fbpx

Manfaat Buah Mengkudu: Meredakan Nyeri Sampai Perawatan Kulit

by | Nov 19, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Buah mengkudu (Morinda citrifola) tumbuh subur di negara Asia Tenggara dan kawasan Australasia. Walau mudah ditanam di Indonesia, buah ini tak sering dikonsumsi, baik secara langsung ataupun sebagai bahan masakan. Padahal, manfaat buah mengkudu ini cukup beragam, seperti yang akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Kandungan Gizi Buah Mengkudu

Nutrisi 3,5 ons (100 ml) dalam takaran jus buah mengkudu mengandung:

  • Kalori: 47 kalori
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: kurang dari 1 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Gula: 8 gram
  • Vitamin C: 33% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Biotin: 17% dari AKG
  • Folat: 6% dari AKG
  • Magnesium: 4% dari AKG
  • Kalium: 3% dari AKG
  • Kalsium: 3% dari AKG
  • Vitamin E: 3% dari AKG

Beragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

  • Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Buah mengkudu memiliki sifat antioksidan yang sumber utamanya datang dari beta karoten, iridoid, serta vitamin C dan vitamin E.

Kesehatan tubuh yang optimal membutuhkan peran antioksidan dalam menekan jumlah radikal bebas. Sumber antioksidan inilah yang mampu mencegah merebaknya radikal bebas yang dapat merusak sel di tubuh.

Rutin mengonsumsi mengkudu atau buah kaya antioksidan lainnya dapat menghindari dari risiko kondisi kesehatan yang parah, seperti penyakit jantung dan diabetes.

  • Menekan Kadar Kolesterol Tinggi

Konsumsi jus mengkudu dapat menurunkan kadar kolesterol serta inflamasi. Hal ini berguna bagi perokok aktif yang cenderung punya kadar kolesterol tinggi.

Jumlah kolesterol yang meningkat dari batasnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan berbagai masalah kesehatan akibat inflamasi kronis.

Sebuah studi menjelaskan kalau minum 6,5 ons (188 ml) jus mengkudu per hari dalam sebulan dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat pada perokok berat. Walau begitu, efek yang sama tidak terjadi pada orang bukan perokok yang diberi 2 ons (59 ml) jus mengkudu. Kesimpulannya, efek menurunkan kolesterol hanya terjadi pada perokok berat.

Manfaat buah mengkudu lainnya bagi perokok adalah menurunkan kerusakan sel akibat asap tembakau. Paparan asap ini menimbulkan radikal bebas yang jumlahnya mengkhawatirkan.

Dampak dari paparan asap rokok bisa menjurus pada kondisi stres oksidatif. Kondisi ini terjadi saat adanya ketidakseimbangan pada radikal bebas dan antioksidan yang berada di tubuh. Akibatnya, jumlah radikal bebas yang tak terkontrol bisa menyerang jaringan lemak, DNA, dan protein.

Asap rokok juga dikenal dapat menyebabkan kanker. Bahan kimia di dalamnya dapat terikat dengan sel di tubuh dan memicu perkembangan tumor.

Jus mengkudu dapat menurunkan kadar bahan kimia berbahaya tersebut. Tes yang dilakukan pecandu rokok menjelaskan kalau meminum 4 ons (118 ml) jus mengkudu harian selama sebulan dapat menurunkan bahan kimia penyebab kanker sebanyak 45%.

Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa buah mengkudu tidak menyembuhkan semua efek negatif dari merokok.

  • Meredakan Nyeri Radang Sendi

Bukan hal baru bila buah mengkudu dijadikan obat tradisional. Bahkan nyatanya, buah ini telah lama dijadikan obat pereda nyeri.

Salah satu riset menjelaskan artritis degeneratif pada tulang belakang mengalami penurunan pada rasa nyeri setelah mengonsumsi 0,5 ons (15 ml) jus mengkudu dua kali sehari. Bahkan, sebagian besar partisipan mengaku pulih total dari nyeri bagian leher.

Riset tersebut juga mengambil tes pada para partisipan yang meminum 3 ons (89 ml) jus mengkudu setiap hari selama 3 bulan. Setelahnya diketahui kalau mereka mengalami penurunan drastis pada tingkat frekuensi dan rasa sakit nyeri artritis serta khasiat kesehatan lainnya.

Nyeri artritis sering kali dihubungkan dengan peningkatan reaksi inflamasi dan stres oksidatif. Karenanya, buah mengkudu sangat baik dalam meredakan kondisi ini dengan cara menekan inflamasi dan melawan radikal bebas.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Buah mengkudu kaya akan fitonutrien, selenium, dan vitamin C. Ketiga nutrisi ini merupakan antioksidan yang efektif melawan kerusakan dinding pembuluh darah akibat radikal bebas. Selain itu, terdapat juga scopoletin. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah.

Tumbuhan tropis ini juga mengandung basa yang menjaga cairan tubuh tidak menjadi terlalu asam. Tingkat keasaman yang rendah ini akan merusak radikal bebas.

Senyawa xeronine juga diproduksi buah berkulit hijau muda ini. Tepatnya, kandungan proxeronine di dalam mengkudu yang menghasilkannya. Xeronine membantu sel tubuh dalam menurunkan stres dan tekanan darah.

  • Baik untuk Daya Ingat

Fungsi buah mengkudu dalam mengontrol kolesterol juga memberi pengaruh baik bagi kesehatan otak. Kelebihan buah mengkudu dalam menekan kolesterol juga berkat adanya fitosterol.

Kemampuan fitosterol dalam menurunkan kolesterol membuat aliran darah ke otak bersih dari plak. Sehingga, otak bisa mendapat pasokan oksigen yang cukup dan membuatnya bekerja dengan benar.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C pada buah mengkudu mendukung sistem imun dalam melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan racun di sekitar. Jumlah vitamin C di buah 3,5 ons mengkudu saja sudah mencukupi 33% asupan kecukupan gizi untuk vitamin C harian.

Sumber antioksidan di buah mengkudu pun tidak berasal dari vitamin C saja. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak lagi nutrisi mengkudu yang berperan sebagai antioksidan, misalnya beta karoten vitamin E, dan iridoid.

Kebaikan mengkudu dalam menaikkan sistem imun tubuh pernah dijelaskan dalam sebuah studi. Studi tersebut mengambil beberapa sampel orang sehat yang minum 11 ons (330 ml) jus mengkudu tiap harinya. Dari sampel tersebut, ditemukan kalau mereka mengalami penambahan aktivitas sel imun. Dan, stres oksidatif pun terjadi pada tingkat yang rendah.

  • Merawat Demam

Beberapa penelitian menyebutkan kalau mengkudu memiliki sifat anti-virus. Hal ini ditambah kelebihannya dalam mengusir batuk, demam, dan pegal. Untuk mendapat khasiat ini, cukup minum segelas jus mengkudu secara rutin setiap hari dalam jumlah secukupnya.

  • Meningkatkan Mood

Mood yang berantakan akan membuat hari Anda menjadi buruk hingga produktivitas bisa jadi terganggu. Konsumsi buah mengkudu bisa jadi solusinya.

Hal ini karena buah mengkudu dapat menstimulasi dua hormon penting serotonin dan melatonin. Serotonin memengaruhi mood, emosi, hingga tidur. Kadar serotonin yang tidak stabil bisa saja memicu orang mengalami depresi.

Di sisi lain, serotonin mengatur ritme sirkadian. Ini adalah istilah proses yang mengatur siklus bangun dan tidur seseorang. Melatonin yang terjaga keseimbangannya akan membuat tidur malam menjadi lelap. Hal ini juga yang meningkatkan mood seseorang.

  • Baik Bagi Kesehatan Kulit

Dermatolog Dr. Deepali menjelaskan kalau mengkudu yang diaplikasikan ke kulit bisa berguna sebagai pelembab alami. Fungsi antioksidannya yang tinggi menyegarkan dan memperbaiki kulit.

Masalah penuaan pada kulit juga bisa dicegah buah mengkudu lewat kandungan vitamin C dan selenium. Kedua komponen ini akan melawan antioksidan, memelihara elastisitas kulit, dan membalikkan efek buruk dari penuaan.

  • Mengatasi Kelelahan

Aktivitas berat seperti olahraga dapat menggerus tenaga sehingga tubuh menjadi lelah. Persoalan tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi buah mengkudu.

Kemampuan buah mengkudu dalam melawan kelelahan fisik pernah tercatat dalam sebuah riset. Pada riset yang sama juga disebutkan kalau buah berbintik-bintik ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

Khasiat ini dipercaya berasal dari zat-zat antioksidan yang mengurangi kerusakan pada jaringan otot yang lazim terjadi saat sedang latihan.

Itu dia berbagai manfaat yang terkandung di dalam buah mengkudu. Ternyata, ada beragam khasiat yang dimiliki buah yang jarang kita lihat ini. Pengetahuan baru akan buah ini tentu akan lebih membuka pilihan kita lagi tentang menu makanan sehat yang sebenarnya lebih banyak dari yang kita duga sebelumnya.

Baca juga:

Cegah Defisiensi Vitamin C dengan Konsumsi Buah dan Sayur Ini

Buah Yang Mengandung Vitamin E dan C

7 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Ingin tahu apakah makanan yang Anda konsumsi telah memenuhi kebutuhan gizi harian? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee, Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal.

 

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Maria Z. 2019. What Is Noni Juice? Everything You Need to Know.

Timothy J.L. 2018. Everything You Should Know About Oxidative Stress.

Michelle B. 2020. 10 Amazing Health Benefits of Noni.

NDTV Food. 2018. 10 Amazing Benefits Of Noni Juice: Drink Up!

Alex. D. 2020. Circadian Rhythm.

Brands