fbpx

Nama suplemen CoQ10 memang tidak sepopuler vitamin C atau ekstrak manggis. Namun, Komponen Coenzyme Q10 ini punya peran yang besar terhadap kesehatan jantung dan hati hingga mencegahnya dari penyakit. Ayo telusuri apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kandungan utama Blackmores CoQ10 kapsul di artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu CoQ10

Coenzyme Q10 atau CoQ10 merupakan senyawa atau zat yang larut dalam lemak. Karena sifat itu pula, senyawa ini disebut mirip seperti vitamin. CoQ10 sendiri terdapat di tubuh manusia sebagai hasil sintesis atau pembentukan yang terjadi di dalam membran dalam mitokondria. 

CoQ10 dapat ditemukan di beragam makanan dan paling banyak terdapat di dalam jeroan hati dan ginjal. Selain itu, CoQ10 bisa pula didapat dari ikan sarden, makarel, ayam, kol bunga, brokoli, dan asparagus. 

Senyawa CoQ10 yang juga dikenal dengan nama vitamin Q10, ubiquinone, atau ubidecarenone ini memiliki peranan dalam memproduksi energi dari sumber makanan. Energi inilah yang kemudian dijadikan suplai pertumbuhan dan pemeliharaan sel. Di sisi lain, senyawa ini juga berperan sebagai antioksidan yang yang melindungi sel-sel dan DNA dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Dalam jurnal Current Cardiology Reviews, CoQ10 disebut punya fungsi penting. Karena itu pula, tubuh yang kekurangan CoQ10 bisa mengalami risiko lebih tinggi terkena penyakit serius, seperti diabetes melitus, penyakit kardiovaskular termasuk hipertensi, distrofi otot (penyakit keturunan yang menyebabkan otot makin melemah dan rusak), Alzheimer, Parkinson, dan lainnya.

Di balik banyaknya peran penting yang telah disebutkan di atas, CoQ10 lebih jauh lagi dikenal dalam produk seperti suplemen atau obat Blackmores CoQ10 yang berguna untuk kesehatan kardiovaskular. Dengan kata lain, senyawa ini baik untuk memelihara fungsi jantung dan pembuluh darah. Selain itu, CoQ10 juga baik untuk kesehatan liver, termasuk bagi orang-orang yang mengidap penyakit organ inti tersebut.

 

Manfaat Blackmores CoQ10 Kapsul Terhadap Jantung

Sebuah studi dengan kelompok partisipan lansia sehat yang diberi CoQ10 dan selenium pernah dilakukan selama 4 tahun. Hasil dari studi tersebut menunjukkan bila kedua bahan tersebut dapat meningkatkan daya hidup dari organ kardiovaskular mereka dalam pengamatan selama 10 tahun. 

Manfaat Blackmores CoQ10 yang mengandung senyawa esensial ini tidak sampai di situ saja. Ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dalam obat Blackmores CoQ10 ini. 

 

1. Menangkal Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Reaksi stres oksidatif yang terjadi akibat radikal bebas yang tidak terkontrol disebut sebagai penyebab inti dari berkembangnya penyakit ini. 

CoQ10 sering disebut dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular berkat sifat antioksidan yang dimilikinya. Fungsi antioksidan CoQ10 terbentuk sempurna ketika mengalami bentuk tereduksi atau disebut ubiquinol. Bentuk tersebut memiliki sifat antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas dalam membran biologis dan ROS (Reactive Oxygen Species) yang dapat menyebabkan kerusakan sel serius.

Selain itu, CoQ10 juga memiliki kelebihan dalam memenuhi kebutuhan energi jantung. Hal ini berkaitan dengan sebuah teori yang menyebutkan bila kegagalan miokard atau gagal jantung disebabkan adanya penurunan produksi energi di mitokondria. Kandungan Blackmores CoQ10 ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang menyebabkan berbagai penyakit jantung. 

 

2. Mengatasi Hipertensi 

Sama halnya seperti penyakit jantung, hipertensi merupakan salah satu penyebab teratas dari angka kematian di dunia. Banyak ahli yang percaya bahwa hipertensi memiliki keterkaitan dengan jumlah CoQ10 yang rendah di dalam tubuh. 

Natural Medicines Comprehensive Database menggolongkan CoQ10 sebagai pengobatan yang “mungkin efektif” terhadap hipertensi. Beberapa studi memperlihatkan bila CoQ10 punya efek positif terhadap perubahan tekanan darah dalam kurun waktu 4-12 minggu penggunaan.

Sebuah riset melaporkan bila CoQ10 punya potensi dalam menurunkan tekanan darah sistolik (angka tertinggi pada perhitungan tekanan darah) hingga 17 mm Hg dan tekanan darah diastolik hingga 10 mm Hg tanpa adanya efek samping yang signifikan.

 

3. Membantu Pemulihan Pasca Serangan Jantung

CoQ10 punya efek positif terhadap orang yang memiliki riwayat serangan jantung. Dalam sebuah tes, kelompok pasien yang mengalami serangan jantung diberikan CoQ10. Hasilnya, mereka mengalami penurunan kemungkinan permasalahan serupa hingga tahun berikutnya daripada kelompok yang tidak diberikan CoQ10. Namun, partisipan yang menjalani tes itu juga mengonsumsi obat statin untuk menurunkan level kolesterol di darah sehingga ada kemungkinan bila salah satunya atau kombinasi keduanyalah yang memberi manfaat ini. 

 

4. Untuk Perawatan Penyakit Gagal Jantung

CoQ10 juga disebut sebagai obat yang mampu meningkatkan daya hidup penderita gagal jantung. Studi dari Journal of the American College of Cardiology Heart Failure menunjukkan bila pasien pengidap gagal jantung berat yang mengonsumsi CoQ10 mengalami penurunan terhadap angka kematian hingga setengah daripada kelompok yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Level CoQ10 yang rendah di dalam tubuh juga dihubungkan dengan tingkat gagal jantung yang parah. Terlebih karena CoQ10 sendiri memiliki konsentrasi yang tinggi di dalam jantung daripada jaringan dan organ tubuh lainnya. 

Sebagai suplemen dengan kandungan mirip vitamin, Blackmores CoQ10 juga sama-sama memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Hal ini dapat membantu mengurangi efek toksik yang dapat merusak komponen sel jantung. Selain itu, CoQ10 juga punya andil dalam memberikan sinyal kepada otot jantung dan membantu menghasilkan energi. 

 

5. Meredakan Efek Samping Obat Statin

Pengobatan menggunakan obat statin terbilang dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke secara signifikan. Tapi, sebagian penggunanya dilaporkan berhenti dalam 6 bulan karena efek samping yang ditimbulkan, seperti nyeri otot dan tubuh melemah. 

Sebuah studi menemukan kalau pengguna obat statin yang didapati mengalami masalah otot merasakan adanya penurunan rasa nyeri setelah mengonsumsi CoQ10 dua kali selama 30 hari. Studi tersebut menyimpulkan bila pengobatan statin yang dikombinasikan dengan suplemen CoQ10 seperti Blackmores CoQ10 dapat mengoptimalkan fungsi dan menurunkan efek samping dari obat tersebut.

 

6. Menyehatkan Liver

Temuan dari Journal of the American College of Nutrition melaporkan bila konsumsi suplemen CoQ10 punya potensi dalam meningkatkan dan mencegah penyakit seperti sindrom metabolisme, hipertensi, diabetes, dan resistensi insulin. Selain itu, jurnal ini juga menyebutkan manfaat CoQ10 terhadap penyakit liver atau hati. 

Peneliti juga mengemukakan bila suplemen CoQ10 dapat menjadi pengobatan alternatif bagi penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD). Penyakit ini ditandai dengan naiknya enzim di liver, pembesaran liver dan lemak di dalamnya, serta peningkatan inflamasi. CoQ10 yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi menjadikannya efektif dalam menangani berbagai penyakit liver ini dan mencegahnya agar tidak berkembang. 

 

Dosis Blackmores CoQ10 

Blackmores CoQ10 merupakan kapsul yang dikonsumsi secara oral setiap hari. Ada dua tipe dosis dari suplemen ini dengan tujuan yang berbeda. Orang dewasa bisa mengambil dosis Blackmores CoQ10 dalam jumlah:

  • 1 kapsul mini tiap hari untuk membantu produksi energi sel.
  • 1 kapsul mini 2 kali sehari untuk memelihara kesehatan jantung. 

Selain orang dewasa, anak-anak di bawah usia 12 tahun juga bisa mengonsumsi Blackmores CoQ10 namun hanya saat dibarengi oleh resep dokter. 

 

Efek Samping Blackmores CoQ10

Ada beberapa efek samping Blackmores CoQ10 yang perlu kamu waspadai. Di antaranya adalah dapat memicu masalah pencernaan ringan serta meningkatkan risiko pendarahan bila dikonsumsi bersamaan dengan obat Warfarin (obat pengencer darah). Selain itu, ibu hamil dan menyusui tidak disarankan untuk meminum Blackmores CoQ10. 

Itulah manfaat Blackmores CoQ10 yang baik untuk kesehatan organ inti, terutama jantung dan hati. Kamu bisa mendapatkan vitamin, Blackmores CoQ10 kapsul, dan suplemen lainnya di website jovee.id. Tetap terapkan gaya hidup sehat juga agar kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya dapat terjaga. 

Baca juga:

Mengidap Penyakit Liver? Kenali 8 Makanan Ramah Hati Ini

Macam-Macam Makanan Sehat untuk Pasien Penyakit Jantung

Olahraga Aman untuk Penderita Jantung

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Ingin gaya hidup sehat dengan suplemen yang cocok denganmu? Unduh aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan dapatkan vitamin personalmu! Dengan Jovee, kamu juga bisa melihat rekomendasi suplemen dari tim nutrisionis Jovee. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

Penulis: Arofah Hafizh A.

Referensi

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

Suplemen: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsinya!

Suplemen: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsinya!

Natures-Plus-Ultra-Virile-Actin

Manfaat Natures Plus Ultra Virile-Actin Untuk Seksualitas Pria

Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

konilife-glucotrim

Manfaat Konilife Glucotrim Untuk Penderita Diabetes

blackmores-radiance-Q10

Manfaat Suplemen Kulit Blackmores Radiance Marine Q10

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Suplemen: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsinya!

Suplemen: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsinya!

Vitamin & Suplemen   26/02/2021
Natures-Plus-Ultra-Virile-Actin

Manfaat Natures Plus Ultra Virile-Actin Untuk Seksualitas Pria

Vitamin & Suplemen   25/02/2021
Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

Vitamin & Suplemen   24/02/2021
konilife-glucotrim

Manfaat Konilife Glucotrim Untuk Penderita Diabetes

Vitamin & Suplemen   24/02/2021
blackmores-radiance-Q10

Manfaat Suplemen Kulit Blackmores Radiance Marine Q10

Vitamin & Suplemen   24/02/2021

Brands