fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Buah Strawberry Sesuai Nutrisi yang Dimilikinya

Ada banyak keistimewaan kandungan buah strawberry yang menjadikannya baik untuk kesehatan kita. Di antaranya adalah vitamin C yang terbilang tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Namun, apakah kamu sudah tahu kandungan lainnya serta manfaat buah strawberry itu sendiri?

Kandungan Nutrisi Buah Strawberry

Buah strawberry terkenal akan kandungan vitamin C yang bisa disetarakan dengan buah jeruk. Bahkan, beberapa suapan buah ini sudah dapat memenuhi kebutuhan harian dari vitamin tersebut. Namun, buah strawberry tidak sebatas soal vitamin C. Ada banyak nutrisi lain yang bisa dipetik dari buah mungil dengan rasa asam manis ini.

Dilansir dari NutritionData, penyajian 100 gram buah strawberry mengandung beberapa nutrisi berikut:

  • Energi: 48,6 kalori
  • Serat: 3 gram
  • Karbohidrat: 11,7 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Vitamin C: 149% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Folat: 9% dari AKG
  • Mangan: 29% dari AKG
  • Kalium: 7% dari AKG
  • Magnesium: 5% dari AKG

Berbagai Kandungan dan Manfaat Buah Strawberry

1. Vitamin C

Banyaknya vitamin C di dalam buah strawberry secara langsung membuatnya jadi buah dengan ciri antioksidan yang besar. Antioksidan diperlukan untuk memberantas radikal bebas dan zat kimia serta polutan berbahaya lainnya.

Karena itulah vitamin C dikenal pula dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Terlepas dari peran antioksidannya, nutrisi ini punya andil dalam pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan semua jaringan tubuh. Vitamin C juga membantu beberapa proses dalam tubuh. Termasuk diantaranya pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, pemulihan luka, serta pemeliharaan tulang rawan, tulang, dan gigi.

Dengan melimpahnya vitamin C, yang bahkan dapat melengkapi kebutuhan harian hanya dalam takaran yang tak banyak, membuat strawberry jadi buah yang bagus untuk menghindari kekurangan vitamin C. Meski kasusnya jarang, defisit vitamin C bisa membuat seseorang mengalami kelemahan, anemia, memar, pendarahan, hingga gigi copot.

Selain strawberry, kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin C seperti The Right C 300MG – Daya Tahan Tubuh – 30 Kaplet (Rp92.820) untuk menghindari terjadinya defisiensi vitamin C bagi tubuh.

2. Antioksidan

Selain vitamin C, strawberry dilengkapi dengan banyak sumber antioksidan lainnya. Asam ellagic merupakan contoh antioksidan yang terdapat di buah strawberry. Jumlah asam ini sangat banyak berkat keberadaan ellagitannin di buah strawberry yang diubah menjadi asam ellagic. Ada pula procyanidins yang terletak di daging serta biji di bagian luar kulit strawberry.

Melansir laman Harvard School of Public Health, antioksidan baru mendapat sorotan pada awal 90an. Pada saat itu, banyak ilmuwan yang baru menyadari kalau kerusakan akibat radikal bebas berperan dalam tahap awal dari aterosklerosis yang menyumbat arteri. Gejala tersebut memiliki keterkaitan dengan kanker, hilang penglihatan, dan kondisi kronis lainnya.

Meski kegunaan antioksidan bisa diperoleh lewat suplemen dan makanan fortifikasi lainnya, mereka tidak bisa memaksimalkan potensi antioksidan dalam melawan radikal bebas. Hal ini berbeda pada strawberry dan buah dengan antioksidan lainnya.

Hal ini diyakini oleh kemampuan antioksidan yang baru bisa dikeluarkan bila dikombinasikan dengan nutrisi, zat kimia tumbuhan, dan juga sumber antioksidan lainnya. Strawberry pun dikenal punya zat kimia tumbuhan polifenol yang juga memiliki sifat antioksidan untuk melawan penyakit. Dan jangan lupa kalau masih banyak senyawa antioksidan lain di buah strawberry.

3. Kalium

Kalium merupakan penyumbang manfaat buah strawberry yang besar karena kemampuannya dalam memelihara fungsi semua sel di dalam tubuh. Mineral ini dapat mengatur detak jantung, memastikan kinerja otot dan saraf, serta penting dalam sintesis protein dan metabolisme karbohidrat.

Menu makan yang memerhatikan kecukupan kalium dapat menjaga keseimbangan tekanan darah. Asupan kalium yang mencukupi juga akan menjauhkan tubuh dari risiko stroke. Sebuah studi menyebutkan kalau kelompok orang yang diberi takaran kalium yang tinggi mengalami kemungkinan stroke hanya di angka 38% persen.

4. Folat

Folat merupakan nama lain dari vitamin B9 yang menawarkan banyak manfaat, khususnya untuk ibu hamil. Khasiat ini pernah ditunjukkan pada beberapa studi yang menyimpulkan kalau konsumsi folat bahkan sebelum masa kehamilan dapat mencegah cacat tabung saraf. Kelainan ini menyerang otak dan sumsum tulang belakang janin yang masih belum terbentuk seutuhnya. Karenanya wanita hamil disarankan mengonsumsi folat 3 bulan sebelum kehamilan.

Nutrisi folat begitu penting untuk pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan serta fungsi sel yang sehat. Bila dikombinasikan dengan vitamin B6 dan vitamin B12, folat mampu mengontrol tingkat homosistein (jenis asam amino) yang tinggi di dalam darah. Hal ini tidak baik karena bisa memicu risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

5. Serat

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Bila karbohidrat dipecah menjadi molekul gula, serat akan langsung melewati hingga keluar dari tubuh. Fungsi serat adalah mengontrol tubuh yang menggunakan gula, menahan nafsu makan dengan menjaga perut tetap kenyang, dan memelihara kadar gula darah.

Selain perannya dalam mendukung kerja tubuh, serat juga dipercaya dapat mengurangi risiko perkembangan berbagai penyakit. Termasuk diantaranya penyakit jantung, diabetes, dan sembelit. Nutrisi ini juga dapat mencegah kanker usus meski kemungkinannya kecil.

6. Mangan

Kandungan mangan di dalam buah strawberry cukup besar, kedua setelah vitamin C. Karenanya, mineral ini jadi salah satu faktor yang menunjukkan manfaat buah strawberry itu sendiri. Konsumsi buah strawberry sebanyak 100 gram bisa memenuhi seperempat kebutuhan mangan harian.

Mangan terlibat dalam metabolisme berbagai zat di dalam tubuh. Di antaranya adalah asam amino, kolesterol, glukosa, dan karbohidrat. Ia juga punya peran dalam pembentukan tulang, pembekuan darah, dan mengurangi inflamasi.

7. Kalori yang Rendah

Kalori buah strawberry ada pada lingkup yang sedikit dan ini merupakan kabar yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Dengan rendahnya kalori pada buah strawberry, kamu bisa memperoleh berbagai nutrisi di dalamnya selagi menyeimbangkan kalori di tubuh.

Serat juga mendukung diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, strawberry mengandung serat pangan pektin yang diketahui dapat memperlambat pengosongan perut dan meningkatkan rasa kenyang.

8. Antosianin

Antosianin merupakan pigmen yang bertanggung jawab dalam memberi warna pada buah dan bunga. Dalam buah strawberry, terdapat lebih dari 25 antosianin yang juga terletak di daging buahnya.

Tak hanya memberikan warna, antosianin juga dipercaya punya potensi dalam hal kesehatan. Meliput dari Journal of Food Processing and Technology, antosianin dilaporkan dapat menekan tekanan darah, mempertajam penglihatan, menangkal lonjakan sel kanker, menghambat pembentukan tumor, serta mencegah masalah otak dan saraf.

Beberapa efek kesehatan dari antosianin dimungkinkan juga dari komponen zat lain seperti flavonoid di buah strawberry. Meskipun, pigmen ini punya sifat antioksidannya sendiri.

9. Asam Fenolik

Asam fenolik adalah jenis fitokimia yang disebut dengan polifenol. Fitokimia ini dapat dengan mudah ditemukan di beragam tumbuhan, termasuk juga biji, buah, dan daun sayuran.

Asam fenolik diserap melewati dinding saluran pencernaan. Dan, karena menyimpan kegunaan antioksidan juga, asam fenolik dapat menghadang kerusakan sel akibat radikal bebas. Zat ini juga dapat meningkatkan perlindungan terhadap inflamasi bagi tubuh kalau kamu rajin mengonsumsinya.

10. Magnesium dan Mineral Lainnya

Selain mangan dan kalium, buah strawberry juga menyimpan mineral lainnya yang sangat baik untuk memelihara kesehatan. Salah satunya adalah magnesium yang penting dalam mengontrol fungsi otot dan saraf, tekanan darah, dan gula darah. Magnesium juga membantu pembentukan protein, tulang, dan DNA.

Tubuh yang kekurangan magnesium akan mengalami kondisi kesehatan yang buruk. Seseorang bisa merasakan mati rasa, kram otot, mual, letih, dan lemah. Bahkan, jika dibiarkan, orang tersebut bisa mengalami kejang, perubahan kepribadian, dan ritme jantung yang tidak normal.

Buah strawberry juga menyediakan mineral lainnya, yaitu zat besi, tembaga, dan fosfor. Meski kadarnya sedikit, strawberry dijadikan makanan pelengkap untuk memenuhi kebutuhan akan mineral-mineral tersebut.

Dengan memahami kandungan dan manfaat buah strawberry di atas, sekarang kamu dapat memaksimalkan potensi buah tersebut dan menggabungkannya dengan makanan bergizi lainnya guna memperoleh pola makan yang sehat.

Baca juga:

Pentingnya Manganese untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Folat dan Asam Folat, Bukan Hanya untuk Ibu Hamil

10 Buah dan Sayuran yang Kaya Antioksidan

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, kamu juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022