fbpx

10 Manfaat Buah Tin: Baik Untuk Kesehatan Seksual

by | Jan 6, 2021 | Makanan Sehat | 0 comments

Ketimbang di Indonesia, buah tin lebih dianggap buah populer di kawasan Mediterania. Saking banyak orang yang mengonsumsinya, buah ini pun dijuluki sebagai “makanan orang miskin”. Buah kenyal dengan rasa manis ini menawarkan banyak keuntungan yang baik bagi kesehatan. Simak apa saja manfaat buah tin di artikel berikut ini.

Kandungan Gizi Buah Tin

Buah tin menyimpan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin dan mineral dengan vitamin B6 serta tembaga yang dominan pada buah ini. Berikut kandungan nutrisi yang tersimpan dalam 40 gram buah tin segar:

  • Energi: 30 kalori
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 1 gram
  • Vitamin B1: 2% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin B2: 2% dari AKG
  • Vitamin B6: 3% dari AKG
  • Vitamin K: 2% dari AKG
  • Tembaga: 3% dari AKG
  • Magnesium: 2% dari AKG
  • Kalium: 2% dari AKG

Berbagai Manfaat Buah Tin

1. Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Buah tin telah lama dikenal dalam penggunaan obat alternatif untuk masalah pencernaan seperti sembelit. Kemampuan buah tin dalam merawat sistem pencernaan berdasarkan kandungan serat di dalamnya. 

Buah dengan kulit berwarna ungu tersebut membantu fungsi pencernaan dengan melembutkan dan membentuk kotoran sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu, buah tin juga berperan sebagai prebiotik atau sumber makanan bagi bakteri baik yang bersarang di usus. 

Pengujian yang dilakukan pada kelompok orang dengan sindrom iritasi usus (kelainan pada usus besar) dengan gejala sembelit (IBS-C) menemukan kalau mereka yang mengonsumsi empat buah tin kering dua kali sehari mengalami penurunan yang signifikan terhadap gejala yang mengikuti, termasuk nyeri, kembung, dan sembelit. 

2. Mengobati Wasir

Buah tin kering dipercaya ampuh mengobati wasir. Potensinya terlihat dalam mengobati wasir dengan melunakkan kotoran sehingga tekanan di rektum dapat diperkecil. 

Konsumsilah buah tin kering dua kali sehari dengan merendam tiga hingga empat buahnya ke dalam air selama 12 jam. Makanlah buah tersebut di pagi dan malam hari dan air rendaman tersebut juga bisa kamu minum. Biji pada buah tin merupakan agen aktif untuk melawan wasir. 

3. Fungsi Jantung dan Pembuluh darah Menguat

Manfaat buah tin lainnya adalah mengurangi tingkat trigliserida atau lemak darah dan terlibat dalam peningkatan kesehatan jantung. Jika sudah tidak terbendung, trigliserida yang menumpuk di dalam darah bisa menyebabkan penyakit jantung. 

Buah tin juga memiliki ciri antioksidan yang dapat menghadang radikal bebas di dalam tubuh. Keberadaan radikal bebas dapat mengancam jantung. Molekul tersebut dapat menutup pembuluh arteri sehingga memicu munculnya penyakit jantung koroner. 

Buah yang tumbuh subur di iklim yang hangat ini juga menyimpan fenol serta asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat menurunkan perkembangan risiko penyakit jantung. 

4. Menumbuhkan Stamina Seksual

Berkat kandungan mineral yang merata, buah tin dianggap sebagai buah yang bagus untuk kesuburan dan sumber tambahan untuk kemampuan seksual. Magnesium merupakan salah satu mineral yang banyak terdapat di buah tin. Mineral ini dibutuhkan untuk produksi hormon seks androgen dan estrogen. 

Manfaat buah tin juga baik untuk laki-laki karena ia dapat mendukung penyembuhan berbagai tipe disfungsi seksual, seperti kemandulan, disfungsi ereksi, dan kurangnya nafsu seksual. Walau kelebihan buah tin ini membuatnya dijuluki sebagai buah kesuburan, belum ada penelitian yang dapat mengklaim temuan tersebut. 

Selain itu, buah asli India timur ini menghasilkan asam amino yang berperan dalam peningkatan produksi oksida nitrat. Senyawa ini mampu melebarkan pembuluh darah dan menyokong aliran pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk organ seksual. 

5. Sebagai Obat Tidur

Buah tin dan makanan sehat lainnya punya peran dalam mempermudah proses tidur. Di dalam buah tin yang manis ini terdapat asam amino triptofan yang membantu tubuh menghasilkan melatonin sebagai hormon alami yang mendorong seseorang untuk tertidur. 

Asam lemak omega 3 pada buah tin dapat memperbaiki kualitas tidur. Kandungan triptofannya membantu sintesis vitamin B3 di dalam tubuh. Hal ini akan mencegah defisit vitamin B3 yang membuat mood tidak stabil dan gelisah sehingga merusak kualitas tidur. 

Kekurangan magnesium juga dapat membuat stres dan bisa berujung pada insomnia. Buah tin dapat memenuhi kebutuhan mineral tersebut karena kandungannya yang cukup banyak. 

6. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah tin juga ditujukan untuk ibu hamil. Komposisi kalsium buah tin dapat membantu perkembangan tulang dan gigi ibu dan kandungannya. Selain itu, buah tin juga menyediakan omega 3 dan folat yang memiliki fungsi penting dalam perkembangan otak janin. 

Buah tin juga mengandung zat besi yang dapat mencegah penyakit anemia. Selain itu, zat besi menjadi komponen dasar dari hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh organ melalui pembuluh darah.

Ibu hamil ataupun wanita yang sedang menstruasi sebaiknya memakan buah tin untuk mencukupi zat besi di dalam tubuhnya sehingga terhindar dari komplikasi. 

7. Memperkuat Tulang 

Buah tin menyimpan bermacam-macam mineral. Di antaranya adalah kalsium, kalium, dan magnesium. Semua mineral tersebut baik untuk kesehatan tulang. Kandungan nutrisi ini pula yang memberi kemampuan pada buah tin untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal tersebut juga ditambah kesanggupan buah tin untuk menurunkan pengeroposan akibat faktor umur.

Kalium juga turut membantu dalam melindungi kesehatan tulang. Mineral yang satu ini menekan kondisi kalsium yang hilang lewat urine akibat pola makan yang tinggi komposisi garam. Hal ini akan mencegah pengikisan tulang. 

8. Mencegah Kerutan

Sebuah studi menemukan kalau ekstrak buah tin menyimpan efek antioksidan dan anti-kolagenase yang dapat mengecilkan kedalaman kerutan di kulit. Studi lainnya menunjukkan kalau produk perawatan yang menggunakan ekstrak buah tin dapat mengurangi kandungan berbahaya melanin. Pigmen inilah yang membuat mata, rambut, dan kulit terlihat lebih gelap. 

Selain itu, buah tin juga memberikan efek pengurangan pada reaksi trans-epidermal water loss (TEWL). Reaksi alami ini terjadi ketika air keluar melewati lapisan tengah kulit (dermis) ke lapisan terluar kulit (epidermis) dan menguap di permukaan kulit. Reaksi TEWL ini punya andil pada munculnya garis halus dan kerutan. 

Efek lainnya dari buah tin adalah dapat menekan sebum kulit secara signifikan. Produksi sebum yang berlebihan bisa memicu jerawat dan kulit berminyak. Selain itu, buah tin juga dapat menaikkan hidrasi kulit.

9. Memelihara Kesehatan Rambut

Buah tin sangat dikenal dalam industri perawatan rambut. Ekstraknya sendiri digunakan untuk produk conditioner karena mampu melembabkan kulit kepala dan memperbaiki rambut yang kusut. Dan lagi, kelembaban yang ditawarkan buah tin tidak membuat rambut menjadi terasa berat. 

Buah tin juga memiliki manfaat yang baik bagi pertumbuhan rambut. Nutrisi yang ramah bagi rambut seperti magnesium, vitamin C, dan vitamin E juga terdapat pada salah satu buah tertua di dunia ini. Kandungan nutrisi tersebut berperan dalam menstimulasi sirkulasi darah di kulit kepala agar pertumbuhan rambut bisa berjalan dengan semestinya.

10. Dapat Mengatur Gula Darah

Sebuah studi pada 10 orang pengidap diabetes tipe 1 menemukan kalau konsumsi rutin daun dari buah tin dalam menu sarapan dapat mengurangi kebutuhan insulin mereka. Dalam satu bulannya, dosis insulin mereka menyusut hingga sekitar 12%. 

Ada penelitian lain yang menyatakan bahwa minuman yang menyimpan ekstrak buah tin yang besar punya indeks glikemik rendah ketimbang minuman tanpa ekstrak buah tin. Dengan kata lain, minuman tersebut tidak memberi pengaruh buruk pada tingkat gula darah orang yang meminumnya. 

Walau begitu, sifat tersebut tidak sama pada buah tin kering yang punya kadar gula tinggi. Tingginya gula di buah tin kering bisa menaikkan tingkat gula darah dalam jangka pendek. Karenanya, konsumsi buah tin kering tidak disarankan pada penderita diabetes. 

Dari melancarkan pencernaan hingga mengatur gula darah, manfaat buah tin merupakan hal yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh, kecantikan kulit dan rambut, hingga aktivitas seksualmu. Padukanlah buah tin dengan gaya hidup yang terjaga untuk memperoleh hasil yang optimal.

Baca juga:

Manfaat Buah Bit: Dari Kecantikan Hingga Kesuburan

10 Obat Kuat Alami Biar Makin Jago di Ranjang

Baik untuk Pencernaan, Ini Dia Kekurangan dari Susu Kefir

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, kamu juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personalmu.

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi: 

Melissa P. 2019. Fig.

SaVanna S. 2020. All You Need to Know About Figs.

Mayo Clinic. 2020. Irritable bowel syndrome.

Ramya A. 2019. 29 Amazing Benefits Of Figs For Skin, Hair And Health.

Aliya K. 2019. Consuming Figs (Anjeer) During Pregnancy.

Adrian W. 2019. How to Increase Melanin Naturally.

Skin Better Science. 2017. What Is Transepidermal Water Loss and Why Is It Important?

John J. 2018. Sebaceous hyperplasia: Treatment and home remedies.

Katherine M. 2020. All You Need to Know About Figs.

Brands