fbpx
BerandaVitamin & SuplemenPentingnya Manfaat Tembaga atau Copper untuk Kesehatan

Copper atau yang lebih dikenal dengan sebutan tembaga merupakan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Meski tidak dibutuhkan dalam jumlah yang banyak, kegunaan tembaga ini memainkan peran yang penting untuk menjaga tubuh agar terhindar dari beragam penyakit. Pada umumnya, tembaga ini memiliki fungsi esensial di bagian tulang dan otot. Selain itu, ia juga berguna untuk organ otak, hati, hingga ginjal

PENTINGNYA MANFAAT TEMBAGA ATAU COPPER UNTUK KESEHATAN

12 Manfaat Tembaga atau Copper Bagi Kesehatan

Keberadaan tembaga atau copper ini tidak bisa dianggap remeh lantaran manfaat tembaga atau copper sangat banyak untuk kesehatan. Lalu apa manfaat tembaga untuk kesehatan? Berikut ini ulasan selengkapnya. 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tubuh manusia terlebih di musim tertentu sangat rawan menurun sistem imunitasnya. Sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh ini penting untuk manusia untuk menjaga tubuh agar bebas dari berbagai serangan penyakit. 

Agar sistem kekebalan tubuh tetap baik dan tidak menurun, menjaga tercukupinya asupan tembaga dalam tubuh sangatlah penting. Sebab, jika tubuh kekurangan tembaga, produksi sel darah putih akan menurun dan penyakit pun mudah masuk ke dalam tubuh.

2. Membantu mencegah penyakit osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang sering dialami oleh orang lanjut usia. Seiring bertambahnya umur, tubuh pun akan mengalami penurunan kepadatan tulang. Karena itulah tubuh sangat memerlukan nutrisi untuk tulang, salah satunya adalah tembaga. Tembaga bersama zinc, mangan, dan juga kalsium berperan dalam menjaga tulang agar tetap kuat dan terbebas dari osteoporosis. 

3. Meningkatkan sekaligus menjaga fungsi kognitif

Tembaga juga diperlukan otak untuk memainkan perannya dalam hal kognitif. Otak membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa berfungsi secara optimal. Agar proses berpikir terus terjaga dengan baik, kebutuhan akan copper begitu penting untuk dipenuhi. 

4. Membantu dalam hal pertumbuhan dan perkembangan

Salah satu indikator tubuh ideal ditentukan pada faktor pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu, nutrisi penunjangnya pun harus terpenuhi dengan maksimal. Salah satu mineral yang cukup penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan adalah tembaga. Terlebih untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini penting untuk menghindari pertumbuhan yang abnormal padanya. 

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Bagi kamu yang menginginkan kulit sehat, penting untuk memerhatikan asupan tembaga atau copper ini. Hal ini dikarenakan tembaga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang penting untuk kulit. Selain membuat kulit sehat, tembaga juga bermanfaat dalam hal mempercantik kulit. Bahkan bisa menjadi obat saat kulit terkena infeksi, luka, atau bisul. 

6. Punya sifat antioksidan

Studi menemukan bila tembaga memiliki sifat antioksidan, seperti halnya yang dimiliki vitamin C dan vitamin E. Sifat antioksidan ini sangatlah penting guna melindungi sel dari kerusakan akibat jumlah radikal bebas yang tidak terkontrol. Kerusakan sel ini dapat memicu berkembangnya berbagai penyakit, terutama kanker. Partikel berbahaya ini bisa ditekan bila tubuh memiliki antioksidan seimbang untuk bisa menangkalnya.

7. Memberikan asupan energi bagi tubuh

Adenosine triphosphate (ATP) membutuhkan tembaga untuk menjalankan fungsinya dengan baik. ATP sendiri merupakan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja dan memproduksi energi. Tembaga berperan sebagai katalis untuk mereduksi oksigen molekuler ke air sebagai reaksi kimia yang terjadi selama pembentukan ATP. 

Tembaga juga menjadikan keperluan protein lebih terpenuhi untuk tubuh. Hal ini dilakukan dengan melepas zat besi di dalam darah sehingga lebih bisa dimanfaatkan. Fungsi tembaga yang memengaruhi ATP dan metabolisme protein ini juga penting untuk pemulihan otot, sendi, dan jaringan tubuh serta pemeliharaan energi dalam jumlah yang besar. 

8. Membantu meredakan radang sendi

Meski penelitiannya masih terbilang sedikit, tembaga diketahui dapat membantu meredakan nyeri dan kaku terkait penyakit radang sendi. Dalam beberapa kejadian, ada orang-orang dengan masalah radang sendi menggunakan gelang tembaga untuk membantu memulihkan penyakitnya tersebut. Alat tersebut dipercaya memiliki zat tembaga yang dapat terserap ke kulit dan membantu menurunkan gejala nyeri yang dialami. Walau begitu, peneliti mengatakan bila khasiat dari gelang tembaga tersebut positif sekedar berasal dari efek plasebo.

9. Menyeimbangkan fungsi tiroid

Tembaga juga memiliki peran penting dalam menjaga agar fungsi tiroid berjalan dengan semestinya. Zat ini bekerja dengan mineral lainnya seperti selenium dan zinc untuk menyeimbangkan aktivitas tiroid. Selain itu, tembaga juga mencegah dari hipotiroidisme atau hipertiroidisme. Keduanya adalah kelainan pada aktivitas kelenjar tiroid yang kurang atau berlebihan. 

Tiroid merupakan kelenjar hormon yang vital dari perannya dalam metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan tubuh manusia. Tembaga dengan mineral lainnya memiliki hubungan erat dalam menyeimbangkan peran tiroid ini. Jika salah satunya kurang atau kelebihan, kelainan tiroid dapat terjadi. Alhasil, tubuh akan kelelahan, berat badan naik atau turun, perubahan suhu badan dan nafsu makan, serta gejala buruk lainnya. 

10. Mencegah anemia atau kekurangan zat besi

Tembaga dan zat besi bekerja bersama dalam sintesis atau pembentukan hemoglobin atau sel darah merah. Beberapa studi menyebutkan bila tembaga memiliki fungsi dalam membantu penyerapan zat besi di dalam saluran usus. Mineral ini juga membantu pelepasan zat besi ke dalam liver sebagai tempat penyimpanan utamanya. 

Ketika tubuh kekurangan tembaga, jumlah zat besi bisa menurun dan menyebabkan anemia. Dampak negatif bisa muncul setelahnya, seperti kelelahan, nyeri otot, masalah pencernaan, dan fungsi otak yang terganggu.

Salah satu obat dengan kandungan tembaga yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah anemia yaitu Sangobion 10 Kapsul – Obat Penambah Darah (Rp22.400)

11. Baik untuk kesehatan rambut dan mata

Selain manfaatnya untuk memelihara kecantikan kulit, tembaga juga memiliki khasiat yang baik untuk rambut dan mata. Malahan, tubuh membutuhkan tembaga yang cukup untuk menciptakan pigmen dan tekstur yang natural untuk rambut, mata, dan kulit. Sebab, mineral ini memliki peranan penting dalam perkembangan melanin yang sebagai pigmen yang memberi warna pada rambut, mata, dan kulit. Dalam hal ini, tembaga membantu pembentukan enzim tirosinase untuk perkembangan melanin. 

Tembaga juga memelihara rambut agar warnanya tidak gampang memudar. Manfaat ini ditemukan pada sebuah studi yang memperlihatkan bila serum yang rendah tembaga mempunyai keterkaitan yang signifikan pada pudarnya warna rambut. 

12. Mendukung metabolisme tubuh yang sehat

Tanpa adanya tembaga, tubuh mungkin akan kesulitan dalam menjaga metabolisme tubuh yang sehat. Sebab, tembaga memastikan berjalannya berbagai fungsi enzim dasar di dalamnya. Reaksi enzim ini dibutuhkan berbagai sistem organ guna menjaga metabolisme tubuh bekerja dengan semestinya karena tembaga jugalah yang membantu komunikasi antara saraf. Adanya tembaga di dalam sistem saraf begitu penting. Begitu juga di sistem kardiovaskular, sistem pencernaan, dan hampir di tiap bagian di tubuh.

8 Sumber Makanan Kaya Tembaga

Untuk memenuhi kebutuhan akan tembaga bukanlah suatu hal yang sulit. Banyak sekali sumber makanan yang mengandung tembaga. Berikut ini sumber makanan di sekitar kamu yang ternyata kaya akan tembaga. 

Seafood

Sumber makanan yang ternyata kaya akan tembaga adalah seafood. Siapa yang tak mengenal dan suka dengan seafood? Makanan yang berasal dari laut ini memiliki kandungan nutrisi termasuk tembaga yang tinggi. Di antara seafood yang kaya akan tembaga adalah tuna, cumi, lobster, salmon, dan sarden. 

Telur

Jika kamu kesulitan mendapatkan atau tidak menyukai seafood, tak ada salahnya untuk mengonsumsi telur. Telur ini selain mudah didapatkan ternyata juga kaya akan tembaga atau copper. Cara mengonsumsi telur yang tepat adalah dengan merebusnya. Telur ini sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. 

 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –

Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan

Apa itu Ca Pantothenate? Ini Manfaat yang Perlu Diketahui

Yuk Kenalan Dengan Copper yang Berperan Besar untuk Tubuh

Peran Molybdenum Bagi Kesehatan Tubuh

Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh

Peran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya

Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin

Kacang

Kacang yang notabene sangat mudah dijumpai ini juga mengandung tembaga yang tinggi. Tidak hanya mengandung tembaga, kacang juga kaya akan kalium dan zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang ini bisa kamu konsumsi langsung atau dijadijan sebagai salah satu bahan untuk membuat makanan olahan. 

Cokelat

Cokelat menjadi makanan yang disukai banyak orang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Selain rasanya yang enak, cokelat juga kaya akan kandungan tembaganya. Meski begitu, konsumsi cokelat juga harus sesuai batasnya lantaran jika kelebihan bisa menjadi racun bagi tubuh. 

Jeroan hati

Jeroan hati merupakan makanan yang kaya akan nutrisi vitamin B12, vitamin A, vitamin B2, vitamin B9, zat besi, dan kolin. Makanan ini juga menyimpan zat tembaga yang tinggi. Meski begitu, sebaiknya wanita hamil menghindari jeroan hati karena vitamin A yang tinggi bisa berbahaya bagi kandungan. 

Kentang

Kentang ukuran sedang memiliki jumlah tembaga yang cukup banyak. Baik itu dipanggang, digoreng, atau diolah dengan cara lainnya, kentang dapat memberikan asupan tembaga yang dibutuhkan tubuh. 

Tofu

Tahu sutera atau tofu adalah makanan lainnya yang kaya akan tembaga. Asupan 100 gram tofu bahkan bisa mencukupi hampir setengah kebutuhan tembaga harian. Selain itu, tofu juga merupakan sumber protein dan kalsium yang tinggi, meskipun makanan ini berasal dari tumbuhan.

Sayuran berdaun hijau

Kategori ini termasuk sayuran seperti bayam dan kale. Sayuran berdaun hijau memiliki jumlah tembaga yang cukup besar, selain adanya nutrisi lain seperti serat, vitamin K, kalsium, magnesium, dan folat. Asupan sayur berdaun hijau ini pun dapat memenuhi seperempat kebutuhan tembaga per harinya. 

Alam telah memberikan manfaat yang begitu besar untuk membantu manusia menjaga kesehatannya. Terbukti dengan banyaknya makanan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di samping itu, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan akan fungsi tembaga ini dalam bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mendownload aplikasi Jovee. 

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Membeli suplemen di Jovee sangatlah aman dan dijamin sehat. Hal ini mengingat suplemen yang dijual di Jovee mendapat dukungan sepenuhnya dari dokter dan apoteker handal. Selain itu, harganya yang tetap membuat kantong kamu dijamin tidak akan jebol. Kamu pun bisa mudah berlangganan hanya dengan melakukan registrasi melalui aplikasi Jovee. Tunggu apalagi? Segera download aplikasi Jovee dan nikmati pembelian suplemen sehat dan mudah hanya di Jovee.

Penulis: Nada Karisma

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021
suplemen kuku

Suplemen Kuku

Vitamin & Suplemen   15/10/2021

Suplemen Rambut

Vitamin & Suplemen   15/10/2021
Waktu_Terbaik_Minum_Vitamin_C

Cerdas Memilih Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Vitamin & Suplemen   07/10/2021
Kekurangan_Vitamin_B

Waspadai Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin & Suplemen   30/09/2021