fbpx

Fungsi Sodium Chloride bagi Tubuh dan Efek Sampingnya

by | May 26, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Bagi Anda yang berkiprah di dunia kesehatan atau pendidikan, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sodium chloride. Apa itu sodium klorida? Sodium klorida adalah istilah kimia untuk garam dapur atau NaCl (Natrium Klorida). Jadi, tidak ada perbedaan natrium klorida dan sodium klorida.

Zat ini merupakan sejenis elektrolit yang memiliki berbagai fungsi. Fungsi sodium klorida adalah untuk mengatur jumlah air dalam tubuh, memiliki peran dalam impuls saraf, dan kontraksi otot. 

Lebih lanjut, fungsi sodium chloride lainnya untuk mengatasi dan mencegah kehilangan sodium akibat dehidrasi, keringat berlebih, dan lainnya. Bahkan, sodium chloride juga digunakan untuk alasan lain yang tidak tertera pada petunjuk pengobatan ini. Nah, untuk dosis pemakaian serta efek sampingnya, sila simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Penggunaan Sodium Klorida

Penggunaan sodium klorida sangat dianjurkan atas dasar resep dokter, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. Ikutilah petunjuk yang terdapat pada resep. Untuk memastikan bahwa obat ini membantu kondisi Anda, sebaiknya tes secara berkala dan kunjungi dokter secara rutin. 

Ingat, jangan sekali-kali berbagi obat dengan orang lain, meskipun memiliki gejala yang sama. Sebab, setiap orang memiliki riwayat kesehatan yang berbeda-beda dan harus atas resep dokter. Apabila terjadi hal-hal buruk akibat penggunaan sodium klorida segera hubungi dokter Anda. Pastikan, simpan obat ini di ruangan dengan temperatur yang jauh dari lembab, panas, dan cahaya.

Dosis Sodium Klorida untuk Orang Dewasa dan Anak-anak

Setelah mengetahui apa itu sodium klorida, kini saatnya Anda mengetahui dosis pemakaiannya yang tepat. Setiap orang tentu memiliki dosis pemakaian sodium klorida yang berbeda-beda tergantung dari kondisi kesehatannya.

Sebagai contoh dosis sodium klorida untuk orang dewasa dengan ICP refraktori tinggi akibat berbagai etiologis, sindrom herniasi transtentorial: IV: Hypertonic saline: 23.4% (30-60 ml) yang diberikan 2-20 menit melalui pusat akses vena saja. Sementara, untuk sepsis berat, resusitasi cairan awal: IV: normal saline (0.9% NaCl), minimal sebanyak 30 ml/kg.

Sedangkan dosis senyawa ini untuk anak-anak IV: solusi hypertonic (>0.9%) digunakan sebagai pengobatan awal untuk gejala berupa hyponatremia serius atau tekanan intrakranial dalam cedera trauma otak yang meningkat. Pengembangan: 3-4 mEq/kg/hari; 100-150 mEq/hari; dengan dosis yang berbeda pada setiap kondisi klinis.

Efek Samping Penggunaan Sodium Klorida

Sodium chloride tersedia dalam bentuk tablet, infus, dan nasal drop. Penggunaan obat sodium klorida ini bisa menimbulkan beberapa efek samping berupa tangan/kaki mengalami bengkak, nyeri sendi, kaku, kram otot,sakit kepala, mual, dan mungkin juga terjadi reaksi alergi walaupun sangat jarang.

Gejalanya bisa berupa jantung berdetak dengan cepat, gatal-gatal atau terdapat ruam, suara serak, kulit kemerahan, sesak nafas, dada sesak, hingga masalah pernafasan atau menelan. 

Apabila Anda mengalami efek samping seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Cairan NaCl untuk Atasi Jerawat, Benarkah?

Sebelumnya, telah disinggung sedikit bahwa penggunaan sodium chloride ada yang tidak tertera pada petunjuk dokter. Sudah dijelaskan pula bahwa tidak ada perbedaan natrium klorida dan sodium klorida.

Salah satunya, cairan NaCl atau infus untuk pembersih jerawat atau perawatan wajah. Tidak dipungkiri, jika ada dokter yang sempat merekomendasikan hal ini pada pasiennya. Lalu bagaimana kebenarannya? 

Setelah diusut lebih lanjut, NaCl pada dasarnya tidak diindikasikan sebagai pembersih wajah dalam jangka waktu yang lama. Fungsi sodium klorida ini adalah sebagai pengganti cairan tubuh.

Jadi, jika Anda menggunakan cairan untuk mengompres wajah berjerawat dalam jangka waktu lama, ada kemungkinan muncul efek samping. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Sekali lagi, penggunaan cairan infus harus atas resep dokter dan pemilihan jenis cairan infus harus disesuaikan dengan kondisi pasien.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Inilah Manfaat Fosfor bagi Tubuh dan Sumber Gizinya
Kromium, Mineral Penyeimbang Gula Darah dan Sumber Makanannya
Mengenal Molybdenum, Mineral Mikro yang Penting bagi Tubuh
Pentingnya Manganese untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?
Karbohidrat: Jenis dan Mafaatnya
Inilah Manfaat Kalium bagi Tubuh dan Bahaya Defisiensinya

Pentingnya Manfaat Tembaga atau Copper untuk Kesehatan

NaCl untuk Menangani Luka

Penggunaan NaCl lebih lanjut juga bisa untuk menangani luka. Ya, perawatan luka yang baik harus dilakukan, terutama luka terbuka supaya tidak menimbulkan infeksi, eviserasi, atau hematoma.

Beberapa jenis luka ini seperti luka tusuk, luka gigitan hewan atau manusia, lebam, luka dangkal di permukaan kulit, luka yang lebih dalam dari permukaan kulit.

Jenis larutan NaCl yang digunakan untuk membersihkan luka ini yaitu NaCl 0.9% yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat. Gunakan kapas lembut untuk menuangkan cairan pembersihkan ini pada luka.

Setelah dibersihkan dengan NaCl, namun luka masih terasa menyakitkan, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, Anda pasti sudah paham bahwa tidak ada perbedaan sodium klorida dan natrium klorida. Selain itu, penggunaan sodium chloride ini tidak boleh sembarangan atau harus berada dibawah pengawasan dokter.

Apabila Anda ingin perawatan wajah yang tepat ataupun mengatasi masalah lainnya secara mandiri, bisa gunakan aplikasi Jovee untuk membantu Anda mendapatkan rekomendasi suplemen yang tepat.

Ya, pemberian suplemen yang tepat berdasarkan kondisi kesehatan tubuh, dijamin akan mengembalikan stamina seperti sedia kala. Misalnya saja rekomendasi multivitamin untuk menunjang imunitas, energi, wellness, dan kesehatan mata Anda.

Segera instal aplikasi Jovee di smartphone Anda sekarang juga, dan dapatkan berbagai rekomendasi suplemen kesehatan yang tepat. Jovee juga siap mengirim rekomendasi suplemen yang Anda inginkan sampai tujuan lho!

Brands