fbpx
Beranda › Makanan Sehat › 8 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

Roti tawar merupakan makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat sebagai menu sarapan. Salah satu jenis roti tawar adalah roti gandum. Roti tawar ada banyak jenisnya, dan roti gandum merupakan roti yang lebih sehat diantara jenis roti tawar lainnya.

8 MANFAAT ROTI GANDUM UNTUK KESEHATAN

Kandungan Gizi Roti Gandum

Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam roti gandum.

Informasi nilai gizi untuk ukuran porsi 1 irisan regular.

  • Kalori 67 kkal
  • Lemak 1,07 g
  • Lemak jenuh 0,23 gram
  • Lemak tak jenuh ganda 0,24 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal 0,5 gram
  • Kolesterol 0 mg
  • Protein 2,37 gram
  • Karbohidrat 12,3 gram
  • Serat 1,1 gram
  • Gula 1,43 gram
  • Sodium 138 mg
  • Kalium 53 mg

Berbagai Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

Fungsi roti gandum selain untuk mengenyangkan, adalah juga untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat roti gandum untuk kesehatan tubuh.

Kenyang Lebih Lama

Roti gandum merupakan roti yang terbuat dari gandum, terutama gandum utuh, sehingga diproses lebih lama dalam sistem pencernaan dibandingkan dengan roti tawar lainnya. Hal inilah yang membuat roti gandum sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Lebih Kaya Zat Gizi

Kelebihan roti gandum adalah kaya akan nutrisi yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Roti gandum merupakan makanan bergizi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan, baik anak-anak, orang dewasa maupun ibu hamil. Roti gandum utuh memiliki lebih banyak kandungan zat gizi seperti vitamin B dan serat dibanding roti putih, karena hilangnya lapisan gandum dalam pembentukan tepung terigu putih.

Rendah Kalori

Roti gandum memang memiliki kandungan gizi yang tinggi, namun rendah kalori dan ini merupakan keunggulannya. Makanan ini dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh, namun tidak meningkatkan kalori tubuh. Keunggulan roti gandum ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Mencegah Obesitas

Obesitas sering dikaitkan dengan risiko berbagai macam penyakit serius seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Roti gandum tidak hanya menjadi menu yang tepat untuk menurunkan berat badan, namun juga berguna untuk menjaga berat tubuh ideal. Salah satu cara untuk menjaga berat tubuh ideal adalah dengan menjaga asupan makanan.

Manfaat Roti Gandum untuk Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia sehingga perlu dihindari sebelum terserang. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Roti gandum merupakan roti yang terbuat dari gandum utuh yang mengandung serat lebih banyak, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Berbagai penelitian membuktikan bahwa rutin mengonsumsi gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%.

Untuk memastikan jantung tetap sehat, Anda juga bisa mencoba konsumsi Good Heart Jovee (Rp 215.000). GOOD HEART adalah paket lengkap yang terdiri dari Omega Minyak Ikan, dan Extract Garlic untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, menjaga kesehatan persendian dan meningkatkan kualitas tidur. Rekomendasi dan personalisasi suplemen yang tepat sesuai kebutuhan setiap orang.

Menurunkan Risiko Stroke

Pada umumnya produk roti gandum mengandung kolesterol yang sangat rendah dan bahkan ada yang tidak mengandung kolesterol sama sekali. Sebaliknya, roti gandum mengandung asam lemak tak jenuh atau lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perlu diketahui bahwa kolesterol jahat merupakan salah satu pemicu penyakit stroke. Kolesterol jahat menumpuk dan membentuk plak yang kemudian menyumbat pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, mengonsumsi roti gandum dapat mengurangi risiko stroke karena mengandung kolesterol yang sedikit.

Menurunkan Risiko Diabetes

Roti gandum baik dikonsumsi oleh ibu hamil selain untuk memenuhi nutrisi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes. Selama masa kehamilan, risiko diabetes dan darah tinggi dapat meningkat. Mengonsumsi roti gandum dapat menurunkan risiko obesitas yang merupakan salah satu faktor penyebab diabetes. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi gandum utuh dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, indeks glikemik dan muatan glikemik roti gandum cukup rendah, sehingga tidak terlalu cepat meningkatkan gula darah dibanding roti putih.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
Pentingnya Mengonsumsi Zinc Untuk Kesehatan Tubuh
8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu
Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh
Buah Yang Mengandung Vitamin E dan C
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan
7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu
Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?

Baik untuk Pencernaan

Roti gandum memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk pencernaan. Asupan serat yang cukup dapat menghindarkan Anda dari masalah pencernaan, seperti sembelit atau susah buang air besar dan diare. Serat dalam gandum dapat bekerja sebagai prebiotik untuk menunjang perkembangan bakteri baik dalam organ pencernaan. Keberadaan bakteri baik di usus sangat penting untuk menjaga agar sistem pencernaan tetap sehat dan dapat bekerja dengan baik. Karena memiliki serat yang tinggi, roti gandum buat asam lambung juga direkomendasikan loh.

Melihat banyaknya manfaat roti gandum sudah sepatutnya Anda selalu menyediakan di rumah. Roti ini juga mudah ditemukan di pasaran dan harganya pun terjangkau. Ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai kesehatan? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022