebaliknya, jika konsumsi omega 3 terpenuhi, akan mengurangi risiko degenerasi makula. Perlu Anda tahu, degenerasi makula merupakan salah satu penyebab utama dari kerusakan dan kebutaan mata secara permanen.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak Bayi

Sebenarnya, manfaat vitamin omega 3 sudah dirasakan sejak dalam kandungan. Omega 3 berperan penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Sebesar 40% asam lemak tak jenuh ganda dari DHA disuplai ke otak sedangkan 60% ke retina mata. Tak heran jika bayi yang diberikan susu formula dengan kandungan DHA memiliki penglihatan yang lebih baik daripada yang tidak.

Apabila selama kehamilan ibu mendapatkan asupan omega 3 yang cukup, berikut ini manfaat yang diperoleh bayi setelah kelahiran.

  • Kecerdasan lebih tinggi
  • Komunikasi dan keterampilan sosial lebih baik
  • Minim masalah yang berkaitan dengan perilaku
  • Minim resiko keterlambatan perkembangan mental
  • Minim resiko ADHD, autisme, dan cerebral palsy.

Manfaat vitamin omega 3 lain yang akan diperoleh tubuh diantaranya memperbaiki gangguan mental, melawan penurunan fungsi otak dan alzheimer, membantu mencegah kanker, mengurangi asma pada anak, mengurangi lemak di hati, memperbaiki kesehatan tulang, dan masih banyak lagi. Untuk itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya kandungan omega 3 seperti berikut.

4. Kelompok Ikan Makarel

Salah satu sumber nutrisi omega 3 dapat diperoleh dari kelompok ikan makarel yang mencakup ikan tenggiri dan kembung. Diperkirakan, dalam 100 gram ikan makarel mengandung 5.134 mg omega 3. Tidak hanya omega 3, kelompok ikan ini juga kaya akan vitamin B12 dan selenium yang baik untuk kesehatan saraf dan sistem imun tubuh.

Anda bisa mendapatkan ikan jenis ini di pasar dalam kondisi segar ataupun kemasan kaleng. Kemudian, Anda dapat mengolahnya menjadi dengan berbagai cara seperti digoreng, dibakar, dan diadon menjadi otak-otak.

Salmon

Sumber omega 3 lainnya dapat diperoleh dari salmon. Dalam 100 gram salmon, terdapat 2.260 mg omega 3. Kandungan lain dari salmon yaitu vitamin D, vitamin B, dan selenium. Untuk pengolahannya bisa berbagai cara seperti dibakar atau digoreng.

Tiram

Jika bosan dengan menu ikan, Anda bisa lho tetap mendapatkan nutrisi omega 3 dari tiram. Pasalnya, dalam 100 gram ikan terdapat 435 mg omega 3. Cukup banyak bukan? Selain itu, tiram juga mengandung berbagai nutrisi penting lain yaitu zinc, omega 3, dan vitamin B12. Anda bisa menikmati hidangan tiram ini dengan cara dikukus atau digoreng.

Sarden

Produk ikan kalengan berupa sarden rupanya juga mengandung omega 3 yang cukup tinggi. Hal ini ditunjukkan dari 100 gram ikan sarden, terdapat 1.480 omega 3, vitamin B12, vitamin D, dan selenium. Selain dalam bentuk kalengan, Anda dapat mengonsumsi ikan sarden dalam kondisi segar untuk dimasak sendiri dengan diberi tambahan saus atau digoreng.

Ikan teri

Ikan-ikan berukuran kecil ini ternyata juga kaya akan nutrisi, diantaranya omega 3, kalsium, selenium, dan vitamin B3. Jika diukur dalam 100 gram ikan teri, terdapat kurang lebih 2.113 omega 3. Berbagai olahan ikan teri bisa Anda coba seperti digoreng, dipepes, atau ditumis.

Beragam sumber makanan lain dengan kandungan omega 3 yaitu biji rami dan biji chia, kacang kenari, dan kedelai. Mudah diperoleh bukan? Yuk, pastikan untuk memasukkan daftar makanan di atas dalam menu makan Anda!

Anda juga dapat memperoleh khasiat omega 3 dari suplemen omega 3 atau fish oil (minyak ikan) seperti Blackmores Odourless Fish Oil 200 Kap – Vitamin Jantung (Rp350.000). Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022