fbpx
BerandaGaya Hidup SehatCara Mencegah Rambut Rontok dan Rusak

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut. Tetapi apa yang harus dilakukan tergantung pada alasan mengapa rambut Anda rontok. Rambut rusak itu rapuh, sehingga cenderung rusak. Kerusakan rambut bisa membuat kita keriting, rambut yang tampak tidak sehat. Jika kita terus merusak rambut kita, kita mungkin pada akhirnya akan melihat rambut yang mulai menipis atau bahkan botak.

CARA MENCEGAH RAMBUT RONTOK DAN RUSAK

Tips Mencegah Rambut Rontok dan Rusak

Berita baiknya adalah bahwa perubahan sederhana dapat mencegah kerusakan rambut lebih lanjut. Anda dapat mengikuti beberapa tips kebersihan rambut untuk membuat rambut Anda cenderung rontok.

1. Hindari Gaya Rambut yang Menarik Rambut

Rambut fleksibel, beberapa penelitian menunjukkan bahwa rambut Anda hanya dapat diregangkan begitu banyak sebelum menjadi rusak secara permanen. Gaya rambut seperti cornrows, kepang ketat, dan kuncir kuda dapat menarik rambut Anda dari kulit kepala Anda dan melonggarkan ikatan antara rambut dan kulit kepala Anda dari waktu ke waktu.

2. Hindari Alat Penataan Rambut dengan Panas Tinggi

Menggunakan panas untuk menata rambut Anda membuat folikel rambut Anda dehidrasi dan rentan terhadap kerusakan. Pengering rambut, pelurus rambut, dan pengeriting rambut semua dapat merusak rambut Anda dari waktu ke waktu.

3. Jangan Merawat atau Memutihkan Rambut secara Kimiawi

Bahan kimia perawatan rambut menyebabkan kerusakan yang tiba-tiba dan tidak dapat dibatalkan pada folikel rambut. Jika Anda khawatir tentang kerontokan rambut, batasi penggunaan pewarna, highlight, perawatan peroksida, dan perms.

4. Gunakan Sampo yang Lembut dan Cocok untuk Rambut Anda

Tujuan shampo adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Tetapi banyak sampo komersial mengandung bahan-bahan kasar. Setelah sekali digunakan, mereka dapat melucuti rambut Anda dari minyak alami dan asam lemak yang membuatnya kuat dan lentur. Baca ramuan sampo Anda dan belilah yang sedekat mungkin dengan alami. Cobalah menukar produk jika Anda kehilangan rambut berlebih.

5. Gunakan Sisir Lembut yang Terbuat dari Serat Alami

Menggunakan sisir lembut dengan serat yang alami akan meningkatkan kadar sebum (minyak) yang sehat pada rambut Anda. Protein keratin di rambut Anda ditumpuk seperti sirap di atap, jadi menyikatnya dengan lembut dalam satu arah, mulai dari atas dan terus sampai ke ujung, akan membantu menghaluskan dan mengondisikan kutikula rambut Anda pada tingkat molekuler. Menyikat rambut setiap hari juga dapat membantu Anda menghindari melihat gumpalan rambut di saluran pembuangan kamar mandi.

6. Cobalah Terapi Cahaya Tingkat Rendah

Terapi cahaya tingkat rendah meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan sel. Telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang dengan alopecia. Terapi ini dapat diresepkan oleh dokter Anda.

Tips Mengobati Rambut Rontok ala Rumahan


Jika Anda khawatir tentang kerontokan rambut, Anda mungkin ingin mencoba obat rumahan untuk melihat apakah Anda bisa menghentikan rambut rontok. Penting untuk didiagnosis dan menemukan penyebab kerontokan rambut Anda, sehingga Anda dapat mengobatinya dengan tepat

1. Suplemen

Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan rambut rontok. Suplemen zat besi, seng, selenium, vitamin D, vitamin B7 (biotin), dan vitamin B12 dapat membantu tubuh Anda menghasilkan rambut yang kuat dan sehat. Ingatlah untuk hanya membeli suplemen dari sumber terpercaya. Anda dapat konsumsi Frozen Collagen 2 in 1 (Rp87.134) minuman kolagen yang dapat menjaga rambut untuk lebih kuat dan lebat.

2. Minyak Esensial

Minyak atsiri adalah ekstrak air dari bahan botani yang kuat. Minyak esensial dapat dicampur dengan minyak pembawa, seperti minyak jojoba dan almond, untuk menciptakan perawatan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Beberapa minyak esensial mungkin membuat rambut Anda tumbuh lebih kuat. Penelitian tentang minyak atsiri ini kebanyakan bersifat anekdotal, tetapi kami sedang belajar lebih banyak tentang cara kerjanya.

3. Pijat Kulit Kepala

Melakukan pijat kulit kepala telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan meningkatkan sirkulasi di area pertumbuhan, rambut Anda dapat tumbuh lebih cepat jika Anda memijat kulit kepala dengan lembut setiap kali Anda mencuci rambut.

4. Mengatur Pola Makan

Pola makan Anda juga bisa berdampak pada kerontokan rambut. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu melawan tanda-tanda stres oksidatif faktor lingkungan yang merusak folikel rambut. Stroberi, blueberry, kacang-kacangan dan polong-polongan, bayam, dan kangkung adalah sumber antioksidan.

Gula, lemak olahan, pengawet, dan alkohol semuanya dapat berkontribusi pada stres oksidatif. Ingatlah hal ini jika Anda ingin menghentikan rambut rontok.

5. Berhenti Merokok

Merokok dapat secara dini menua sel-sel rambut Anda, membuat folikel rambut Anda rapuh dan mudah rusak. Bicaralah dengan dokter Anda untuk membuat rencana berhenti merokok yang tepat untuk Anda.

Rambut rontok memang seringkali menimbulkan masalah tidak nyaman baik bagi wanita maupun pria. Untuk mencegahnya, selain rutin merawat rambut dan mengonsumsi makanan sehat, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang direkomendasikan Jovee seperti vitamin B12, Vitamin A, vitamin D, dan multivitamin, Selain lebih praktis, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk konsultasi ke dokter.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-mengatasi-sesak-napas-karena-batuk

7 Cara Mengatasi Sesak Napas karena Batuk

Gaya Hidup Sehat   14/01/2022
cara-mengatasi-kulit-kering

7 Cara Mengatasi Kulit Kering

Gaya Hidup Sehat   03/01/2022
cara-mengatasi-flu-pada-ibu-hamil

5 Cara Mengatasi Flu pada Ibu Hamil

Gaya Hidup Sehat   31/12/2021
pemeriksaan-fungsi-ginjal

Jenis-jenis Pemeriksaan Fungsi Ginjal

Uncategorized   31/12/2021
bahan-makanan-pemicu-kanker

7 Bahan Makanan Pemicu Kanker yang Perlu Dihindari

Gaya Hidup Sehat   30/12/2021