fbpx

Pentingnya Manfaat Tembaga atau Copper untuk Kesehatan

by | May 15, 2020 | Vitamin | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Copper atau yang lebih dikenal dengan sebutan tembaga merupakan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Meski tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak namun, keberadaan tembaga ini memainkan peran yang penting untuk menjaga tubuh agar terhindar dari beragam penyakit. Pada umumnya tembaga ini memainkan perannya di bagian tulang dan otot, namun tak jarang di otak, hati, hingga ginjal

Manfaat Tembaga atau Copper Bagi Kesehatan

Keberadaan tembaga atau copper ini tidak bisa dianggap remeh. Lantaran manfaat tembaga atau copper sangat banyak untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat dari tembaga? Berikut ini ulasan selengkapnya. 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tubuh manusia terlebih di musim tertentu sangat rawan menurun sistem imunitasnya. Sistem imunitas atau sistem kekebalan ini penting untuk tubuh manusia lantaran untuk menjaga tubuh agar bebas dari serangan berbagai macam penyakit. 

Agar sistem kekebalan tubuh tetap baik dan tidak menurun maka menjaga tercukupinya asupan tembaga dalam tubuh sangatlah penting. Hal ini dikarenakan jika tubuh kekurangan tembaga maka produksi sel darah putih menurun dan penyakit pun mudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Membantu mencegah penyakit osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang sering dialami oleh orang lanjut usia. Seiring dengan bertambahnya umur, tubuh pun juga menurun kepadatan tulangnya sehingga membutuhkan nutrisi untuk tulang. Salah satunya adalah tembaga. Tembaga bersama zinc, mangan, dan juga kalsium berperan untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan terbebas dari osteoporosis. 

  1. Meningkatkan sekaligus menjaga fungsi kognitif

Tembaga juga diperlukan otak untuk memainkan perannya dalam hal kognitif. Otak memerlukan nutrisi yang cukup agar bisa berfungsi optimal. Agar proses berpikir terus baik maka kebutuhan akan copper penting untuk dijaga. 

  1. Membantu dalam hal pertumbuhan dan perkembangan

Salah satu indikator tubuh ideal ditentukan pada faktor pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu nutrisi untuk menunjangnya pun harus terpenuhi maksimal. Salah satu mineral yang cukup penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan adalah tembaga terlebih untuk anak yang dalam masa pertumbuhan. Hal ini penting untuk menghindari pertumbuhan yang abnormal. 

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Bagi Anda yang menginginkan kulit sehat maka penting untuk memperhatikan asupan tembaga atau copper ini. Hal ini dikarenakan tembaga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang penting untuk kulit. Selain membuat kulit sehat, tembaga juga bermanfaat dalam hal mempercantik kulit. Bahkan bisa menjadi obat saat kulit terkena infeksi, luka atau bisul. 

Sumber Makanan

Untuk memenuhi kebutuhan akan tembaga bukanlah suatu hal yang sulit. Banyak sekali sumber makanan yang mengandung tembaga. Berikut ini sumber makanan di sekitar Anda yang ternyata kaya akan tembaga. 

Seafood

Sumber makanan yang ternyata kaya akan tembaga adalah seafood. Siapa yang tak mengenal dan suka dengan seafood. Makanan yang berasal dari laut ini memiliki kandungan nutrisi termasuk tembaga yang tinggi. Diantara seafood yang kaya akan tembaga adalah tuna, cumi, lobster, salmon, dan sarden. 

Telur

Jika Anda kesulitan mendapatkan seafood tak ada salahnya untuk mengonsumsi telur. Telur ini selain mudah didapatkan ternyata juga kaya akan tembaga atau copper. Cara mengonsumsi telur yang tepat adalah dengan merebusnya. Telur ini sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan
Apa itu Ca Pantothenate? Ini Manfaat yang Perlu Diketahui
Yuk Kenalan Dengan Copper yang Berperan Besar untuk Tubuh
Peran Molybdenum Bagi Kesehatan Tubuh
Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh
Peran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin

Kacang

Kacang yang notabene sangat akrab dengan manusia juga mengandung tembaga yang tinggi. Tidak hanya mengandung tembaga, kacang juga kaya akan kalium dan besi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang ini bisa Anda konsumsi langsung atau menjadikannya sebagai salah satu bahan untuk membuat makanan olahan. 

Cokelat

Cokelat menjadi makanan yang disukai banyak orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain rasanya yang enak cokelat juga kaya akan kandungan tembaganya. Meski begitu konsumsi cokelat juga harus sesuai batasnya lantaran jika kelebihan bisa menjadi racun bagi tubuh. 

Alam telah memberikan manfaat yang begitu besar untuk membantu manusia menjaga kesehatannya. Terbukti dengan banyaknya makanan yang kaya akan nutrisi dimana dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, Anda pun juga bisa memenuhi kebutuhan akan copper ini dalam bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi. Untuk mendapatkannya Anda bisa mendownload aplikasi Jovee. 

Membeli suplemen di Jovee sangatlah aman dan dijamin sehat. Hal ini mengingat suplemen yang dijual di Jovee mendapat dukungan sepenuhnya dari dokter dan apoteker handal. Selain itu, harganya yang tetap membuat kantong Anda dijamin tidak akan jebol. Anda pun bisa mudah berlangganan hanya dengan melakukan registrasi melalui aplikasi Jovee. Tunggu apalagi segera download aplikasi Jovee dan nikmati pembelian suplemen sehat dan mudah hanya di Jovee. 

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional