fbpx
BerandaKesehatan Lainnya5 Cara Mudah Membuat Rambut Berkilau

Siapa sih, yang tidak mau punya rambut sehat berkilau? Rambut indah, sehat berkilau memang impian semua orang terutama kaum wanita. Selain perawatan rambut yang tepat, sejumlah hal berikut juga bisa menjaga kesehatan rambutmu, lho! Ingin tau apa saja? Yuk, simak sejumlah cara membuat rambut berkilau di bawah ini!

cara-membuat-rambut-berkilau

1. Gunakan minyak zaitun

cara-membuat-rambut-berkilau

Tak hanya untuk memasak, minyak zaitun juga bisa jadi cara membuat rambut berkilau yang kamu inginkan. Penelitian tahun 2015 menyatakan bahwa minyak berperan besar dalam melindungi rambut dari kerusakan. Karena, sejumlah jenis minyak dapat menahan jumlah air yang diserap rambut. Sehingga, stres rambut dapat berkurang.

Minyak zaitun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan rambut seperti, melembabkan, melindungi rambut dari paparan matahari, melindungi rambut dari infeksi jamur, serta berperan sebagai antioksidan.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Oleskan minyak zaitun ke rambut dan kulit rambut, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat hingga bersih. Lanjutkan dengan menggunakan sampo dan conditioner.

Meski dinilai bermanfaat, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek minyak zaitun dalam mencegah kerusakan rambut. Selain itu, cara membuat rambut berkilau ini mungkin lebih cocok bagi pemilik rambut kering dan kusam.

2. Cuci rambut dengan rutin

cara-membuat-rambut-berkilau

Menetapkan jadwal untuk mencuci rambut perlu disesuaikan dengan jenis rambutmu. Karena, terlalu sering atau jarang mencuci rambut dapat mempengaruhi kilau rambutmu, lho.

Menurut para ahli, hanya sebagian kecil orang yang perlu mencuci rambut setiap hari. Di antaranya adalah mereka yang banyak melakukan aktivitas berat (lebih banyak berkeringat), tinggal di tempat yang lembab, dan mereka yang punya rambut yang sangat halus.

Carolyn Goh, MD, asisten profesor klinis kedokteran di David Geffen School of Medicine di UCLA, dilansir dari WebMD juga menyarankan mereka yang punya tipe rambut berminyak untuk cuci rambut setiap hari.

“Jika kamu punya kulit rambut berminyak, maka mencuci rambut setiap hari diperlukan,” jelasnya. Intinya, semakin tebal rambutmu dan semakin sedikit minyak rambut yang dihasilkan, maka kamu tidak perlu terlalu sering mencuci rambut.

Normalnya, kamu perlu mencuci rambut setiap 2 – 3 hari sekali. Tidak ada jadwal rekomendasi khusus, karena kondisi rambut dan kulit kepala setiap orang berbeda-beda.

3. Pilih produk perawatan rambut yang tepat

Pilihlah sampo, conditioner, dan produk perawatan rambut lainnya sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Dengan produk yang sesuai, rambut akan jadi lebih sehat dan berkilau. Sayangnya, masih banyak nih Jovians yang suka bingung produk perawatan rambut mana yang cocok dengan kebutuhan.

Sebelum memilih, kamu perlu tahu tipe kulit kepala dan rambutmu. Apakah berminyak? Kering? Berketombe? Atau mudah lepek? Dengan mengetahui jenis kulit kepala dan rambut, pemilihan produk yang tepat akan jadi lebih mudah.

Sebagai referensi, berikut hal-hal yang bisa kamu perhatikan sebelum membeli:

Kulit kepala berminyak

Hindari sampo dengan klaim ‘hydrating’, ‘moisturizing’, atau ‘smoothing’. Karena, kandungannya akan menambah jumlah minyak di rambutmu. Sebaiknya pilih produk dengan klaim ‘volumizing’, ‘strengthening’, atau ‘balancing’. Karena, sampo yang ditujukan untuk kulit kepala berminyak dibuat untuk mengoptimalkan pembersihan minyak pada kulit kepala dan rambut.

Kulit kepala kering

Kebalikan dari kulit kepala berminyak, hindari produk yang memiliki klaim menguatkan atau menambah volume. Sebaiknya carilah produk yang melembutkan, menjaga kelembapan, dan menghidrasi kulit kepala.

Sampo yang digunakan untuk tipe rambut ini umumnya akan membersihkan dan menjaga kelembapan rambut. Produk sampo umumnya mengandung Laureth sulfates serta oil soluble silicone.

Jenis rambut

Untuk rambut tebal atau keriting, pilihlah produk yang menghaluskan dan melembabkan. Jika kamu punya rambut tipis dan lurus, bisa pilih produk yang dapat memberi volume lebih pada rambut.

Baca juga:Suplemen Rambut, Apa Manfaatnya?

4. Konsumsi makanan sehat

Tahukah kamu bahwa ada sejumlah makanan yang bisa buat rambutmu berkilau sehat? Makanan kaya akan minyak ikan ternyata sangat bagus untuk rambut yang sehat, lho! Minyak ikan kaya akan omega 3, yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Selain minyak ikan, zat besi juga berperan dalam kesehatan rambutmu. Defisiensi zat besi bisa menyebabkan rambut rontok.

Berikut sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk dapatkan rambut sehat berkilau.

  • Ikan salmon
  • Kacang-kacangan
  • Kerang laut
  • Kedelai
  • Daging merah
  • Tahu

Selain membuat rambutmu jadi lebih sehat, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang juga dapat memelihara kesehatan tubuh. Apabila dipadukan dengan pola hidup sehat, kamu bisa dapatkan tampilan rambut, kulit, dan tubuh yang sehat sekaligus, lho!

5. Masker rambut

Siapa bilang perawatan rambut harus mahal? Memanfaatkan bahan-bahan di rumah sebagai masker rambut juga bisa jadi cara mudah membuat rambut berkilau. Mulai dari masker putih telur sampai masker alpukat, ini sejumlah masker rambut yang bisa kamu coba di rumah.

Putih telur

Kaya akan vitamin A, vitamin D, dan vitamin E, kandungan dalam putih telur ini dapat memperbaiki tekstur rambut dan menjaga kilau sehatnya. Campurkan sebutir telur dengan madu dan minyak zaitun, lalu oleskan secara merata ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci bersih dengan air dingin

Alpukat

Punya rasa yang enak, kamu juga bisa memanfaatkan alpukat sebagai masker rambut. Alpukat memberikan manfaat untuk meningkatkan kelembapan, memperbaiki, dan memperkuat rambut.

Campurkan buah alpukat dengan minyak almond, lalu ratakan di kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air dan sampo. Lakukan rutin 2 kali seminggu untuk dapatkan hasil yang optimal.

Baca juga: 5 Vitamin untuk Rambut Sehat, Masih Perlukah Suplemen?

Yogurt

Yogurt merupakan bahan dapur lain yang bermanfaat untuk rambutmu. Campurkan 2 sendok makan yogurt dengan madu, bila perlu tambahkan sedikit perasan jeruk lemon. Ratakan di kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama 20 menit. Bilas hingga bersih dengan air dan sampo.

Itulah 5 cara membuat rambut berkilau sehat yang bisa kamu coba di rumah. Kamu juga bisa jaga kesehatan rambut dengan konsumsi suplemen kesehatan rambut, seperti Blackmores Evening Primrose Oil & Fish Oil (Rp347.998). Mengandung minyak ikan dan ekstrak evening primrose oil, yang bantu jaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Simak informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-agar-cepat-haid-saat-telat

Telat Haid? Coba 5 Cara Agar Cepat Haid Saat Telat Ini

Kesehatan Lainnya   09/08/2022
penyebab-jerawat-di-jidat

5 Penyebab Jerawat di Jidat dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   08/08/2022
jamur-di-selangkangan

Selangkangan Gatal? Hati-hati Infeksi Jamur Ini

Kesehatan Lainnya   04/08/2022
kanker-tenggorokan

Kanker Tenggorokan: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   03/08/2022

Wanita Wajib Tahu, Ini Dia Urutan Cara Make-up Natural

Kesehatan Lainnya   02/08/2022