fbpx
BerandaMakanan SehatKenali 5 Manfaat Madu Hitam Yang Lebih Unggul

Khasiat madu tidak diragukan lagi oleh masyarakat di seluruh dunia bahkan sejak zaman dahulu. Madu memiliki ragam jenis yang berbeda-beda, begitu pula dengan manfaat yang ditawarkannya. Salah satu madu terbaik untuk menjaga kesehatan berasal dari manfaat madu hitam.

manfaat-madu-hitam

 

Asal-Usul Madu Hitam

Madu hitam adalah madu yang berasal dari sari bunga mahoni yang diserap oleh lebah. Sesuai namanya, jenis madu ini memiliki warna yang lebih gelap dibanding jenis madu lainnya. Warna dan rasa khas pada madu hitam disebabkan oleh senyawa alkaloid yang berasal dari pohon mahoni.

Zat alkaloid pada madu hitam juga menyebabkan rasa madu menjadi lebih pahit, tidak seperti madu yang umumnya yang punya rasa manis. Terlepas dari pahit rasanya, senyawa alkaloid di dalam madu hitam menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin setiap hari.

 

Kelebihan Serta Manfaat Madu Hitam

Madu hitam dapat kamu konsumsi sebagai ramuan herbal untuk menjaga dan memelihara daya tahan tubuh. Selain itu, kamu juga dapat menjadikan madu hitam sebagai obat herbal alami yang dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Berikut ini beberapa manfaat dari madu hitam yang perlu kamu ketahui:

1. Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Berbeda dari kebanyakan jenis madu, madu hitam memiliki kandungan glukosa atau gula yang lebih rendah. Oleh sebab itu, madu hitam aman dikonsumsi bagi penderita kadar gula darah tinggi atau diabetes. Berdasarkan penelitian, kandungan alkaloid pada madu hitam memiliki reaksi anti-hiperglikemik, yang mana dapat menurunkan tingkat glukosa yang berlebihan.

2. Menangkal Radikal Bebas

Madu hitam mengandung senyawa asam fenolat dan flavonoid yang keduanya berfungsi sebagai antioksidan penting bagi kesehatan tubuh. Antioksidan bekerja dengan cara menangkal radikal bebas sehingga tubuh tercegah dari berbagai penyakit berbahaya akibat paparan radikal bebas.

Bila dikonsumsi secara rutin dan teratur, antioksidan di dalam madu hitam dapat melindungi tubuh dari penyakit, mengurangi resiko kanker, hingga penyempitan pada pembuluh darah. Senyawa flavonoid dalam madu hitam juga berfungsi untuk membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

 

3. Obat Alergi Alami

Manfaat madu hitam lainnya adalah dapat digunakan sebagai obat alergi alami. Penyakit yang disebabkan oleh reaksi alergi itu di antaranya adalah asma, eksim atopik (kondisi kulit merah dan gatal), dan rhinitis (peradangan selaput lendir hidung). Kamu dapat mengobati penyakit akibat alergi tersebut dengan madu hitam yang memiliki kandungan flavonoid.

 

4. Melancarkan Aliran Darah

Senyawa flavonoid pada madu hitam ternyata memiliki manfaat yang lebih dari hanya sebagai obat alergi atau penangkal radikal bebas. Manfaat lain dari flavonoid dalam madu hitam yaitu untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf pusat. Flavonoid pada madu hitam bekerja dengan cara memperbaiki sel-sel saraf yang mengalami kerusakan.

Selain itu, madu hitam juga dapat membantu melancarkan aliran darah yang menuju ke otak. Sehingga, pasokan darah ke otak menjadi lebih lancar. Dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin, fungsi otak serta saraf bisa tetap terjaga dengan baik.

 

5. Mengatasi Masalah Pada Lambung

Lambung adalah pusat sistem pencernaan. Di sinilah tempat berlangsungnya aktivitas mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Karena peran yang besar inilah, lambung perlu dijaga agar kesehatan tubuh dan organ-organ di dalamnya dapat terpelihara dengan optimal. Salah satu cara menjaga lambung adalah dengan mengonsumsi madu hitam.

Konsumsi madu hitam secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan lambung serta membantu mengatasi masalah yang terjadi pada organ pencernaan ini. Permasalahan pada lambung dapat ditandai dengan gejala seperti mual, nyeri ulu hati, kembung, hingga muntah.

Untuk mendapatkan manfaat madu hitam yang maksimal, sebaiknya konsumsilah dalam jumlah yang wajar dan rutin setiap harinya. Bagi kamu yang sedang menjalani pengobatan tertentu sebaiknya mengonsultasikan penggunaan madu hitam terlebih dahulu dengan dokter.

 

Baca juga:

Manfaat Royal Jelly: Baik Untuk Kesehatan Kulit

Serba-Serbi Manfaat Propolis bagi Kesehatan Anda

Sidomuncul Echinacea: Manfaat Baik Echinacea Purpurea

 

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

kandungan-dan-manfaat-buah-kurma

Kandungan dan Manfaat Sehat Kurma bagi Tubuh

Uncategorized   30/07/2021
kandungan-dalam-susu

Kenali Apa Saja Kandungan Nutrisi dalam Susu

Makanan Sehat   30/07/2021
muesli-1

Yuk, Kenali Sajian Sarapan Sehat Bernama Muesli

Makanan Sehat   29/07/2021
kandungan-dan-manfaat-pisang

Kandungan Buah Pisang yang Baik bagi Tubuh

Makanan Sehat   27/07/2021
kandungan-buah-tomat-bagi-tubuh

Informasi Kandungan Pada Buah Tomat

Makanan Sehat   27/07/2021