fbpx

Vitalife C 500: Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

by | Nov 30, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Vitalife C 500 merupakan suplemen harian untuk pemenuhan vitamin C. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk kolagen. Protein kolagen ini dapat ditemukan di tulang rawan, urat daging, tulang, dan pembuluh darah.

Selain itu, vitamin C atau asam askorbat juga berperan dalam penyarapan zat besi dari makanan serta pemulihan luka. Simak artikel pembahasan di bawah ini mengetahui lebih lanjut manfaat utama yang ditawarkan Vitalife C 500.

Manfaat Vitalife C 500

Vitalife C 500 mengandung 30 kaplet vitamin C dengan takaran sebesar 500 mg. Suplemen ini memberikan beberapa keuntungan bagi kesehatan seperti berikut.

  • Membantu Memelihara Daya Tahan Tubuh

Vitamin C turut andil dalam perlindungan sistem imun dengan mendukung berbagai fungsi sel, baik pada sistem imun bawaan maupun adaptif. Selain itu, vitamin C juga mendukung fungsi perlindungan epitel (jaringan atas kulit) terhadap patogen atau parasit dan mendukung perlawanan oksidan di kulit.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan imunitas yang terganggu dan kemungkinan rentan infeksi yang lebih tinggi. Infeksi pun bisa berdampak secara signifikan pada level vitamin C dikarenakan bertambahnya peradangan dan kebutuhan metabolisme.

Meski sumber vitamin C alami memberi lebih banyak manfaat, pemberian suplemen dengan kandungan vitamin C dapat mencegah serta merawat pernafasan dan infeksi sistemik (seluruh tubuh).

Pencegahan penyakit infeksi membutuhkan konsumsi vitamin C harian dengan penyajian yang cukup. Hal ini dapat memaksimalkan tingkat sel dan jaringan. Sebaliknya, perawatan terhadap infeksi yang telah berkembang membutuhkan lebih banyak dosis vitamin untuk mengimbangi respon peradangan dan kebutuhan metabolik.

  • Menyembuhkan Luka

Fungsi utama dari vitamin C saat penyembuhan luka adalah membantu pembentukan kolagen, yang mana merupakan protein jaringan ikat. Sifat vitamin C yang larut dalam air membuatnya mudah masuk dan terbawa dalam aliran darah. Beberapa menjalankan fungsinya dan vitamin C yang berlebih akan dibuang melalui urine.

Vitamin C merupakan kofaktor bersama zat besi dalam produksi kolagen. Kedua nutrisi tersebut sangat penting dalam perbaikan dan regenerasi jaringan. Orang yang mengonsumsi suplemen zat besi akan mengalamai peningkatan penyerapan zat besi dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C di saat bersamaan.

Kekurangan vitamin C dan zat besi dapat menurunkan sintesis kolagen. Hal ini bisa berakibat pada pemulihan luka yang lambat dan rapuhnya pembuluh darah kapiler. Luka pun bisa sulit sembuh karena jaringan luka tidak terbentuk.

Kurangnya vitamin C juga dikaitkan dengan gangguan fungsi imun. Penurunan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi bisa terjadi karenanya.

  • Mencegah Demam dan Mempercepat Penyembuhan Flu

Beberapa penelitian telah menguji peran vitamin C dalam hubungannya dengan penyembuhan demam. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada Juli 2007, para peneliti mempelajari kemungkinan vitamin C dapat menurunkan frekuensi, durasi, dan tingkat keparahan demam.

Hasil dari penelitian tersebut menemukan bahwa suplemen vitamin C yang dikonsumsi setelah seseorang terkena demam tidak membuat penyakit tersebut sembuh lebih cepat atau mereda. Namun, vitamin C yang dikonsumsi setiap hari dapat mengurangi durasi demam tersebut. Orang dewasa mengalami penurunan sebesar 8 persen dan 14 persen pada anak kecil.

Dari penelitian tersebut bisa disimpulkan kalau orang dewasa yang menderita demam selama 12 hari per tahun akan mengalami demam 11 hari bila rutin mengonsumsi vitamin C. Anak kecil yang demam selama 28 hari per tahun akan mengalami penurunan waktu demam hingga 24 hari.

Dosis dan Cara Konsumsi

Dosis harian yang direkomendasikan pada anak-anak 4-8 tahun adalah 25 mg, 9-13 tahun 45 mg, 14-18 tahun 75 dan 65 mg. Dewasa pria dan wanita 19 tahun ke atas dapat mengonsumsi 90 mg dan 75 mg vitamin C harian.

Batas konsumsi bagi orang dewasa adalah 2.000 mg per hari. Kelebihan dari takaran tersebut dapat menyebabkan penyakit batu ginjal, mual, dan diare.

Konsumsi Vitalife C 500 sebanyak 1 kali sehari sudah cukup untuk pemenuhan nutrisi vitamin C. Vitalife C 500 bisa diminum secara langsung atau juga dapat dilarutkan dengan air.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat di atas dan masih banyak lainnya. Namun, Anda tetap harus mengiringi konsumsi vitamin Vitalife C 500 dengan pola makan dan gaya hidup yang teratur.

Baca juga:

Amankah Redoxon untuk Ibu Hamil?

Sidomuncul Vitamin C: Suplemen Kaya Manfaat Vitamin C

Berbagai Manfaat Hemaviton Stamina Plus

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Aplikasi Jovee tersedia di Google Play Store maupun App Store. Atau Anda dapat konsultasi dengan dokter online melalui aplikasi Lifepack.

 

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Bintang Kupu Kupu. n.d. Vitalife.

NIH. 2019. Vitamin C.

Carr A. C. dan Maggini, S. 2017. Vitamin C and Immune Function.

MedlinePlus. n.d. Systemic.

Mary E.P. 2011. Vitamin C: Do Daily Mega-Doses Accelerate Wound Healing?

Jennifer R. 2019. Vitamin C for the Common Cold.

Brands