fbpx
BerandaMakanan Sehat9 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Ada banyak pilihan buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil. Buah alpukat merupakan salah satu makanan yang menawarkan berbagai khasiat nutrisi yang dapat membantu meringankan proses kehamilan. Simak beberapa manfaat alpukat untuk ibu hamil di artikel berikut ini.

manfaat-alpukat-untuk-ibu-hamil

Apa manfaat alpukat untuk ibu hamil?

Tak hanya miliki rasa yang lezat, alpukat juga punya banyak manfaat bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Mengatur Nafsu Makan Berlebih

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu mengatur nafsu makan. Alpukat dikenal sebagai salah satu makanan peningkat kesuburan, berdasarkan studi dari jurnal Nutrients. Selain manfaat buah alpukat untuk program hamil, ternyata ia juga menyimpan keuntungan bagi ibu yang masuk masa kehamilan. Salah satunya adalah menekan nafsu makan berlebih.

Mengatur asupan makanan yang masuk ke tubuh sangatlah diperlukan bagi ibu hamil. Walau begitu, ibu juga harus tetap menjaga diri agar tidak makan berlebihan. Buah alpukat jadi salah satu makanan yang bagus untuk mengatur nafsu makan, khususnya bagi wanita yang sudah hamil 9 bulan. Masa hamil tua umumnya jadi fase rentan munculnya nafsu makan berlebih.

Alasan memilih alpukat untuk mengontrol nafsu makan ibu hamil adalah karena kandungan serat dan lemak baiknya. Kedua nutrisi ini telah dipercaya untuk meningkatkan rasa kenyang. Dengan khasiat tersebut ditambah kepadatan nutrisi lainnya membuat alpukat jadi pemberi energi yang tahan lama bagi ibu hamil.

2. Membantu Memelihara Lemak dan Kadar Gula Darah yang Sehat

Menjaga gula dan lemak darah pada tingkatan yang optimal dapat memberi masa kehamilan yang baik dan aman. Hal ini juga jadi fungsi alpukat untuk ibu hamil. Ia dapat membantu mengurangi risiko faktor penyakit jantung tertentu.

Selain baik untuk kesehatan jantung, manfaat alpukat untuk ibu hamil yakni mengatur tekanan gula darah. Ini juga yang membuatnya dapat menurunkan kemungkinan terjadinya komplikasi selama masa kehamilan.

Buah alpukat pun dinilai ramah bagi ibu hamil dengan masalah gula darah yang tinggi ataupun diabetes. Ini berkat karbohidratnya yang rendah selagi menawarkan serat dan lemak sehat yang tinggi. Kenaikan gula darah saat setelah makan juga bisa dihindari dengan buah yang tumbuh subur di negara belahan barat ini.

Konsumsi buah alpukat juga membantu menyokong kolesterol baik HDL yang berfungsi untuk memelihara jantung. Kelebihan alpukat ini juga berjalan bersamaan dengan fungsinya dalam menekan kolesterol jahat LDL. Penurunan LDL akan berdampak baik bagi penurunan potensi penyakit jantung dan menaikkan kesehatan tubuh selama masa kehamilan.

3. Kaya akan Antioksidan Kuat

Buah alpukat menyimpan banyak senyawa penting antioksidan. Mereka berperan dalam menjaga tubuh dari kerusakan sel sekaligus mengoptimalkan kesehatan.

Salah satu komponen alpukat yang mendukung aktivitas antioksidan adalah karotenoid lutein. Nutrisi ini menyimpan sifat antioksidan yang kuat. Lutein diperlukan untuk perkembangan mata dan otak bayi.

Lutein merupakan senyawa lemak yang mudah larut. Karenanya, nutrisi ini mudah diserap dan difungsikan dengan baik di tubuh. Dan lagi, penyerapan lutein dari alpukat lebih efisien daripada buah lain yang sama-sama mengandung lutein.

Ibu hamil dapat merasakan khasiat alpukat yang mengandung beta karoten dan zeaxanthin sebagai tambahan dari lutein. Ketiga komponen alpukat ini pun dapat ditemukan di ASI.

Asupan yang rutin dari nutrisi inilah yang akan membantu peningkatan kandungan karotenoid ASI selama masa kehamilan. Jumlah lutein di ASI berkisar 25% di beberapa hari pertama menyusui. Kemudian, ia akan bertambah mendekati 50% pada akhir bulan pertama. Nutrisi lutein ini berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

4. Mempertahankan Tingkat Tekanan Darah yang Sehat

manfaat-alpukat-untuk-ibu-hamil

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil lainnya terletak di komponen magnesium dan kaliumnya. Kedua mineral ini sangat dibutuhkan dalam pengaturan tekanan darah yang baik. Konsumsi alpukat dengan kalium yang melimpah ini bisa mengurangi risiko terkena hipertensi selama kehamilan.

Hal ini pernah diteliti dalam studi yang melibatkan hingga 263 wanita hamil. Sebagian diberi kalium sebesar 250 sampai 300 mg per hari. Hasil studi tersebut memperlihatkan penurunan signifikan pada perkembangan tekanan darah tinggi selama masa kehamilan. Fungsi alpukat untuk ibu hamilini juga didukung oleh magnesium yang jadi mineral penting untuk kontrol tekanan darah.

5. Buah dengan Sumber Lemak Baik

Kualitas tidur yang menurun dan masalah sulit tidur atau insomnia merupakan kondisi yang lazim diderita ibu hamil. Permasalah tersebut dapat dipulihkan dengan mengonsumsi alpukat yang menyimpan lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh jadi salah satu kelebihan buah alpukat dan ia dibutuhkan dalam kesehatan ibu hamil. Kandungan ini bagus dijadikan cemilan kehamilan karena dapat memunculkan sensasi puas.

Kebaikan lain dari lemak tak jenuh tunggal adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan jantung, mengatur tingkat gula darah, dan membuat perut kenyang lebih lama selagi menunggu waktu makan berat.

6. Sumber Asam Folat yang Baik

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Nutrisi yang juga menawarkan manfaat buah alpukat untuk ibu hamil 9 bulan ini dikenal dapat menghindari cacat lahir pada bayi.

Kondisi cacat bayi bahkan bisa terjadi pada masa awal hamil muda (sekitar 3-4 minggu) atau sebelum wanita sadar kalau ia sudah hamil.

Dengan kata lain, janin membutuhkan asupan asam folat secara rutin agar bisa tumbuh dan perkembangan organnya dapat berjalan dengan benar.

7. Sebagai Penawar Masalah Kehamilan

Kehamilan jadi proses yang membahagiakan namun juga berat bagi para wanita. Berbagai kondisi kesehatan terjadi selama mereka hamil. Sebut saja morning sickness yang membuat lelah di 3 bulan pertama atau kram kaki.

Wanita hamil yang menambahkan alpukat dalam menu makannya dapat meredakan berbagai keluhan tersebut. Mual dan muntah (morning sickness) dapat dipulihkan lewat vitamin C yang tinggi di buah alpukat. Sedangkan, kram kaki dapat diredakan dengan kandungan kalsium dan kalium di alpukat yang takarannya lebih tinggi daripada pisang.

8. Mengurangi Risiko Preeklampsia

Preeklampsia merupakan komplikasi yang terjadi pada masa kehamilan. Hal ini ditandai dengan tekanan darah tinggi dan beberapa kerusakan di sistem organ, sering kali di liver dan ginjal. Kondisi ini mulai terjadi setelah 20 minggu kehamilan. Ia menyerang wanita dengan tekanan darah yang normal.

Untuk mencegah kondisi ini semakin parah, wanita hamil dapat mengonsumsi makanan buah dan dengan kandungan kalium yang tinggi seperti alpukat. Fungsi kalium yang dapat mencegah tekanan darah tinggi ini diperlukan untuk mengatasi risiko preeklamsia. Nutrisi ini juga dapat menghindari kemungkinan penyakit jantung yang muncul nantinya.

9. Mengatasi Masalah Anemia

Kekurangan darah atau anemia dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi, lelah, kulit pucat, dan masalah lainnya. Buah alpukat dapat mengatasi masalah anemia pada ibu hamil karena kandungan zat besi yang dimilikinya.

Selain zat besi di dalamnya studi dari institut di California menemukan kalau nutrisi tertentu padda buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Buah alpukat juga terdiri dari vitamin B6 yang membantu dalam produksi sel darah.

10. Bantu atasi kaki kram saat hamil

Tahukah kamu bahwa alpukat mengandung lebih banyak potasium daripada pisang? Kalium dan kalsium dapat membantu meringankan kram, yang sering dialami pada ibu hamil. Kram kaki khususnya adalah masalah umum yang sering terjadi, dan buah alpukat dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Banyaknya kelebihan nutrisi yang ditawarkan buah alpukat menjadi hal yang baik untuk pemenuhan gizi ibu hamil. Karenanya, Ibu hamil bisa memasukkan buah alpukat ke dalam menu makan sehatnya. Sehingga ibu dan bayinya bisa tumbuh dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Selain dari alpukat, ibu hamil juga dapat konsumsi suplemen seperti Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold 60 Kap – Vitamin Ibu Hamil dan Menyusui (Rp195.894) untuk penuhi nutrisi harian ibu hamil.

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, kamu juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personal kamu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022