fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Buah Kiwi: Vitamin C yang Lebih dari Jeruk

Kiwi merupakan buah asli Tiongkok dan Taiwan yang juga banyak dikembangbiakkan di New Zealand dan California. Buah ini punya rasa yang agak asam dan kulit coklat berbulu. Namun, akan kurang rasanya bila kita hanya mengenal rupa dan rasa buah kiwi tanpa mengetahui khasiat yang ditawarkannya. Simak yuk apa saja manfaat buah kiwi di artikel berikut ini.

manfaat buah kiwi

Kandungan Gizi Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C dan vitamin K yang sangat melimpah, ditambah pula folat dan vitamin E. Mineral pada buah kiwi juga cukup banyak, seperti kalium, tembaga, magnesium, dan mangan. Buah ini mengandung jumlah kalori yang mendekati sedang. Jadi, kamu perlu membatasi buah kiwi yang kamu santap.

Diambil dari laman NutritionData, 100 gram buah kiwi segar mentah mengandung nutrisi utama berikut:

  • Energi: 61 kalori
  • Karbohidrat: 14,7 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 155% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin K: 50% dari AKG
  • Folat (vitamin B9): 6% dari AKG
  • Vitamin E: 7% dari AKG
  • Kalium: 312 mg
  • Magnesium: 4 mg

Manfaat Buah Kiwi

1. Sumber Antioksidan yang Besar

Buah kiwi bisa digolongkan sebagai superfood karena antioksidannya yang tinggi. Norwegian Institute of Public Health menyebutkan kalau penambahan satu hingga dua jenis golden kiwi ke pola makan normal dapat menurunkan kerusakan oksidatif di dalam tubuh yang terjadi karena radikal bebas terlalu banyak dan menyerang sel-sel tubuh.

Alasan melimpahnya antioksidan di buah kiwi adalah karena komposisi vitamin C di dalamnya yang tinggi. Bahkan, vitamin tersebut bisa melebihi jeruk yang juga dikenal sebagai buah dengan vitamin C yang besar. Antioksidan ini berguna dalam membantu dan melindungi jaringan dan sistem di tubuh. Selain dari buah kiwi, vitamin C juga dapat diperoleh melalui konsumsi suplemen seperti Holisticare Ester C Effervescent Orange (Rp 59.968).

Peran antioksidan vitamin C dalam melawan radikal bebas juga dibantu vitamin E. Nutrisi ini merupakan komponen yang kuat dalam memerangi radikal bebas sekaligus menurunkan kolesterol. Selain sifat antioksidan yang berasal dari kedua vitamin tersebut, kiwi juga kaya akan polifenol. Senyawa alami ini menjalankan aktivitas imunostimulan yang memicu respon sistem imun.

2. Untuk Kesehatan Kulit dan Penunda Penuaan

Baik itu kulit, otot, tulang, maupun urat daging kita terdiri dari kolagen. Produksi protein ini mulai menurun seiring usia yang bertambah sehingga tubuh memerlukan sumber vitamin C yang membantu menghasilkan kolagen.

Kandungan vitamin C yang melimpah tentu jadi hal yang baik bagi kebutuhan akan kolagen tersebut. Selain itu, polisakarida yang juga terdapat di kiwi dapat menggandakan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kiwi juga memiliki karotenoid dan antioksidan bernama lutein. Komposisi pada buah kiwi tersebut sangat berguna untuk kecantikan kulit karena perlindungan yang mereka berikan dari sinar UV.

3. Meningkatkan Fungsi Pernafasan

Kiwi dan buah kaya vitamin C lainnya sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit pernafasan. Ada dua studi yang menyatakan bila buah kiwi memberi hasil yang baik pada orang dewasa dan anak-anak yang menderita asma dan beberapa penyakit serta infeksi pernafasan.

Dua studi tersebut menyimpulkan kalau buah kiwi bisa memperkuat konsentrasi vitamin C ke tubuh sehingga dapat meredakan gejala yang dialami pasien. Gejala tersebut termasuk sesak nafas, hidung tersumbat, dan durasi sakit tenggorokan.

4. Memelihara Pencernaan

Beberapa studi pernah menunjukkan potensi buah kiwi dalam memulihkan kelainan usus dan pencernaan. Di antaranya memperlihatkan kalau kiwi terlibat dalam mengurangi komplikasi terkait sindrom iritasi usus serta penyakit peradangan usus.

Penemuan dari studi tersebut menyebutkan kalau menambahkan buah kiwi kepada penderita penyakit pencernaan akan memberi fungsi antioksidan dan serat yang berkhasiat. Komponen kiwi tersebut berguna untuk memberikan hasil anti-inflamasi yang dapat memperbaiki fungsi usus.

5. Untuk Kebaikan Mata

Manfaat buah kiwi salah satunya berasal dari komposisi lutein yang tidak hanya menjaga kulit tapi juga mencegah banyak penyakit mata, termasuk degenerasi makula akibat faktor umur (atau lebih dikenal dengan istilah AMD). Lutein ini berperan dalam melindungi mata dengan menyaring gelombang pendek sinar UV yang merusak.

Kandungan lutein pada buah kiwi juga termasuk besar dari hampir semua buah lainnya. Lutein juga dilengkapi vitamin A yang punya peran dalam mengoptimalkan kesehatan mata.

6. Melindungi Tulang

Suplai vitamin K yang padat pada buah kiwi diperlukan tubuh dalam penggunaan kalsium untuk pembentukan tulang. Hal ini pula yang menjadikan kiwi sebagai buah terbaik untuk mengatasi defisit vitamin K yang bisa berujung ke berbagai masalah tulang.

Studi menyebutkan jika menu makan harian yang banyak mengandung vitamin K dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko cedera terkait tulang dan penyakit lain seperti osteoporosis.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Komponen serotonin merupakan manfaat buah kiwi lainnya yang menjadikannya dapat menaikkan kualitas tidur. Serotonin di buah kiwi pun mampu meningkatkan waktu tidur sebanyak 13% dan efisiensi tidur sampai 5%. Ada temuan lainnya yang menunjukkan kalau serotonin memiliki hubungan dengan peningkatan daya ingat. Buah dengan tekstur lembut dan gurih ini bahkan diyakini bisa membangun mood hingga menenangkan depresi.

8. Punya Sifat Anti-kanker

Bagian-bagian tumbuhan buah kiwi telah dipakai bangsa Tiongkok sebagai obat herbal bertahun-tahun lamanya. Obat herbal tersebut diaplikasikan untuk kesehatan sendi hingga perawatan nyeri sendi, batu kandung kemih, serta kanker liver dan kerongkongan.

Akar dan buah kiwi dipercaya memiliki efek menghambat pertumbuhan sel kanker pada liver, paru-paru, dan usus. Kemampuan ini didasari adanya polisakarida serta tingginya antioksidan pada bagian tumbuhan kiwi tersebut. Beberapa studi juga pernah memperlihatkan adanya sifat anti-tumor dan penurunan sel kanker dari konsumsi buah kiwi.

9. Punya Ciri Anti-jamur dan Anti-bakteri

Kiwi hijau atau golden kiwi menunjukkan kemampuan antibiotik ketika melawan jamur dan bakteri pada beberapa studi. Reaksi tersebut khususnya ditemukan pada biji buahnya yang biasa disantap bersamaan karena ukurannya yang kecil dan banyak.

Golden kiwi menyimpan protein bernama actinchinin yang dipercaya sebagai sumber dari kemampuan anti-jamur tersebut. Ekstrak buah kiwi juga memperlihatkan kemampuan anti-bakteri melawan beberapa strain bakteri. Kapabilitas buah kiwi ini dikaitkan dengan banyaknya antioksidan di dalamnya.

10. Baik Untuk Ibu Hamil

Buah kiwi menyimpan beragam nutrisi yang diperlukan untuk menunjang kesehatan ibu hamil. Asam folat misalnya. Ia memiliki peran esensial dalam perkembangan kognitif janin. Kandungan tersebut membantu pertumbuhan otak juga sistem saraf dan mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang belum lahir. Nutrisi ini juga diperlukan untuk pembentukan dan perlindungan sel.

Vitamin C juga penting untuk pembentukan transmisi saraf yang berguna bagi fungsi otak. Makanan yang kaya akan antioksidan dapat memelihara ibu dari dampak negatif radikal bebas.

Selain itu, buah kiwi juga menyediakan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Zat besi sangat diperlukan ibu hamil karena tanpanya ibu bisa merasa mual dan kurang nafsu makan. Tercukupinya nutrisi ini juga membantu produksi energi dan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh sel tubuh.

11. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah kiwi termasuk buah yang kaya kalium. Nutrisi ini baik untuk kesehatan jantung. Beberapa studi menyatakan kalau kalium sendiri punya efek perlindungan dari penyakit jantung. Sebuah studi lain membenarkan pernyataan tersebut lewat pengujian yang dilakukan terhadap beberapa individu yang mengonsumsi banyak kalium per harinya. Dari hasil tersebut, terlihat adanya penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 49%.

Asupan kiwi juga membantu menurunkan level tekanan darah. Menyantap dua sampai tiga kiwi per hari dapat menekan aktivitas trombosit yang tidak terkontrol dan tingkat lemak plasma. Kedua faktor tersebut dapat memicu terjadinya masalah di kardiovaskular.

Dari banyaknya kandungan vitamin C, tak heran bila kiwi menjadi buah dengan ciri antioksidan yang kuat dan diperlukan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Manfaat buah kiwi lainnya juga bisa dirasakan bagi mereka yang ingin memelihara kecantikan kulitnya. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, kamu pun tak perlu khawatir bila ingin mengonsumsi buah dengan bentuk dan rasa yang menarik ini. Selain dari buah kiwi, Anda juga dapat menaga kesehatan jantung Anda dan keluarga dengan mengonsumi suplemen seperti Wellness Omega 3 (Rp745.000).

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak berbagai artikel Jovee dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, kamu juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022