fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Kulit Pisang, Ternyata Bisa Dimakan Juga, Lho!

Siapa yang menyangka kalau ada khasiat yang bisa didapat dari kulit buah pisang selain dagingnya sendiri. Bahkan, sebuah laporan ilmiah menemukan adanya kandungan antioksidan dari kulit yang biasa kita buang tersebut. Lalu, apa saja sih manfaat kulit pisang itu sebenarnya?

manfaat-kulit-pisang

Apa Saja Kandungan Kulit Pisang Itu?

Sama halnya seperti daging buah pisang, kulit pisang juga menawarkan vitamin B6 dan vitamin B12. Masing-masing menawarkan fungsi penting terhadap sistem saraf pusat dan kesehatan sel darah. Selain itu, kulit pisang menyimpan kandungan magnesium, kalium, serat, dan protein. Semua nutrisi yang terdapat di kulit pisang ini pun memiliki efek yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Kulit Pisang yang Perlu Kamu Ketahui

Jika kamu belum mengetahui apa saja sebenarnya manfaat kulit pisang itu, berikut Tim Jovee rangkum beberapa di antaranya untuk kamu.

1. Sumber Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan yang tinggi pada kulit pisang didasari kandungan fitokimia seperti polifenol dan karotenoid yang ada di dalamnya. Kedua senyawa tersebut punya peran penting bagi kesehatan tubuh karena sifat antioksidannya. Kelebihan lain yang dimiliki kulit pisang adalah sifat anti-karsinogenik (pemicu kanker), anti-mutagenik (mutasi penyebab sel rusak), dan sifat terapi atau perawatan terhadap penyakit. 

Dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition, dilakukan penelitian akan sifat antioksidan dari ekstrak kulit pisang dengan medium jus jeruk. Hasil penelitian tersebut menunjukkan kalau kemampuan ekstrak kulit pisang dalam melawan radikal bebas mengalami kenaikan dengan penambahan takarannya. 

Hasil penelitian ini menjelaskan bila kulit pisang bisa dijadikan zat aditif (seperti pewarna atau penyedap makanan) yang juga berguna untuk meningkatkan kemampuan produk yang ditambahkan dalam melawan radikal bebas yang dapat berujung pada penyakit kronis seperti kanker. 

2. Alternatif Perawatan Kulit 

Siapa yang bakal mengira jika kulit pisang dapat menawarkan khasiat bagi kesehatan kulit. Dilansir dari laman Healthline, ada beberapa klaim yang menjelaskan manfaat kulit pisang, di antaranya:

  • Manfaat kulit pisang untuk wajah yang cerah dan minim kerutan bisa kamu dapatkan dengan menggosoknya perlahan di wajah.
  • Taruh kulit pisang di kelopak mata yang tertutup dapat mengecilkan kantung mata.
  • Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai pelembab untuk menghidrasi kulit.
  • Menggosok perlahan kulit pisang dipercaya dapat membantu menyamarkan bekas jerawat.

3. Memutihkan Gigi

Meskipun penerapan manfaat kulit pisang di gigi belum diteliti secara langsung. Banyak praktisi penyembuhan alami yang memercayai bahwa kulit pisang yang digosokkan ke gigi punya efek menyehatkan. Mereka juga menyarankan untuk melakukannya setiap hari dalam seminggu untuk mendapat hasil gigi yang lebih putih.Potensi kulit pisang tersebut juga disebut dalam jurnal Contemporary Clinical Dentistry. Dalam laporan tersebut, diketahui jika kulit pisang menyimpan sifat anti-bakteri terhadap A. actinomycetemcomitans dan P. gingivalis. Kedua bakteri ini punya andil dalam penyakit gigi seperti radang gusi dan infeksi gusi. 

4. Mengatasi Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan ruam serta kulit gatal dan bersisik. Masalah kulit ini biasanya terdapat di lutut, siku, badan atas, serta kulit kepala.  

Kulit pisang punya potensi mengatasi masalah psoriasis dengan cara melembabkan dan mengurangi gatal. Hal ini didasari sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan efek menyejukkan yang dimiliki kulit pisang. 

Untuk pengaplikasiannya, parut bagian dalam kulit pisang dan campurkan dengan oatmeal. Oleskan ke bagian yang terkena lalu gosok secara perlahan. Diamkan bahan campuran tersebut hingga 15 menit. 

5. Membasmi Kutil

Khasiat kulit pisang lainnya adalah menyingkirkan kutil ataupun kemunculan kutil yang baru. Pengaplikasiannya cukup mudah. Kamu hanya tinggal melingkarkan kulit pisang matang di atas kutil dan biarkan selama semalam. 

6. Untuk Pertolongan Pertama

Sifat anti-mikroba, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dimiliki kulit pisang menjadikannya sebagai bahan pengobatan tradisional. Rasa tidak enak dan gatal akibat luka terbakar atau bekas gigitan serangga dapat diredakan dengan menekan pelan kulit pisang ke area yang bermasalah. 

Selain itu, kulit pisang juga dikenal dapat membantu mengeluarkan serpihan kayu atau benda kecil tajam lainnya yang masuk ke kulit dengan menaruhnya di area yang teriris serpihan. 

7. Meredakan Sakit Kepala

Penemuan menarik seputar manfaat kulit pisang terhadap penyembuhan sakit kepala pernah dilakukan sebelumnya. Temuan tersebut menunjukkan kalau penggunaan kulit pisang bisa meredakan rasa sakit tersebut secara langsung. 

Hal ini dikarenakan kemampuan kulit pisang dalam menyambung kembali sinyal elektrik yang rusak atau gagal di antara sel-sel di sepanjang kepala dan bagian belakang leher. Efektifnya perawatan ini didapatkan dari komponen kalium yang tinggi dari kulit pisang itu sendiri. Perawatan sakit kepala ini dapat diberikan dengan meletakkan kulit pisang beku di dahi serta di bagian belakang leher. 

8. Mengurangi Depresi

manfaat-kulit-pisang

Peneliti dari Taiwan menyebutkan adanya serotonin yang tinggi pada kulit pisang. Dari kandungan tersebut, mereka menjelaskan adanya manfaat yang baik dan keterkaitannya bagi pemulihan depresi. 

Para peneliti tersebut menyimpulkan kalau dengan menaikkan tingkat serotonin seseorang, level depresinya pun dapat ditekan. Cara menaikkan serotonin dilakukan dengan meminum jus kulit pisang atau hasil air rebusan kulit pisang. 

9. Baik Untuk Kesehatan Rambut

Kandungan yang tinggi dari antioksidan membuat kulit pisang menjadi bahan yang bagus untuk kesehatan rambut. Antioksidan bekerja dengan menekan jumlah radikal bebas sehingga menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Penggunaan kulit pisang sebagai masker rambut juga dipercaya dapat membuat rambut lebih lembut dan mengilap.

10. Bisa Disantap Secara Langsung

Seorang ahli gizi asal Amerika mengatakan kalau kulit pisang aman dikonsumsi dan juga memberikan banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Bahkan, ia menyebutkan bila orang-orang di sebagian wilayah dunia memakannya. 

Meskipun rasanya tidak sama dengan dagingnya yang manis, kulit pisang menawarkan khasiat dari vitamin B6 dan vitamin B12 serta magnesium dan kalium yang baik untuk jantung. Seperti yang disebutkan pula sebelumnya, kulit pisang juga mengandung senyawa antioksidan berupa karotenoid dan polifenol. Selain pada kulit pisang, Anda juga bisa mendapatkan vitamin dan mineral berikut dari Blackmores Multivitamin dan Mineral 30 Kap – Vitamin B Kompleks untuk Stamina Tubuh (Rp153.637).

Selain disantap langsung, kamu bisa memperoleh manfaat kulit pisang dengan memasaknya, baik itu direbus ataupun digoreng. Kamu juga bisa menambahkannya dengan buah lain sebagai bahan minuman jus. Pakailah kulit pisang yang matang karena rasanya lebih manis daripada yang tidak matang. Sebelum itu, pastikan pula kamu sudah membersihkannya untuk menyingkirkan bahan kimia seperti pestisida yang masih menempel.

11. Mencegah Pembesaran Kelenjar Prostat

Berdasarkan jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry, ekstrak kulit pisang mengandung metanol yang dapat menekan berkembangnya pembesaran prostat. Studi tersebut juga menyimpulkan kalau ekstrak metanol dari kulit pisang dapat digunakan dalam pengobatan hiperplasia prostat jinak.

Dengan mengetahui berbagai kelebihan di atas, sekarang kamu bisa memanfaatkan buah pisang, bukan hanya dari dagingnya saja, tetapi dari kulitnya juga yang ternyata menyimpan banyak kegunaan bagi kesehatan.  

Baca juga:

Pisang Hijau, Kuning, Coklat: Kenali Manfaat Buah Pisang

18 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

15 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Cari tahu manfaat buah lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin personal terlengkap. Temukan pula beragam vitamin, dari A ke Z(inc), untuk menunjang gaya hidup sehatmu. Masih bingung mana vitamin yang cocok? Download aplikasi Jovee atau konsultasikan dengan nutrisionis untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sesuai kebutuhanmu.

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Sundaram S. dkk. 2011. Antioxidant Activity And Protective Effect of Banana Peel Against Oxidative Hemolysis of Human Erythrocyte at Different Stages of Ripening.

Cassoobhoy A. 2020. Health Benefits of Banana Peel. 

Brazier Y. 2020. The benefits and food sources of vitamin B6.

NIH. 2021. Vitamin B12: Fact Sheet for Consumers.

Ortiz L. dkk. 2017. Use of Banana (Musa acuminata Colla AAA) Peel Extract as an Antioxidant Source in Orange Juices.

Frothing S. 2019. 23 Uses of Banana Peels for Skin Care, Hair Health, First Aid, and More.

Mayo Clinic. 2020. Psoriasis.

Krishna K. 2018. You’ll Never Discard a Banana Peel Again After Reading This.

PJ D. 2009. That Banana Peel Appeal.

Szalay J. 2017. Bananas: Health Benefits, Risks & Nutrition Facts.

Akamine K. dkk. 2009. Banana Peel Extract Suppressed Prostate Gland Enlargement in Testosterone-Treated Mice.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara_Memasak_Pare_Agar_Tidak_Pahit

Tips Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Makanan Sehat   17/09/2021
Khasiat Propolis

Mengenal Khasiat Propolis untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Sehat   14/09/2021
manfaat-sayuran-kucai

Jangan Keliru, Manfaat Kucai bagi Kesehatan

Makanan Sehat   16/08/2021
kapulaga-manfaat-kandungan-dan-efek-sampingnya

Kapulaga – Kandungan, Kegunaan, dan Efek Sampingnya

Makanan Sehat   13/08/2021
rekomendasi-jus-diet-sehat-1

Rekomendasi Jus Untuk Diet Sehat

Gaya Hidup Sehat   10/08/2021