fbpx
BerandaMakanan SehatJahe untuk Ibu Hamil, Ketahui Manfaat dan Risikonya

Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman herbal yang umum dikonsumsi untuk mengatasi rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Sejak dulu, tanaman rimpang satu ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu makanan, melainkan juga untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

manfaat-jahe-untuk-ibu-hamil

Bahkan, untuk ibu hamil. Tapi, penggunaan jahe untuk ibu hamil sebenarnya harus dibatasi. Karenanya, sebelum mengonsumsinya, ketahui dulu kandungan nutrisi dan manfaat jahe untuk ibu hamil, serta risiko yang dapat terjadi jika konsumsinya terlalu banyak.

Kandungan dan khasiat jahe bagi kesehatan secara umum

Jahe mengandung lebih dari 400 senyawa aktif. Akan tetapi, para ahli percaya bahwa mayoritas manfaat yang diberikan oleh akar jahe berasal dari senyawa gingerol. Zat ini juga yang memberikan bau serta rasa pedas khas pada jahe.

Di dalam satu sendok makan rempah jahe, terdapat:

  • 4,8 kalori
  • 1,07 gram (g) karbohidrat
  • 0,12 g serat
  • 0,11 g protein
  • 0,05 g lemak
  • 0,1 g gula total

Ada pula berbagai vitamin dan mineral yang terkandung pada jahe, termasuk:

Khasiat jahe terhadap kesehatan tubuh

Gingerol adalah antioksidan kuat sekaligus zat yang bersifat antiinflamasi. Tidaklah heran jika jahe dielu-elukan sebagai makanan super yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat jahe tersebut meliputi:

  1. Mengatasi masalah pencernaan. Senyawa kimia di dalamnya dikatakan mampu melancarkan pencernaan dan meredakan sakit perut.
  2. Meredakan peradangan. Karena gingerol bersifat antiinflamasi, jahe seringkali dikonsumsi untuk mengurangi peradangan serta mengatasi nyeri pada penyakit rematik dan osteoarthritis. Jahe diduga menghambat zat yang berperan dalam respons inflamasi seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.
  3. Mencegah dan membantu penyembuhan flu. Kandungan gingerol memiliki efek menghangatkan, dan bersama shogaol diyakini mampu mengatasi gejala flu. Kedua senyawa tersebut dapat menurunkan suhu tubuh ketika demam, mengurangi nyeri, serta menyembuhkan batuk. Konsumsi air jahe pun akan memicu pengeluaran keringat serta racun dari dalam tubuh.
  4. Menurunkan berat badan. Konsumsi jahe diklaim sebagai salah satu cara alami untuk menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda merasa kenyang dan menekan nafsu makan.

Selain itu, jahe juga sering dikonsumsi untuk membantu menangani beberapa kondisi berikut ini:

  • Penyakit asam lambung
  • Irritable bowel syndrome (IBS)
  • Radang sendi
  • Kram menstruasi
  • Diabetes

Namun, efektivitas jahe untuk mengatasi kondisi-kondisi tersebut belum sepenuhnya bisa dibuktikan dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca juga:

Manfaat Jahe untuk Menurunkan Berat Badan, Mitos Atau Fakta?

Ajaib! Ini 7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat jahe untuk ibu hamil

bolehkah-ibu-hamil-minum-air-jahe

Sejak berabad-abad lamanya, jahe kerap dikenal sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi beragam keluhan kesehatan. Salah satu manfaat jahe untuk ibu hamil yang terbukti efektif adalah mengatasi mual dan muntah terutama di awal kehamilan.

Khasiat jahe diyakini berasal dari senyawa alami bernama gingerol dan shogaol. Kedua senyawa ini terbukti dapat mempercepat pengosongan lambung sehingga bisa meredakan keluhan mual dan muntah pada ibu hamil.

Sebagian besar ahli mengatakan bahwa dosis aman jahe untuk mengatasi mual dan muntah adalah sekitar 1.000–1.500 mg per hari. Dosis lebih dari itu justru dinilai tidak efektif dan berisiko menimbulkan efek samping.

Jahe adalah salah satu herba yang paling menyehatkan, sebab zat gizi dan senyawa aktif di dalamnya memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan. Selain itu, jahe juga relatif aman dikonsumsi semua orang, termasuk ibu hamil dengan segala keluhannya.

Secara umum, berikut manfaat yang akan diperoleh ibu hamil dari mengonsumsi jahe:

1. Meredakan gejala mual dan muntah

Morning sickness merupakan salah satu keluhan umum pada ibu hamil, terutama pada trimester awal kehamilan. Kondisi ini ditandai dengan mual dan muntah yang kadang bertambah parah akibat bau, makanan tertentu, ataupun cuaca panas.

Jahe mengandung dua zat aktif gingerol dan shogaol. Keduanya bekerja pada reseptor sistem pencernaan dan membantu mempercepat pengosongan lambung. Hasilnya, rasa mual akan berangsur-angsur menghilang.

Penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa pemberian suplemen jahe sebanyak 1,1 sampai 1,5 gram untuk ibu hamil ternyata dapat mengurangi mual secara drastis. Sayangnya, peneliti tidak menyebutkan efeknya pada gejala muntah.

Ibu hamil bisa mengonsumsi jahe dengan cara merebusnya dengan air dan mencampurkannya dengan teh. Anda pun dapat membuat wedang jahe sendiri.

Konsumsi yang disarankan adalah ≤ 3 gram atau 3 sendok teh sehari untuk mencegah timbulnya nyeri dan perih di ulu hati. Meski begitu, ada beberapa bumil yang justru merasa lebih mual saat meminum jahe.

2. Mengembalikan nafsu makan

Gejala mual saat hamil membuat beberapa wanita sampai tidak sanggup menelan makanan. Manfaat wedang jahe untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengembalikan nafsu makan dengan menghilangkan rasa mual tersebut. Saat rasa mual sudah berangsur-angsur hilang, nafsu makan pun bisa kembali.

3. Meredakan nyeri otot dan perut

Lonjakan hormon dan berbagai perubahan yang terjadi dalam tubuhnya membuat ibu hamil sering mengeluhkan nyeri otot. Selain nyeri, Anda mungkin juga mengalami kram paha dan bokong selama masa kehamilan ini. Meskipun wajar terjadi, nyeri ini tentu membuat Anda jadi tidak nyaman.

Minuman jahe dapat membantu meredakan keluhan nyeri otot Anda. Manfaat jahe untuk ibu hamil tersebut terjadi karena mengandung senyawa antiinflamasi yang bisa mengurangi sakit perut selama masa kehamilan.

4. Membantu mengatasi dan melancarkan pencernaan

Naiknya asam lambung, perut kembung, dan munculnya rasa terbakar di dada (heartburn) merupakan beberapa masalah pencernaan yang rentan muncul yang pada sebagian besar ibu hamil. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kadar hormon yang naik-turun atau kepala janin yang menekan perut ibu.

Senyawa gingerol dan shogaol pada jahe membantu melancarkan pencernaan dalam lambung dengan membuat makanan bergerak lebih cepat ke saluran cerna berikutnya. Dengan begitu, lambung akan lebih cepat kosong sehingga kemungkinan asam lambung naik menuju kerongkongan jadi lebih kecil. Jahe juga bisa dikonsumsi untuk meredakan perut kembung ibu hamil.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selama mengandung, sistem imun seorang wanita cenderung melemah dan berisiko terinfeksi penyakit seperti flu dan pilek. Karena memiliki zat aktif yang bersifat antimikroba, jahe diyakini mampu memelihara dan menguatkan daya tahan tubuh Anda.

Tanaman jahe pun turut dikonsumsi ibu hamil untuk membantu:

  • Menjaga kadar kolesterol
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Memberikan suplai darah ke tubuh bayi dengan melancarkan aliran darah sang ibu
  • Mencegah risiko flu dan pilek
  • Memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan dengan menstimulasi produksi enzim lambung dan pankreas

Efek samping jahe untuk ibu hamil

Berbeda dengan obat-obatan, tidak ada anjuran dosis yang pasti untuk jahe. Namun, para ahli menyarankan agar ibu hamil tidak mengonsumsi lebih dari 1 gram jahe per harinya.

Jumlah tersebut setara dengan empat cangkir (950 ml) teh jahe instan atau sekitar 1 sendok teh jahe parut (5 gram) yang dicampurkan dengan air.

Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa pemberian jahe untuk ibu hamil meningkatkan risiko bayi lahir prematur, keguguran, atau komplikasi lainnya. Tetapi, mengonsumsi jahe menjelang waktu persalinan dikhawatirkan akan meningkatkan risiko perdarahan.

Berdasarkan penelitian, konsumsi jahe secara berlebihan juga dapat memicu sejumlah efek samping, antara lain:

  • Dakit kepala dan pusing
  • Rasa tidak nyaman atau terbakar pada perut dan dada (heartburn)
  • Mengantuk dan lesu
  • Diare
  • Iritasi mulut

Jika Anda ingin mengonsumsi jahe selama kehamilan, sebaiknya pilihlah dari sumber yang lebih ‘aman’ seperti tanaman jahe segar. Anda bisa mengolahnya sebagai bumbu masakan dan teh ataupun wedang jahe.

Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum Anda memutuskan mengonsumsi suplemen jahe. Pasalnya, dosis suplemen biasanya besar sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tips menggunakan dan mengolah jahe untuk ibu hamil

Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk tanaman aslinya, suplemen, ataupun permen. Gunakan jahe segar atau tanaman yang sudah dikeringkan bila Anda ingin membuat teh. Parut jahe sebanyak 1 sendok teh atau sekitar 5 gram dan rebus bersama teh.

Guna menyeimbangkan rasa pedas jahe, Anda bisa menyesuaikan jumlah airnya. Tambahkan daun mint atau kayu manis sebagai perasa teh jahe. Minumlah teh jahe perlahan-lahan dan jangan terburu-buru supaya Anda tidak mual.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Teh?

Tidak hanya teh dan wedang jahe, Anda pun dapat:

  • Membuat air rebusan jahe. Campurkan 1 sendok teh jahe yang diparut dengan air hangat dan diamkan selama 5 menit sebelum meminumnya.
  • Menambahkan jahe ke dalam sup sayuran.
  • Menggunakan jahe sebagai bumbu dan pengganti garam, misalnya pada ikan salmon panggang.

Bungkus jahe dengan plastik dan masukkan ke dalam kulkas supaya jahe tahan lama.

Jahe memang terbukti efektif dapat mengurangi mual pada ibu hamil. Namun, Anda tetap harus mengonsumsi secukupnya sesuai kebutuhan. Bila Anda sedang hamil dan ingin mengonsumsi jahe, sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter.

Selain dengan mengonsumsi jahe, Anda juga tetap dapat menjaga kesehatan selama kehamilan dengan konsumsi suplemen kesehatan seperti Blackmores Pregnancy I-Folic 500 µg – 150 tablet – Vitamin Ibu Hamil (Rp 171.208).

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-self-talk

Manfaat Positive Self Talk bagi Kesehatan Mental

Gaya Hidup Sehat   22/07/2022
cabin-fever-adalah

Mengenal Cabin Fever dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup Sehat   18/07/2022
perbedaan-stres-dan-depresi

Stres dan Depresi, Apa Perbedaanya?

Uncategorized   13/07/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
chinese-restaurant-syndrome

Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu?

Gaya Hidup Sehat   14/06/2022