fbpx
BerandaVitamin & SuplemenDaftar Makanan Bergizi dengan Sumber Nutrisi Vitamin Lengkap

Setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, makanan bergizi dapat menurunkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, obesitas, dan kanker. Sebenarnya, tuntutan untuk mengonsumsi makanan bergizi tidaklah sulit karena selain banyak ragamnya, ketersediaannya melimpah di sekitar kita. Berikut ini adalah daftar makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi.

sumber_nutrisi_vitamin

Sayuran Hijau

Tidak diragukan lagi jika sayuran hijau merupakan sumber utama nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan berbagai mineral yang diperlukan tubuh. Mulai dari magnesium, kalsium, zat besi, folat, hingga kalium tersedia dan sangat baik bagi kesehatan.

Tidak hanya itu, sayuran hijau kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Berbagai pilihan sayuran hijau yang dapat Anda konsumsi seperti sawi hijau, brokoli, kangkung, selada, serta bayam.

Buah-buahan

Selain sayur, buah-buahan juga tidak kalah penting untuk dikonsumsi. Hal ini karena buah merupakan sumber nutrisi vitamin yang banyak dan diperlukan tubuh. Berikut ini adalah contoh pilihan buah beserta kandungan nutrisinya.

  • Apel memiliki kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi
  • Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi
  • Pisang kaya akan kalium
  • Alpukat memiliki kandungan lemak sehat, kalium, dan vitamin C yang tinggi
  • Beri-berian memiliki kalori yang rendah, kaya akan antioksidan dan serat.

Daging dan Telur

Daging termasuk sumber nutrisi sehat, terutama daging sapi tanpa lemak. Jenis makanan ini mengandung protein dan zat besi paling tinggi jika dibandingkan dengan daging lainnya. Begitu pula dengan telur yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan antioksidan.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kelompok kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah, kacang mete, kacang almond, biji labu, hingga wijen mengandung nutrisi lengkap. Tidak hanya tinggi akan protein dan serat, kelompok makanan ini juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin E dan magnesium.

Ikan dan Makanan Laut

Daftar makanan bergizi lainnya yaitu ikan dan makanan laut. Kelompok makanan ini kaya akan asam lemak omega 3 dan yodium yang baik untuk pertumbuhan anak. Bahkan, penelitian pun menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi makanan laut cenderung panjang umur dan berisiko rendah terkena berbagai penyakit, termasuk jantung.

Susu

Susu memang sumber nutrisi lengkap dengan komposisi vitamin, mineral, protein hewani, dan lemak sehat. Tidak hanya itu, susu juga salah satu sumber kalsium terbaik yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Untuk mendapatkan nutrisi dari susu, Anda dapat mengonsumsinya langsung atau dari produk olahannya seperti keju dan yoghurt.

Tubuh memerlukan berbagai nutrisi di atas supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Akan tetapi, makanan yang mengandung vitamin A, B, C, D, E, K tidak hanya diperoleh dari satu macam. Anda perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk mendapatkan asupan nutrisi lengkap dan seimbang. Nah, biar kebutuhan vitamin Anda tercukupi, perhatikan beberapa contoh makanan sesuai kandungan vitamin A, B, C, D, E, K berikut ini.

Vitamin A

Peran vitamin A sangat penting untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan gigi, tulang, jaringan lunak tubuh, serta kulit. Sumber vitamin A dapat diperoleh dari ubi jalar, wortel, bayam hijau, blewah, aprikot, buah labu, dan paprika.

Vitamin B

Ada delapan jenis vitamin B mulai dari vitamin B1 hingga B12. Peran vitamin ini sangat penting untuk membantu kinerja saraf, mencegah anemia, dan melancarkan metabolisme. Sumber nutrisi vitamin B dapat diperoleh dari seafood, telur, ikan, hingga produk susu. Sementara, makanan dengan kandungan utama asam folat terdapat dalam sayuran hijau, daging unggas, hingga jus jeruk.

Vitamin C

Asam askorbat atau lebih sering disebut vitamin C merupakan jenis antioksidan yang ampuh untuk melindungi sel-sel tubuh. Peran vitamin C juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan gigi, gusi, menyembuhkan luka, dan mencegah infeksi. Berbagai sumber nutrisi vitamin C dapat diperoleh dari jeruk, pepaya, stroberi, paprika, kol, sayuran hijau, dan brokoli.

Vitamin D

Inilah jenis vitamin yang paling unik. Pasalnya, Anda dapat memperoleh asupan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari pada jam-jam tertentu. Manfaat vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, kekebalan tubuh, dan penyerapan kalsium. Jika Anda jarang beraktivitas di luar ruangan, asupan vitamin D dapat diganti dengan mengonsumsi ikan salmon, ikan herring, lele, tiram, susu, telur, dan jamur shitake.

Vitamin E

Seperti halnya vitamin C, vitamin E juga bersifat antioksidan. Vitamin E juga membantu memperbaiki sel otot dan mengurangi risiko kanker. Sumber nutrisi ini dapat diperoleh dari biji bunga matahari, asparagus, bayam, almond, dan paprika.

Vitamin K

Fungsi vitamin K sangat penting untuk proses pembekuan darah. Jenis vitamin ini larut dalam lemak ini juga membantu menjaga kepadatan tulang orang tua. Anda dapat mendapatkan nutrisi ini dari bayam, kol, lobak hijau, brokoli,  kubis, dan sawi.

Beberapa makanan memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Contohnya ialah beberapa jenis sayuran mengandung vitamin A, B, dan C serta mineral lain seperti kalium, kalsium, dan magnesium serta karbohidrat. Tidak hanya itu, beberapa daging selain memiliki protein dan lemak, juga mengandung vitamin B, zat besi, serta vitamin D.” tambah Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee.

Apabila kebutuhan vitamin dari makanan masih belum terpenuhi, Anda dapat menggantinya dengan produk suplemen vitamin dari Jovee sepert Blackmores Multivitamins + Minerals (Rp153.637) untuk daya tahan tubuh.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Akibat_Kekurangan_Vitamin _K

Apa Akibat Kekurangan Vitamin K?

Uncategorized   20/09/2021
Kelebihan_Vitamin_C

Dampak Kelebihan Vitamin C

Vitamin & Suplemen   17/09/2021
Akibat_Kekurangan_Vitamin_E

Kenali Gejala Kekurangan Vitamin E Pada Tubuh

Vitamin & Suplemen   16/09/2021
Akibat_Kekurangan_Vitamin_D

Kenali Ciri Kekurangan Vitamin D Pada Tubuh

Vitamin & Suplemen   16/09/2021
Selkom C

Selkom C: Manfaat, Efek Samping, Dan Dosis Penggunaan

Vitamin & Suplemen   14/09/2021