fbpx
BerandaMakanan Sehat4 Makanan Sumber Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Memiliki sistem daya tahan tubuh yang baik sangat penting untuk melindungi tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Saat tubuh memiliki imunitas yang baik, maka tubuh mampu membentengi dirinya sendiri dari berbagai serangan virus, bakteri dan juga patogen penyebab penyakit. Untuk memiliki sistem daya tahan tubuh yang baik dibutuhkan asupan vitamin untuk daya tahan tubuh yang bersumber dari makanan alami seperti berikut ini.

vitamin daya tahan tubuh

Sumber Vitamin yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang baik bisa dilakukan dengan menjalani gaya hidup yang sehat seperti rajin berolahraga dan konsumsi makanan bernutrisi. Berikut adalah makanan bernutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh:

1. Buah Jeruk

Siapa yang tidak mengenal buah jeruk? Buah dengan cita rasa manis sedikit asam ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat besar dari buah jeruk adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena khasiat antioksidan yang dimilikinya. Oleh karena itu, tak heran jika banyak ahli kesehatan menyarankan konsumsi buah jeruk untuk mencegah penularan penyakit.

Selain memiliki khasiat sebagai antioksidan, buah jeruk juga dapat merangsang peningkatan jumlah sel darah putih yang diproduksi oleh tubuh. Sel darah putih adalah pertahanan tubuh alami untuk melawan segala jenis infeksi. Buah jeruk yang tinggi akan vitamin C seperti jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk bali, jeruk keprok dan banyak lainnya.

2. Paprika Merah

Paprika merah sangat kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, kandungan vitamin C dalam paprika merah dengan jeruk florida dengan berat yang sama bisa 3 kali lebih tinggi. Selain kaya vitamin C, paprika merah juga mengandung beta karoten. Beta karoten yang diubah menjadi vitamin A sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mata.

3. Bayam

Sayur berdaun hijau ini sangat kaya akan kandungan vitamin C. Di dalam sayur bayam terkandung beta karoten dan juga antioksidan yang memiliki manfaat untuk memperbaiki sistem daya tahan tubuh dalam melawan berbagai infeksi penyakit. Untuk mendapatkan manfaat vitamin tubuh yang bagus dari bayam, Anda disarankan untuk mengolahnya sesederhana mungkin seperti direbus atau dikukus saja.

4. Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini sudah lama dikenal sangat kaya akan mineral dan juga multivitamin. Di dalam brokoli terkandung berbagai vitamin untuk tubuh yang bagus, seperti vitamin C, vitamin A dan vitamin E. Brokoli juga memiliki kandungan senyawa antioksidan serta serat alami yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan serta imunitas tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang besar dari brokoli, Anda disarankan mengolahnya dengan cara direbus atau sekedar dikukus.

Jumlah Asupan Vitamin Harian yang Dibutuhkan

Konsumsi beberapa vitamin di bawah ini memang sangat penting, namun tetap ada takaran minimal dan maksimal yang harus Anda patuhi. Berlebihan mengkonsumsi vitamin daya tahan tubuh, terutama yang berasal dari suplemen, malah sangat tidak disarankan untuk kesehatan tubuh.

1. Vitamin C

Vitamin C tidak dapat diproduksi atau disimpan di dalam tubuh sehingga setiap orang diharuskan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C setiap hari. Jumlah vitamin C harian yang disarankan adalah sebanyak 90 mg untuk pria dewasa dan 75 mg untuk wanita dewasa. Meski terbilang vitamin tubuh yang bagus, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C dengan jumlah melebihi 2000 mg dalam sehari, apalagi melalui suplemen.

2. Vitamin A

Vitamin A memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan mata. Vitamin A bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti wortel, sayuran ataupun suplemen. Kebutuhan asupan vitamin A harian yang dianjurkan adalah sebanyak 3000 IU. Namun konsumsi vitamin A harian juga tidak boleh melebihi batas dosis maksimum. Dosis maksimum harian vitamin A yang tidak boleh dilewati adalah sebanyak 10.000 IU.

3. Vitamin D

Vitamin D memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tulang dan gigi bahkan hingga rambut. Vitamin D bisa diperoleh dari konsumsi susu, sayuran dan juga produk hewani. Vitamin D juga bisa diperoleh dari paparan sinar matahari dengan cara berjemur di pagi hari. Sinar matahari memiliki kemampuan untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D.

Jumlah asupan vitamin D harian yang disarankan adalah sebanyak 600 IU. Sementara jumlah asupan dosis maksimum vitamin D adalah sebanyak 4000 IU.

4. Vitamin E

Vitamin E memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan kulit, rambut, dan juga tubuh. Vitamin E juga sangat baik untuk kesuburan organ reproduksi sehingga sangat disarankan dikonsumsi oleh mereka yang sedang merencanakan program kehamilan. Vitamin E bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan ataupun suplemen yang mengandung beragam vitamin untuk tubuh.

Asupan vitamin E minimal yang disarankan adalah sebanyak 33 IU. Sementara jika Anda mengkonsumsi vitamin E dari suplemen, maka dosis maksimum yang diizinkan adalah sebanyak 1100 IU yang dapat Anda temui pada WELLNESS NATURAL VITAMIN E – Antioksidan Lawan Radikal Bebas (Rp467.500). Sangat dilarang untuk berlebihan mengkonsumsi vitamin terutama yang berasal dari suplemen.

Dapatkan vitamin daya tahan tubuh terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda dapat langsung konsultasi dengan dokter secara online menggunakan aplikasi Lifepack.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022