fbpx

Cara Menjaga Kepadatan dan Kekuatan Tulang

by | Sep 17, 2020 | Gaya Hidup Sehat, Vitamin & Suplemen | 0 comments

Tulang adalah salah satu bagian tubuh penting yang terbentuk dari sel tulang, saraf, pembuluh darah dan ada sumsum tulang. Namun tahukah Anda? Ternyata tulang selalu melakukan penghancuran dan kemudian akan membentuk kembali jaringannya sendiri yang telah dihancurkan tersebut. Bila kepadatan tulang mencukupi, tulang pun akan tetap kuat dan tidak mudah patah. 

Hanya saja ada beberapa hal, yang dapat membuat kepadatan tulang bisa berkurang dengan drastis. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka Anda pun dapat terkena penyakit tulang, yaitu osteoporosis atau yang biasa dikenal dengan pengeroposan tulang. Osteoporosis adalah kondisi medis yang membuat tulang menjadi lemah dan riskan untuk patah. 

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang sering terjadi pada orang tua. Hal ini terjadi saat kepadatan tulang normal tidak tercapai. Jika osteoporosis ini terjadi, maka bisa mengganggu aktivitas Anda setiap harinya.

 

Tips Cegah Osteoporosis dan Menjaga Kepadatan Tulang

Ada banyak hal yang dapat memengaruhi kepadatan tulang manusia. Maka dari itu, Anda pun diwajibkan untuk selalu menjaga kepadatan tulang Anda agar tidak terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk menjaga kepadatan tulang dan tentunya cara itu mudah untuk Anda lakukan kapan saja.

 

1. Olahraga

Cara pertama adalah dengan rutin melakukan olahraga. Aktivitas fisik seperti olahraga dapat sangat berpengaruh pada kesehatan tulang Anda. Bahkan,olahraga ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang. Pasalnya, jika Anda sering melakukan olahraga yang gerakannya menekan tulang, maka dapat membuat tulang Anda menjadi semakin kuat. 

Ada beberapa contoh olahraga yang dapat Anda coba lakukan seperti jogging, senam aerobik, lompat tali dan juga tennis. Selain dengan olahraga tersebut, olahraga yang melatih kekuatan otot pun juga dapat meningkatkan kepadatan tulang Anda. Contoh dari olahraga yang melatih kekuatan otot itu adalah angkat beban yang dapat Anda lakukan di rumah atau di gym.

 

2. Penuhi kebutuhan nutrisinya

Mencukupi kebutuhan asupan protein dan kalsium juga wajib Anda perhatikan dengan baik karena keduanya adalah komponen yang penting untuk membentuk tulang. Kalsium sendiri merupakan salah satu jenis mineral utama pada tulang yang dapat membuat tulang menjadi lebih kuat dan padat. Sehingga, asupan kalsium pun harus selalu terpenuhi setiap harinya. 

Kelvin Halim, nutrisionis Jovee, mengatakan, “Mencegah osteoporosis di usia tua dapat dilakukan dengan konsumsi asupan kalsium yang cukup di usia dini. Asupan kalsium harus dipenuhi maksimal pada usia anak-anak hingga remaja. Hal ini dikarenakan kepadatan tulang manusia mengalami puncaknya pada usia 18-22 tahun, sehingga bila tidak maksimal, akan berisiko osteoporosis dini di usia tua,”

Asupan protein pun juga dapat menjadi faktor tulang yang padat. Jika protein dalam tubuh Anda rendah, maka dapat mengurangi penyerapan kalsium dan berakibat pada menurunnya tingkat kepadatan tulang. Ada beberapa bahan makanan dan minuman yang dapat Anda konsumsi seperti dari telur, daging merah dan juga produk olahan susu yang tinggi protein dan kalsium.

 

Nutrisi Baik untuk Tulang Sehat

1. Vitamin

Vitamin D dan vitamin K juga merupakan dua jenis asupan yang wajib untuk tulang Anda. Kedua jenis vitamin ini sangat diperlukan untuk membentuk tulang yang makin kuat. Vitamin D sendiri berperan aktif dalam menjaga kesehatan tulang Anda terutama untuk membantu penyerapan kalsium yang Anda konsumsi. 

“Untuk tulang yang padat dan kuat, perbanyak asupan makanan tinggi protein, kalsium, zinc, dan vitamin D. Makanan seperti susu, kacang-kacangan, dan ikan sangat baik untuk memenuhi protein dan kalsium.” tambah Kelvin.

Anda pun bisa mendapatkan vitamin D ini dari sinar matahari terutama saat pagi hari sebagai sumber utama. Maka dari itu, Anda pun dianjurkan untuk selalu memenuhi asupan vitamin D ini dengan cara beraktivitas di luar ruangan saat pagi agar mendapat sinar matahari yang cukup. Hal ini pun juga sangat baik dilakukan untuk anak Anda yang masih sedang dalam pertumbuhan.

Untuk vitamin K sendiri, dibutuhkan oleh tulang untuk membantu dalam pembentukan tulang Anda. Terlebih lagi, asupan vitamin K yang cukup dapat membantu mencegah hilangnya kalsium dalam tulang yang bisa berakibat pada munculnya osteoporosis. Vitamin K ini bisa Anda dapatkan melalui berbagai macam sayur dan juga buah-buahan.

 

2. Mineral

Tak hanya asupan kalsium dan vitamin saja yang juga dibutuhkan untuk memadatkan tulang. Tapi mineral magnesium dan zinc juga wajib untuk Anda konsumsi. Magnesium sendiri berperan aktif dalam mengubah vitamin D yang didapat, menjadi senyawa aktif yang nantinya akan meningkatkan penyerapan kalsium untuk tulang Anda. 

Sedangkan untuk zinc, berperan aktif dalam menunjang pembentukan sel-sel tulang agar menjadi kuat dan padat. Makanan yang merupakan sumber magnesium bisa Anda dapatkan dari sayur hijau, kacang-kacangan, ikan dan buah-buahan. Sedangkan untuk makanan yang memiliki sumber zinc tinggi adalah daging sapi, udang, bayam dan juga tiram.

 

3. Asam lemak omega 3

Mengonsumsi makanan yang memiliki sumber omega 3 tinggi juga patut Anda perhatikan. Pasalnya, asam lemak omega 3 ini dapat membantu untuk menjaga kepadatan tulang Anda. Asam lemak omega 3 nantinya akan membantu melindungi tulang dari kerusakan selama proses penuaan yang terus berjalan karena bertambahnya usia. 

Anda pun bisa mendapatkan asupan asam lemak omega 3 ini dari berbagai sumber makanan. Sumber makanan itu baik dari hewani maupun juga nabati. Namun, ikan menjad rekomendasi terbaik jika Anda ingin mendapatkan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang lebih kompleks jika dibanding makanan lain.

Dengan Anda mengikuti tips ini, dijamin Anda pun dapat menjaga kesehatan tulang sekaligus kepadatan tulang. Osteoporosis pun juga tak akan menghampiri Anda jika rutin melakukan berbagai upaya pencegahan tersebut.

Baca lebih banyak tips dan trik seputar kesehatan disini. Lihat juga aplikasi Jovee untuk memulai gaya hidup sehatmu. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Brands