fbpx
BerandaVitamin & SuplemenPerlukah Konsumsi Suplemen Vitamin C Tiap Hari?

Mikronutrien satu ini bersifat larut dalam air. Asupan vitamin C bisa dipenuhi dari makanan dan suplemen. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C tinggi adalah buah-buahan termasuk keluarga sitrus dan jusnya, paprika, kiwi, stroberi, serta sayuran seperti brokoli, kentang, juga tomat. Tubuh membutuhkan asupan vitamin C untuk membantu produksi kolagen, yaitu protein yang diperlukan untuk proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin ini juga mampu meningkatkan penyerapan mineral zat besi dari makanan serta menunjang fungsi dan kinerja sistem imun tubuh dalam melawan penyakit.

Perlukah Konsumsi Suplemen Vitamin C Tiap Hari?

Siapa saja yang perlu konsumsi suplemen vitamin C?

Pada dasarnya, seseorang yang sehat dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C, selain dari makanan. Disamping itu, konsumsi suplemen tambahan dianjurkan kepada orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti defisiensi vitamin. Kelompok orang yang membutuhkan asupan vitamin C tambahan dari suplemen, antara lain:

  • Perokok aktif maupun pasif. Asap rokok merupakan salah satu sumber radikal bebas. Kalau seseorang sering terpapar asap rokok, otomatis tubuhnya membutuhkan antioksidan yang lebih banyak untuk memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Perokok memerlukan 35 miligram vitamin C lebih banyak (atau sebanyak 100-130 mg) daripada orang yang tidak merokok.
  • Bayi yang diberikan susu sapi. Susu sapi ini tidak direkomendasikan untuk bayi berusia ≤ 1 tahun karena kandungan vitamin C-nya yang rendah.
  • Orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti gangguan penyerapan nutrisi, kanker, ataupun penyakit ginjal yang memerlukan hemodialisis.

Butuh atau tidaknya konsumsi suplemen vitamin C mungkin juga tergantung dari gaya hidup seseorang. Contohnya, orang yang menjalani diet tertentu atau pemilih makanan bisa mengalami defisiensi vitamin C.

Berapa dosis yang dianjurkan?

Dosis harian yang dianjurkan berbeda-beda tergantung dari usia dan kondisi yang dialami seseorang. Berikut ini dijabarkan dosis suplemen vitamin C yang dianjurkan untuk sejumlah penyakit: Dosis dewasa

  • Defisiensi vitamin C: 100 – 250 miligram (mg) sekali atau dua kali sehari

Dosis anak-anak

  • Defisiensi vitamin C: 100 – 175 mg per hari dalam dosis terbagi, setidaknya selama dua minggu.

Apa manfaat dari konsumsi suplemen vitamin C?

Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel dari kerusakannya. Bahkan vitamin C juga terbukti mampu memperbaiki antioksidan lain di dalam tubuh, termasuk alpha-tocopherol (vitamin E). Kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi scurvy yang ditandai dengan gejala berupa mudah lelah, anemia, gusi berdarah, dan luka yang sulit sembuh.

Sejauh ini, suplemen vitamin C dianjurkan untuk orang-orang yang mengalami defisiensi nutrisi ini. Konsumsi suplemen secara oral atau suntik mampu mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin C, termasuk skorbut atau scurvy. Tambahkan vitamin C di vitamin harian kamu dengan mengonsumsi Vitalong C – 30 Kapsul – Daya Tahan Tubuh (Rp37.211).

Efek samping dan overdosis suplemen vitamin C

Umumnya, konsumsi suplemen vitamin C cenderung aman dan tidak menimbulkan efek samping. Tetapi jika digunakan melebihi dosis yang dianjurkan, suplemen vitamin ini berisiko menyebabkan kondisi berikut:

  • Mual
  • Asam lambung naik
  • Esofagitis, yaitu peradangan pada kerongkongan
  • Kram perut
  • Mudah lelah
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Insomnia

Pada beberapa kasus, konsumsi suplemen vitamin C secara oral bisa menyebabkan batu ginjal. Penggunaan suplemen dalam jangka panjang dengan dosis > 2.000 miligram per harinya berisiko memicu efek samping yang lebih parah. Oleh karena itu, sebelum konsumsi suplemen vitamin ini, sebaiknya konsultasikan pada dokter atau ahli gizi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dosis yang sesuai untuk kondisi Anda. Disamping itu, Anda juga bisa memahami sejumlah efek samping yang mungkin timbul jika mengonsumsi suplemen vitamin C.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, kunjungi Jovee Official Shop. Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

amunizer-adalah

Amunizer, Suplemen Herbal Peningkat Sistem Imun

Vitamin & Suplemen   10/08/2022
vitamin-anak-yang-mengandung-zinc

Pentingnya Vitamin C dan Zinc untuk Anak

Vitamin & Suplemen   11/07/2022
blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022