Apa Fungsi Kalium Bagi Kesehatan Tubuh?

by | May 20, 2020 | Vitamin | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Kalium merupakan zat mineral yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Fungsi dari mineral ini adalah memberikan perlindungan agar tubuh terhindar dari penyakit. Kalium merupakan salah satu jenis dari elektrolit yang mempunyai peran mengatur cairan tubuh. Karena itulah asupan Kalium harus terpenuhi agar metabolisme tubuh tidak mengalami gangguan. Manfaat Kalium bagi kesehatan sangat banyak. Untuk mengetahui apa saja manfaat dan apa yang terjadi jika tubuh kekurangan Kalium? Simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

Jenis Makanan Sebagai Sumber Kalium

Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan Kalium dengan jumlah 4500-4700 miligram. Namun karena tubuh tidak bisa memproduksi Kalium sendiri, asupan mineral tersebut bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Selain itu, konsumsi suplemen juga bisa membantu memenuhi kebutuhan Kalium bagi tubuh. Hanya saja dosisnya harus tepat, tidak boleh kurang apalagi berlebih. Adapun jenis makanan yang kaya akan kandungan Kalium diantaranya adalah:

  1. Buah seperti apel, tomat, pisang, jeruk, labu, dan melon
  2. Sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, ubi, kentang, dan jamur
  3. Kacang-kacangan seperti almond, kedelai, kacang merah, dan kacang polong
  4. Nasi merah
  5. Susu dan yoghurt

Kalium sangat aman dikonsumsi oleh orang yang tidak memiliki penyakit diabetes, gangguan ginjal, dan jantung. Untuk kasus tertentu, asupan Kalium bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi suplemen. Namun dosisnya harus sesuai dengan anjuran dokter.

5 Fungsi Kalium Bagi Tubuh

Selain menjadi bagian dari elektrolit yang sangat penting bagi cairan tubuh, Kalium ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika banyak yang mengkonsumsi suplemen agar kebutuhan Kalium bisa terpenuhi. Adapun 5 manfaat utama Kalium diantaranya adalah:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kebutuhan Kalium yang terpenuhi bagi tubuh bisa mencegah beberapa penyakit pada pembuluh darah seperti jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, mineral ini juga berfungsi untuk mencegah penyempitan pada pembuluh arteri. Kalium juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan saraf dan kekuatan otot. Dengan begitu kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh dapat berjalan lancar. Fungsi Kalium yang tak kalah pentingnya adalah mengurangi risiko gangguan detak jantung yang cepat sehingga kesehatan jantung bisa tetap terjaga. Selain itu, kalium merupakan salah satu zat yang dapat menjaga dan memperbaiki tekanan darah karena fungsinya mengatur cairan di dalam sel termasuk volume cairan dalam darah.

2. Memelihara Fungsi Saraf

Kerja jantung sangat berkaitan erat dengan impuls saraf yang dikirimkan otak ke seluruh tubuh. Jika Kalium dalam darah berkurang, kemampuan otak dalam menghasilkan impuls saraf akan mengalami masalah. Akibatnya, jantung tidak bisa bekerja secara maksimal. Kekurangan Kalium dalam jangka panjang bisa memicu gangguan saraf dan otak seperti mudah lupa, kelemahan otot, dan sering kesemutan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu peran Kalium yang juga sangat penting adalah menjaga kesehatan tulang agar tidak keropos dan tidak mudah patah. Kalium bekerja maksimal agar kalsium tidak terbuang bersama urine. Selain itu Kalium juga bermanfaat dalam meningkatkan penyerapan kalsium agar kepadatan tulang bisa tetap terjaga.

4. Mencegah Kram Otot

Kram otot merupakan sebuah kondisi yang disebabkan karena tubuh kekurangan Kalium. Munculnya kram otot ditandai dengan kontraksi otot yang secara tiba-tiba dan tak terkendali. Untuk mencegah kram otot, asupan Kalium yang tepat sangat diperlukan karena mineral tersebut membantu menyampaikan sinyal dari otak sehingga kontraksi otot yang tiba-tiba bisa segera berhenti.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Yuk Kenali Manfaat Iodine Dalam Kehidupan Setiap Hari

Inilah Manfaat Fosfor bagi Tubuh dan Sumber Gizinya

Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan
Kromium, Mineral Penyeimbang Gula Darah dan Sumber Makanannya
Mengenal Molybdenum, Mineral Mikro yang Penting bagi Tubuh
Pentingnya Manganese untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?
Karbohidrat: Jenis dan Mafaatnya
7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Apa Yang Terjadi bila Tubuh Kekurangan Kalium?

Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan Kalium dengan jumlah 4500-4700 miligram. Kekurangan Kalium bisa terjadi jika kadar Kalium dalam darah berada dibawah batas normal. Kondisi ini sering disebut dengan Hipokalemia. Normalnya, kadar Kalium dalam darah berkisar 3,5-5 mEq/L. Kekurangan Kalium yang tak segera ditangani bisa berdampak buruk bagi kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian. Adapun efek yang dirasakan jika kadar Kalium dalam darah sangat rendah diantaranya adalah:

  • Sembelit
  • Mual dan muntah
  • Detak jantung yang tidak normal, terlalu cepat atau terlalu lambat
  • Sering haus 
  • Sering buang air kecil
  • Mati rasa dan kesemutan
  • Sakit perut
  • Kram otot dan kedutan

Kekurangan Kalium umumnya terjadi pada pasien yang mengkonsumsi obat diuretik. Fungsi dari obat diuretik adalah mempercepat pembentukan urine dan hal tersebut mengakibatkan kadar Kalium berkurang. Untuk mengetahui apakah Kalium dalam tubuh berada di batas normal atau tidak, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. 

Jadi, agar fungsi saraf dan kesehatan tulang tetap terjaga serta terhindar dari penyakit gagal ginjal dan jantung, asupan Kalium dalam tubuh harus terpenuhi. Kebutuhan Kalium akan tercukupi setiap harinya dengan mengkonsumsi suplemen dari Jovee. Tidak perlu khawatir tubuh akan kelebihan Kalium, karena Jovee merekomendasikan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu kadar Kalium akan aman dan berada di batas normal.